#berpikir , pilah dan pilih. Hidup itu Sederhana

  • Ketika sy menempati rumah baru … Ada keluarga yg menempeli semua pintu rmh dengan lembaran2 yg didapat dari kyai di pesantrennya
  • Supaya aman katanya … Setelah beliau pulang, lembaran2 yg menempel di pintu2 rumah, sy cabut semua, saya bakar.
  • Halah … Muslim kok percaya mistik2 beginian .. Robek2 2 , bakar , buang tempat sampah. Insya Allah , Allah melindungi rumah saya
  • Mau kata kyai , gus , ajengan .. syirik mah syirik aja . Gak peduli. Islam itu konsepsi bukan figur
  • balik lagi ke mistik … jd kyai haji maupun prof doktor bs tergelincir, syirik mah syirik aja , ber Islam gak usah emosional. #berpikir
  • pokoknya gak usah pake #fanatik lah, #berpikir saja, komparasikan saja , timbang , putuskan
  • kenapa memilih Islam dan tidak kristen? komparasikan saja, buang jauh2 faktor turunan. kayak anak kecil aja, islam atau kristen turunan
  • alhamdulillah, akal sy mustahil bisa menerima konsepsi selain Islam , carut marut
  • bagaimana akal sy bs menerima dan mengimani kitab suci dg segudang problematikanya, keotentikannya, kontradiksi, ketidaklogisannya dll?
  • memilih lah seperti manusia dewasa memilih, bukan anak kecil lagi, islam atau kristen krn turunan
  • sy skedar membantu menyajikan komparasi, pilihan ada di masing2. mau pilih islam yg sempurna ini atau trus #fanatik . itu saja
  • sy sdh komparasikan alquran dan bibel, pencatatan, pembukuan, kanonisasi, penjagaannya. udah gamblang sekali. tinggal pilih
  • ini gamblang sekali , andaikan semua orang mau #berpikir
  • sy milih mengimani alquran , bukan krn bapak sy mengimani alquran. alhamdulillah bibel dan alquran sy komparasikan
  • sudah dikomparasi dan dibandingkan , masak sy ambil yang jelek
  • milih sekolah dan kampus aja , pilih yg terbaik. milih istri dikomparasi, masak pilih agama , akalnya ditutup
  • untuk jd istri, milih perempuan yg masih belum pacaran atau mantannya banyak orang? komparasikan saja
  • apa orang2 ini gak capek ya jadi orang fanatik? hidup dg “pokoknya” . terus terang kalo sy hrs hidup begitu, sy gak kuat, sy berontak
  • islam ajarkan pembunuhan? untuk bbrp sebab, islam benarkan pembunuhan. dalam perang, membela diri, menghukum pembunuh, menghukum pezina
  • kekafiran bukan sebab seseorang boleh dibunuh dalam Islam. laa ikraaha fid diin. kafir boleh dibunuh ketika mrk memerangi muslim
  • bukan kekafirannya, tp tindakan memeranginya yg membuat halal darahnya
  • sdh dijelaskan begini, harusnya kan bilang: “oke, sy faham, selama ini sy salah mengerti tentang islam, trima kasih” . ini kalo #berpikir
  • responnya ajaib: “pokoknya Islam membunuh, pokoknya kafir halal darahnya, pokoknya …” halah halah. udah uzur kok masih #Fanatik
  • mas bibel banyak kontradiksi lho, ini buktinya … buanyak banget. mas … ini ada penambahan ayat lho … ini buktinya.
  • harusnya responnya gini: “wow, gitu ya, sy baru tau, dan sy gak bs bantah, tunjukkan lagi dong ayat2 lainnya, nanti coba sy pelajari”
  • “bener juga ya , bibel banyak problemnya, alquran bagaimana? sy mau pelajari” harusnya kan gini responnya. asiiik
  • “pokoknya bibel sempuna, pokoknya gak ada kontradiksi, pokoknya yang penting iman, kontradiksi kitab suci gak penting” waduh gawat
  • Islam diskriminasi wanita? | kenapa? | bolehkan poligami | kristen gimana? | melarang | ayatnya? | hmm …. pokokny melarang
  • jd di bibel gak mengatur poligami? | ya | memerintahkan? | gak | melarang? | gak | trus tetap mengimani kristen? | ya *gubraak
  • menurutmu lebih bagus mana yang membatasi poligami atau yang tdk mengatur sama sekali? | yang membatasi lah | nah, itu Islam
  • trus mau masuk Islam? | gak lah ya | td katanya yg membatasi lebih bagus | pokoknya iman *gubraak
  • andaikan #berpikir jadi hobi semua orang
  • islam menghalalkan perbudakan | islam tdk mengharamkan perbudakannya, tp menutup pintu terjadiny pebudakan dan mememerintahkan pembebasannya
  • “pokoknya islam halalkan perbudakan” | halah, kelaut aje lu . udah uzur masih fanatik aja
  • bibel mengatur perbudakan? | ada di PL | di PB? | gak ada. | yang di PL jelas gak? | gak
  • menurutmu bagus mana yang mengatur pembebasan dan menutup terjadinya atau yg gak jelas aturan ttg perbudakan | pokoknya iman lah
  • ada 2 kitab suci, yang satu ditulis saat rasulnya menyampaikan sedangkan yang satu ditulis jauh setelah rasulnya tdk ada …
  • mana menurutmu yang lebih otentik? yang satu pake bahasa ketika disampaikan sedangkan yang satu bukan. mana yg lebih terjaga?
  • yang satu dibukukan langsung setelah rasulnya wafat sedangkan yang satu berabad2 setelahnya , mana yang kamu pilih?
  • yang satu mudah dan banyak dihafal sedangkan yang satu mustahil dihafal. mana yang lebih terjaga keasliannya?
  • yang satu gak ada kontradiksi sedangkan yang satu lagi berserak kontradiksi, menurutmu pilih mana?
  • yang pertama itu alquran dan yang kedua itu bibel, ini buktinya | ah, pokoknya bibel. iman. kasih. | yah, percuma dong kita diskusi 😀
  • kenapa harus pokoknya ya? bukankah #berpikir itu lebih “meledakkan” kepala . asyik
  • kalo suami istri konflik gimana solusinya? | damaikan | kalo gak bs lagi didamaikan? | pokoknya damaikan | gak boleh cerai? | gak
  • apa gak baiknya gini … suami dan istri ini cerai , melanjutkan hidupnya masing2 dg org lain, keduanya bahagia | ya sih | itulah Islam
  • cerai itu bagian solusi Islam, setelah menempuh tahap panjang mendamaikan yg kemudian gagal, keren kan? | ah … pokoknya jelek *gubraak
  • jadi mau masuk Islam gak | gak lah ya | kenapa? | pokoknya gak aja | hadeeeuh | nt mau indomih? 😀
  • apa enaknya hidup dalam #fanatik , menutup diri dari #berpikir
  • ada dua orang ngelamar: yang satu jujur dn selalu benar perkataannya sedangkan yang satu kontradikif mencla mencle, pilih mana?
  • apa sebenernya latar belakang kefanatikan ini?
  • apa yang membuat seseorang fanatik dan tdk berani mengubah apa yg diyakininya meski tau itu salah? kok bs ya?
  • yang sudah tidak punya jawaban selain frustasi dan caci maki … yuk ah .. masuk Islam . plong banget rasanya
  • anda sudah menyerah … gak punya jawaban … tdk perlu caci maki menjadi pelarian atas langkanya argumen
  • silahkan duduk merenung, buang dulu fanatiknya … fikirkan baik2 “apa sebenernya yg sy yakini selama ini? “
  • buang dulu fanatiknya, mulai dari nol lagi, anggap saja tdk ada bapak dan ibu yg mewariskan agamanya
  • apa alasan sy meyakini ini? kenapa “pokoknya” jd argumen? coba direnungi , buang dulu emosi dan bencinya. rileeeks , tarik nafaas
  • jadi … apa yang menghalangi hidayah itu datang? fanatik? keengganan berpikir? ketidakberanian untuk mengaku meyakini kesmrawutan?
  • harusnya ini sederhana . #berpikir , pilah dan pilih. selesai
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s