Nikah dan Pendobrakan Kultur

  • banyak adat2 yg menghambat pernikahan, “harus satu suku” , “pake tanggal baik” , “gak boleh nikahin 2 anak dlm satu tahun” …
  • dan yang menghambat pernikahan sy adalah kepercayaan “gak boleh ngelangkahi kakak” , apalagi kakak sy perempuan
  • kalo ngelangkahin atau lebih dulu nikah dari kakak, malah ada adat “uang pelangkah”
  • ini gak logis … kakak sy belum nikah, trus sy gak boleh nikah … jadi ada dua dong yg tertunda nikahnya
  • kakak sy perempuan , dan ortu meminta sy baru boleh nikah setelah kakak sy nikah. apa hubungannya? apa taqdirnya harus sama? ga ada di islam
  • kasihan mereka yg jadi korban2 adat, kakaknya gak nikah2 , trus dia jadi gak nikah2
  • alhamdulillah, kakak sy pengertian sekali, beliau mempersilahkan sy menikah duluan, dan membantu membujuk ortu
  • sy bilang ke ortu, insya allah, setelah sy beres nikah, sy akan carikan suami untuk kakak sy. pdhl kakak sy juga msh usia 22 saat itu
  • alhamdulillah, 6 bulan setelah sy nikah, kakak perempuan sy nikah dengan teman seangkatan sy di itb
  • usia sy dan kakak perempuan sy beda satu tahun. beliau lahir februari , sy maret tahun berikutnya
  • nikah kok diperumit … islam itu sederhana … manusiawi dan sempurna
  • dan setelah sy nikah, ibu sy yg tadinya menolak pernikahan saat kuliah, akhirnya justru adik sy disuruh2 nikah saat kuliah😀
  • beliau justru jadi pendukung nikah segera . alhamdulillah
  • kalo ada yg minta pertinbangan ke beliau ttg anak nikah saat kuliah, beliau akan jawab dg mantap: dukung
  • untuk para orang tua, patokannya islam saja, jangan karena adat yg tak jelas asal usulnya anak jadi menderita atau malah maksiat
  • ada binaan yg batal nikahnya karena beda suku, yg satu sunda dan akhwatnya padang . islam sederhana, muslim shalih, bungkus
  • begitu juga di keluarga mertua, jadi gak masalah anak2 berikutnya untuk nikah sambil kuliah. istri sy sulung
  • ada binaan sy yg masih terhambat juga dg kasus serupa, kakaknya belum nikah2, sehingga adiknya terpaksa belum nikah2 juga
  • islam itu sederhana sekali … syaratnya muslim , prosesinya akad dg bapaknya trus selesai.
  • ini bikin makin cinta pada Islam, konsepsinya mudah, manusiawi. sempurna
  • “mas , aslinya mana? ” | sy muslim , ini cara hidup sy
  • alhamdulillah , hal2 yg tdk perlu dalam walimahan sy, bs dihilangkan. gak pake injek telor dll. mubadzir. islam sederhana
  • seandainya sy anak bungsu, ortu sy anaknya 10 dan semua kakak sy belum nikah, sy tetap akan nikah. gak ada urusan
  • seandainya sy ini jawa dan istri sy suku pantangannya jawa, sy akan desak teus sampai sy nikah. gak ada urusan
  • sesuatu yg gak logis , yg kemudian entah oleh siapa dilabeli sebagai adat, apalagi bertentangan dg islam, gak usah dituruti lah. kita muslim
  • bersyukur kita muslim, islam itu sederhana. mari nikmati kesederhanaan ini
  • ayah ibu sy awalnya menolak keras, sy terus desak dan terpaksa setuju, alhamdulillah, semua persepsi2nya ttg yg dilabeli sbg adat, runtuh
  • adat “nikah harus lulus kuliah dulu” , runtuh. adat “nikah harus mapan dulu”, runtuh. adat “nikah harus kakak dulu” , runtuh.
  • alhamdulillah , sy nikah pada usia 21 th. proses nikah yg rumit, terlalu banyak “adat” yg menghadang
  • ibu bilang : “nikahnya nanti aja setelah lulus, nanti kuliahmu gak selesai” | “bu, sejak sy sd pernah sy kecewakan ibu urusan akademik?”
  • “bu, alhamdulillah sejak SD sampai SMA sy gak pernah kecewakan ibu urusan akademik, insya allah juga dengan kuliah ini, beres”
  • ibu bilang “nikahnya nanti aja, nanti siapa yg menafkahi anak istrimu?” | gini aja bu, mulai skrg ibu gak perlu kirim uang ke sy lg, gmn?
  • ibu sy bilang “nikahnya nanti saja tunggu mbakmu nikah” | “bu, segera setelah sy nikah, insya allah mbak akan segera nikah, sy yg carikan”
  • biar makin menjungkirbalikkan logika masy ttg nikah vs kuliah, setelah lulus S1 , sy langsung ambil S2 . nikah sambil kuliah ga ada masalah
  • karena adat kakak gak nikah2 maka adik harus gak nikah2 juga, trus adiknya berzina , siapa saja yg tenggung jawab atas dosa ini?
  • bahwa kemudian kita harus tetap hormat pada orang tua, bahwa bicara tetap harus lembut dst itu harus …
  • … namun mendakwahi mereka agar kesederhanaan islam ini menjadi cara hidup, itu juga kewajiban kita
  • gak perlu kita terpenjara dg ketidaklogisan2 ini, ayo keluar. islam memerdekakan jiwa, lepas
  • jk adat itu tdk bertentangan dan menghalangi kebaikan, ya monggo2 aja. “shalat pake sarung peci” , oke boleh2 aja
  • pendobrakan2 kultur ini perlu dilakukan , perlu banyak yg melakukannya, sehingga generasi berikut lebih mudah menjalani
  • dobrakan2 kultur ini perlu dilakukan, sehingga nikah saat kuliah jd hal yg biasa , sehingga nikah itu kapan saja semua hari baik
  • dobrakan2 kultur ini perlu banyak yg melakukannya, sehingga nikah tdk harus mapan dulu namu bertanggung jawab itu hal biasa
  • dobrakan2 kultur ini perlu banyak dilakukan , sehingga nikah melangkahi kakak itu gak jadi soal dan biasa saja
  • dobrakan 2 kultur ini perlu dilakukan shingga probl2 persepsi ini hancur
  • kita perlu menunjukkan solusi Islam sebagai lawan tanding dari liberalisme yg merajalela: “pernikahan dini vs perzinaan dini”
  • anak2 muda Islam harus terlibat menjadi contoh pernikahan dini sbg model tandingan dari bebek2 JIL yg bangga dg perzinaan dini
  • ini bukan skedar cerita ttg pernikahan kita dan si dia, ini cerita ttg pendobrakan kultur, perang ideologi
  • asyik ya islam, membuat kita lepas , tdk terpenjara aturan2 manusia
  • kerja2 pendobrakan, kepeloporan, penjungkirbalikkan persepsi, pasti mengundang konfrontasi, itu harus disadari.
  • setiap kita da’i , setiap kita harus melakukan kerja pendobrakan, jika da’i nya meragu, kita berharap pada siapa u melawan ini?
  • jika da’i 2 nya ragu bahwa Allah akan menolongnya, lantas apa diharapkan seorang da’i akan terjadi pada umat ini?
  • perzinaan dini, aborsi dini, gay lesbi dini, ini dianggap kebenaran. siapa yg melawannya kalo bukan para da’inya?
  • pendobrakan ini harus dilakukan , harus banyak orang yg melakukannya, sehingga bukan perzinaan dini yg jd modelnya
  • buang kepengecutan, niatkan karena Allah, ini ttg pendobrakan kultur, segera jadi pelaku pernikahan dini. insya Allah, Allah akan menolong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s