Bicara PKS (3): Mengulas Kasus LHI

  • dukung banget kalo tokoh2 muslim terjung ke gelanggang pertempuran bernama parlemen
  • mudah2an munarman jadi aleg , memicu reformasi PPP .
  • PPP itu aset umat , kemunduran PPP juga kerugian bagi umat islam
  • politisi aktivis islam yang masih dikit . yang skedar muslim banyak
  • kalau ada politisi PKS yang korup, gampang aja , gak usah pake gosip di twitter . usut aja, hukum jk bersalah . ini membantu PKS
  • gak usah pake gosip2 segala. langsung aja lapor KPK . buktikan
  • gosip akun penyidik anonim di negara twitter memutuskan PKS bersalah
  • belum ada anonim yang secanggih bang @benny_israel nih data2 nya
  • bang @benny_israel , data2nya akurat bener , sampe foto2 dokumen di upload .
  • majikan lagi panik , ahmad heryawan dedi mizwar di atas angin dr survey | dede yusuf terus merosot elektabilitasnya , yance dan oneng jauh
  • Buang fanatik …siapapun yang bersalah hukum saja | jk pembersihan itu di PKS , ini sangat membantu PKS bersih2
  • buat kader PKS , gak usah buru2 bilang : “gak mungkin kader PKS korupsi” | biasa aja , kalo di mata hukum bersalah ya hukum aja
  • intinya buang fanatik … pembelaan pada kebenaran … #berfikirkomparasi pilah pilih
  • enteng2 aja nanggepin berita … buang fanatik
  • bahwa kemudian citra PKS akan jelek dg kasus ini jk terbukti , itu konsekuensi. tinggal PR nya akan tambah berat . kerjain aja PR nya
  • gak usah buru2 berasumsi salah atau benar | gak usah fanatik membela, atau fanatik membenci | tunggu faktanya saja
  • mustahil sy bilang begitu. itu fanatik
  • jelas ini berat buat kader2 PKS . tp mungkin ini memang jalan keras yg harus ditempuh untuk mereformasi pKs
  • dalam kasus ini , bersikap tdk fanatik jd sangat penting . andaikan pres PKS itu benar bersalah , ini tdk akan merobohkan mental juang anda
  • siapapun mungkin tergelincir , krn tak satu pun yg ma’shum disini.
  • bagi yg fanatik dg PKS , kasus ini jelas akan merontokkan mentalnya. | ini ujian berat buat kader
  • kita bekerja dalam dakwah bukan karena manusia | sehingga tak perlu risau , tak perlu memustahilkan . tak ada yg ma’shum selain rasulullah
  • pres PKS mungkin salah dan mungkin tidak
  • kita tunggu saja , hari ini Majelis Syuro PKS akan memberikan bayanat nya .
  • zaman sy kuliah , ada kader yg memutuskan keluar dr PKS , krn tdk siap menerima kenyataan tergelincirnya murobbi yg ia sangat kagumi
  • kekaguman hingga memustahilkan bahwa murobbi ini mungkin tergelincir. ketika faktanya bahwa murobbi nya bersalah, hatinya hancur
  • benar kita husnuzhan , tp memustahilkan seseorang bs tergelincir itu fanatik | menganggap diri tdk mungkin tergelincir itu ujub
  • cinta dg faham , bukan dg fanatik
  • kita ini manusia dan saat ini belum akhir kita . tergelincir adalah sesuatu yg amat sangat mungkin
  • kita berkumpul dan disatukan karena da’wah bukan karena orang per orang
  • jk ber Islam itu karena orang per orang , niscaya sudah keluar dari islam
  • jk kita da’wah karena si fulan dan si fulan, jelas kita akan banyak kecewa
  • dan memang sy tdk pernah mengatakan kader PKS mustahil tergelincir
  • jk berada dalam jamaah da’wah bernama PKS ini karena orang per orang , niscaya sudah sejak dulu sy keluar dari PKS
  • maju terus … cita2 kita jauh lebih tinggi dari orang per orang
  • sejak kuliah , terkenal jd “orang nakal” “orang berbeda” di PKS . label yg sy terima macem2 . sy trus mundur? gak, sy da’wah bukan u mereka
  • sy pernah diblacklist oleh sebuah syuro , kader PKS dilarang untuk mengundang sy sebagai pembicara | trus sy mundur dr da’wah? gak lah
  • kecuali kalo majelis syuro PKS bersepakat untuk bermaksiat , baru sy keluar dari PKS. kalo orang per orang yg menyebalkan , bodo amat Continue reading

#ITJ itu Asik, Warna-Warni & Sinergi

  • ada 2 tema yang agak meramaikan #IndonesiaTanpaJIL bbrp hari terakhir , isu demokrasi dan isu suriah
  • isu demokrasi ini terpicu oleh pembahasan saya terkait kebangkitan islam dg fenomena arab spring
  • yang terakhir isu fahri hamzah
  • ternyata twit2 sy ttg bagaimana keberhasilan langkah politik IM di berbagai negara ini , memancing respon negatif
  • bbrp org ternyata sesak dada dan gak terima ktk saya memuji keberhasilan IM , dan saat sy mengajak indonesia untuk memiliki semangat yg sama
  • yang terakhir ini sy kaitkan dg PKS … wah ternyata yg sesak dada makin banyak.
  • sy tdk mengerti , apa yg perlu dirisaukan dari turut bangga dengan keberhasilan da’wah di negara2 lain?
  • sy sama sekali tdk terpikir untuk sesak dada atas keberhasilan da’wah saudara muslim nun jauh disana
  • saya kagum dg erdogan yang luar biasa , kecerdasan langkah politiknya terkait nato dan uni eropa . | sy tdk mengerti jk ini jd mengusik
  • apa yang harus dirisaukan ketika sy mengajak Indonesia ini merasakan gelora kemenangan yg sama dg saudara2 kita di gaza, mesir dan turki?
  • yang kedua ttg suriah , ada tuduhan bahwa semacam ketimpangan dalam merespon antra kejadian gaza dan suriah
  • isu yang ketiga ttg twit @fahrihamzah . sy dianggap membela beliau
  • #IndonesiaTanpaJIL ditunggangi PKS? akan jd lumbung suara 2014? | meskipun sah-sah saja melakukan ini , sy tdk terpikir untuk melakukan ini
  • bbrp waktu lalu di bandung , malah saya mengusulkan agar ketua#IndonesiaTanpaJIL chapter bandung bukan dari kader PKS
  • meskipun rekan2 #IndonesiaTanpaJIL yg bukan kader PKS langsung bilang : “emang kenapa kalo kader PKS yg jd ketua? gpp kan?” | mantep
  • alhamdulillah , #IndonesiaTanpaJIL keren lah . | fokus pada agenda besar membuat bahasan ini jadi remeh
  • kalo sy khawatir kalo ketuanya kader PKS warna #ITJ ini jd seragam . tipikal kader PKS | yang menarik dari #ITJ justru warna warninya
  • seneng bener kalo yang jadi ketua #IndonesiaTanpaJIL chapter bandung ini yang latar belakangnya musisi seperti @ALakaUCAYatau @OkitroniC
  • berkali2 sy sampaikan di forum #IndonesiaTanpaJIL baik si pusat maupun daerah , #IndonesiaTanpaJIL harus bs jd sarana perekat umat
  • #IndonesiaTanpaJIL harus jd organisasi yg merangkul banyak muslim dari latar belakang apapun | krn #sepilis ini masalah kita bersama
  • masalah yg sudah lama didiamkan dan makin hari makin menggerogoti umat
  • bagi yang mau berjuang bersama saudara2 yang lain dengan bebagai warna-warni nya , ayo gabung dengan #IndonesiaTanpaJIL
  • tapi bagi yang terbiasa eksklusif , merasa bener sendiri, fanatik dg kelompoknya, memang baiknya gak usah gabung di#IndonesiaTanpaJIL
  • justru bagian yang paling menakjubkan dari #IndonesiaTanpaJILadalah warna-warninya
  • jadi yang terbiasa hanya fanatik dg kelompoknya , gak usah deket2#IndonesiaTanpaJIL . anda pasti gak nyaman
  • disini tempat kumpulnya anak2 yg terbuka, yang #fanatik dah dibuang jauh2 dari hidupnya. #IndonesiaTanpaJIL
  • ketua #ITJ semarang jelas bukan kader PKS, ini aktivis#IndonesiaTanpaJIL favorit sy . | keren banget
  • #IndonesiaTanpaJIL sering sy jadikan contoh ke temen2 PKS yg masih fanatik , yg merasa islam ini akan bangkit hanya dr kelompoknya
  • “woi yang masih fanatik , terutama yg liqanya dah bertahun2 , buka mata , banyak orang di luar sana yg bekerja juga untuk islam”
  • banyak sekali muslimah yg kemudian memutuskan berhijab setelah bergabung dengan #IndonesiaTanpaJIL | ini mengharukan
  • terharu melihat mbak @rennyrengganis datang berhijab di acara#IndonesiaTanpaJIL bekasi , padahal waktu acara #itj jakarta belum berhijab
  • insya Allah sy tenang2 aja lah ngomongin PKS dg akun sy dan tdk dalam konteks #IndonesiaTanpaJIL | faham dg rekan2 ITJ . karakternya asik
  • memang substansinya beda antara yg diomongin ulil dan fahri . trus sy harus sikapi sama?
  • yang nyama2in kan yg memang udah keburu benci dengki keubun2 sama PKS
  • siapa anak ITJ yg bakalan sesak dada kalo sy ngomongin PKS? mas ketum zapra? orgnya asik. @EndiRamone jakarta? asik juga.
  • ketum zapra yg deket dengan FPi dan bukan kader PKS malah bilang coba kader2 PKS yg bina rekan2 ITJ | apa jawab saya? jangan
  • #ITJ ini beda dengan KBBI (keluarga besar bigot Indonesia) , komunitas anti JIL juga tp di dalamnya banyak yg tdk berfikir trbuka
  • #IndonesiaTanpaJIL insya allah solid | yang fanatik2 ayo buka fikirannya , atau mundur dari #IndonesiaTanpaJIL
  • problem umat ini terlalu besar , jangan berfikir bahwa hanya dengan kelompoknyalah permasalahan umat ini selesai . kita harus sinergi
  • yang mewajibkan dirinya untuk fanatik, dan merasa hanya dari kelompoknya lah islam ini akan menang , silakan menjauh dari #ITJ. gak cocok
  • ini penting , karena #IndonesiaTanpaJIL harus solid. krn fanatik akan menjadi duri dalam daging dlm gerakan ini
  • kita yang butuh da’wah , da’wah gak butuh kita | buang fanatik , agar jalan ini lebih ringan
  • dengan segenap potensi dakwah #IndonesiaTanpaJIL , bodoh sekali saya jk kemudian sy giring ke PKS yg akibatnya mempersempit akses dakwah
  • karena itu , sy menjauhi bicara PKS di forum2 #IndonesiaTanpaJIL . | akan jadi kontraproduktif bagi da’wah
  • gak ada dikotomi golongan di ITJ . cobalah main2 ke ITJ . kagak ada ngomogin ginian. orangnya asik semua.
  • kok sy gak khawatir ya dengan twit2 sy kemarin | sy kenal dg rekan2 ITJ . pikirannya terbuka
  • #IndonesiaTanpaJIL gak solid | membayangkan satu per satu wajah anak2 ITJ , gak ada yg tampang2 fanatik yg bikin gak solid
  • banyak sekali yg #IndonesiaTanpaJIL ini jadi jalan hidayahnya . jangan urusan remeh2 masuk dalam agenda kita yg bs menghalangi hidayah
  • membayangkan gimana caranya membuat @EndiRamone ini jadi fanatik , membabi buta : “pokoknya kelompoknya” 😀 | nyaris mustahil
  • karakter ITJ itu asik, warna warni, sinergi
  • #IndonesiaTanpaJIL jadi jalan hidayah banyak orang , trus mau sesak dada juga karena ini bukan dari kelompok anda? ayolah .. mari hidup
  • jadi kan ini kredo : “permasalahan umat ini terlalu banyak, gak bisa kita atau kelompok kita sendiri yg menyelesaikannya” | buang#fanatik
  • temen2 #IndonesiaTanpaJIL tetap solid dan semangat kan? 🙂
  • ITJ tdk punya sikap politik , baik ke PKS, PKI , Nasdem dll . baik ke aher , dede yusuf , apalagi oneng
  • yang punya sikap politik itu saya , hafidz ary nurhadi , kader kelas teri di PKS , anak bawang
  • dengan sy gabung ke #IndonesiaTanpaJIL , sy masih boleh punya sikap politik kan? sy tetep boleh jd kader PKS kan? meskipun cuma anak bawang
  • setiap kebaikan yg terjadi pada umat ini akan menyesakkan JIL . ini menyenangkan | yang mukmin gak perlu ikut2an kayak JIL
  • gak perlu ikut2 kayak JIL , susah sedih benci sesak dada atas kebaikan yang terjadi pada umat islam, dr kelompok manapun itu datangnya
  • mari kita syukuri , dukung dan rayakan setiap capaian kebaikan yang terjadi pada umat ini. yang hati nya masih sempit, coba dilapangkan
  • rekan2 #IndonesiaTanpaJIL siap untuk terus beramal dan cerahkan Indonesia?
  • yang sudah membuang fanatik dan siap bersinergi dg saudara2 muslimnya yang penuh warna-warni ini , ayo gabung #IndonesiaTanpaJIL
  • caci maki dan nyinyir gak ngaruh kan buat kita? 😀 #IndonesiaTanpaJIL
  • ayo gabung #IndonesiaTanpaJIL … disini ditemukan ukhuwah yg penuh warna . gak ada yg fanatik merasa kelompoknya yg benar
  • ayo gabung #IndonesiaTanpaJIL , disini kami merayakan setiap kebaikan yg teranugerah pada umat ini , dari manapun jalan kebaikan itu
  • percayalah … kebangkitan islam ini perlu sinergi dari seluruh elemen umat , mustahil dari kelompok kita sendiri .
  • saya anak ITJ tp tetep boleh jd kader PKS kan? | tetep boleh ngajak jihad politik di parlemen? terlibat nyoblos pilkada?
  • pembusukan islam via JIL sedang terjadi | Islam dibusuki dijauhi dari menentukan kebijakan politik negara , ini juga sedang terjadi
  • #IndonesiaTanpaJIL ini pelajaran ttg pluralitas | penyeragaman itu gak perlu , yang penting saling menghargai saja
  • bersihkan hati , lapangkan dada, mari gembira dg keberhasilan dakwah yang datang dari siapapun
  • jadi keduanya PR umat , #IndonesiaTanpaJIL mengerjakan PR yang satu dan PKS mengerjakan PR yang lain
  • yang sudah memilih u fanatik dan memutuskan skedar menonton yg beramal, ya monggo .
  • hidup gak pake fanatik itu asik kan? | tinggal #berfikir komparasi pilah pilih
  • tugas kita beramal , tugas mereka yg fanatik menonton dan mungkin nyinyir | ini bagi tugasnya

Dukung Ahmad Heryawan!

#IndonesiaTanpaJIL Tidak Punya Wacana Pro atau Anti Demokrasi

  • boleh gak bikin chapter #ITJ yang anti sepilis + demokrasi ? | bahkan sy tdk setuju ada chapter #ITJ yang anti sepilis + pro demokrasi
  • #IndonesiaTanpaJIL tdk punya wacana pro atau anti demokrasi . bebas saja
  • pro kontra demokrasi kontra produktif jk dibahas dalam konteks #IndonesiaTanpaJIL | #IndonesiaTanpaJIL gak ada urusan dg ini
  • pembahasan sy terkait hal lain selain JIL adalah dalam kapasitas pribadi saya sendiri. gak ada urusan dg #IndonesiaTanpaJIL
  • pembahasan ttg kristen, demokrasi, PKS , dan apapun selain JIL , gak ada urusan dg #IndonesiaTanpaJIL
  • #IndonesiaTanpaJIL juga gak berhak melarang saya untuk membahas hal lain selain #ITJ
  • demokrasi bisa berhubungan dg siapa saja . bisa berujung liberalisme , bisa berujung islamisasi. tergantung siapa yg menang dlm pertarungan
  • perang badar berhubungan dg kemusyrikan gak? | iya , seandainya pasukan rasulullah kalah kemusyrikan naik daun
  • demokrasi cuma sesimpel itu .
  • PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 55 TAHUN 2007 TENTANG PENDIDIKAN AGAMA DAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN pic.twitter.com/L2PjhAqV
  • alhamdulillah ada payung hukum bagi pendidikan keagamaan di lembaga pendidikan formal | UU dan Peraturan Pemerintah
  • jadi mengerti kan kenapa JIL benci banget sama PKS?
  • musdah mulia panik , demokrasi justru mewajibkan semua peserta didik lulus tes baca alquran pic.twitter.com/SnlVKEsz
  • apa memasukkan materi pendidikan agama di UU sisdiknas bukan sesuatu? pendidikan agama untuk anak2 kita jadi kuat payung hukumnya
  • JIL benci bener sama PKS . | lutfi di KO anis matta di metro | zuhairi di KO anis matta di TV one | ulil di KO tif sembiring diblokir porno
  • kenapa mungkin ulil setuju sama fahri? | apapun yang bersayap bersayap dan bs dimanfaatkan akan jadi makanan empuk JIL
  • tuh buktinya , musdah mulia , misuh2 dg UU sisdiknas yg mencantumkan pendidikan agama 😀
  • di debat ttg perda syariah di TV one, lawannya yenny wahid (kubu JIL) adalah jazulli juwaini (politisi PKS)
  • JIL dan PKS itu clash of worldview
  • apa JIL gak meriang tuh pendidikan agama dapat legitimasi kuat di UU sisdiknas , konsekuensinya masuk kurikulum
  • demokrasi melahirkan payung hukum bagi pendidikan agama bagi siapapun , baik muslim maupun kafir , baik yang orang tuanya andem atau tdk
  • masih inget kan zuhairi sampe pundung gak mau lagi dateng ke tv one , setelah di KO anis matta 😀 | kayak anak SD lawan profesor
  • apakah anak andem boleh bikin chapter #IndonesiaTanpaJIL ? boleh banget . namun hindari pembahasan pro kontra demokrasi dlm konteks #itj
  • seluruh chapter ITJ bahkan ketumnya dipimpin oleh andem boleh gak? boleh banget . dakwah ini kurang sdm . ada yg mau terlibat itu anugrah
  • krn perbedaan pandangan kita soal demokrasi , maka dalam konteks #IndonesiaTanpaJIL kita kesampingkan membicarakan ini, logis?
  • dah tau kita beda soal demokrasi , trus ngumpul #IndonesiaTanpaJIL memperdebatkan semua yg kita beda. apa gak keblinger? 😀
  • karena mereka saudara sy, pernah ada rekan2 andem yg sy caci maki ?
  • pertanyaan sy yg sy anggap kasar dan kelewatan adalah “sebutkan dakwah di negara mana yg jd model sukses gerakan andem ini? “
  • kemarin sy sempat nanya juga sebutkan satu butir syariah islam yg berhasil ditegakkan gerakan kalian sbg UU? | ini kasar dan sy minta maaf
  • twit2 sy tentang PKS , sy anggap perlu karena terlalu banyak tuduhan yg sy anggap berasal dr ketidaktahuan. ini harus sy respon
  • kami yang setuju dg mereka yg berjuang berdakwah via demokrasi bukanlah pro dem , skedar Men Dem (menunggangi demokrasi)
  • sy mengajak rekan2 saudara muslim saya , dr organisasi mananapun silakan bergabung dg #IndonesiaTanpaJIL , lupakan perbedaan
  • apakah sy benci dg rekan2 andem? ya gak lah , nyari muslim yg bener itu sulit, dah bener trus mau jd da’i lebih langka lagi . kita syukuri
  • tinggal da’i 2 yg langka ini bisa bersinergi. itu aja kan?
  • mustahil keluar kata2 “IQ?” “bodoh” dari sy kepada rekan2 andem. mereka saudara saya, sama2 berjuang | tp kata2 itu sy trima dr mereka
  • rekan2 yg menolak berdakwah via demokrasi itu saudara saya, seperjuangan, beda wilayah kerja saja. sedikitpun bukan musuh saya
  • cuma memang sy harus menjelaskan fitnah yg dituduhkan kepada PKS . biar jelas hakikatnya . #takkenalmakataksayang
  • saya bukan aleg PKS , dan juga bukan bakal calon, tdk pernah terima uang sepeser pun dari PKS tp gak rela jk saudara sy yg brjuang difitnah
  • insya Allah dalam alam bawah sadar sy menganggap rekan2 andem ini saudara seperjuangan yg memenuhi ruang kosong lain pada umat ini
  • sila berjuang saudaraku tp bolehkan sy berharap janganlah menyakiti saudara2mu yg berjuang menginstitusikan nilai2 islam via demokrasi ?
  • sy kira, mrk yang memperjuangkan islam di parlemen ini lelah , lelah sekali . mrk butuh dukungan kita , dan bukan caci maki kita
  • saya senang waktu ikut UTHB yg dibawakan oleh rekan2 HTI , gelora akan khilafah ini tumbuh lagi . | meskipun sy tdk sepakat dg strateginya
  • sy kenal ada seorang ibu yg jd aleg pks kota bandung . | selain ke aleg an nya , msh ada amanah 2 dakwah lain yg ditugaskan pks
  • sepulang agenda dakwahnya, dengan jaket tebalnya diatas motornya menembus malam kota bandung | org sperti ini difitnah sbg hamba dunia?
  • ada mantan aleg pks yg rumahnya di gang , sy main ke rumahnya prihatin juga . skedar untuk memasukkan motornya saja susah
  • ibu aleg pks tadi punya 5 anak . | coba bayangkan tugas jd aleg , amanah dakwah lain, juga kewajibannya sebagai ibu dan istri. apa ga lelah?

Bicara PKS (2)

  • harus kita syukuri atau kita benci? “@AlArabiya_Eng#Turkey allows female lawyers to wear hijab in courts: source http://english.alarabiya.net/articles/2013/01/26/262670.html …“”
  • atas ini, harus kita puji atau caci maki? “@AlArabiya_Eng#Turkey allows female lawyers to wear hijab in courts : http://english.alarabiya.net/articles/2013/01/26/262670.html …“”
  • kita gembira atau sedih dan dengki? “@AlArabiya_Eng#Turkey allows female lawyers to wear hijab in courts: source http://english.alarabiya.net/articles/2013/01/26/262670.html …“”
  • dimanakah prestasi pembencinya? | mengulik kesalahan erdogan, menyebarkannya dan hanya ini yg mampu mrk buat
  • apa yang terjadi jk ada rasa sedih dan benci dengan keberhasilan da’wah saudara kita yg lain yg menguntungkan umat? hasad?
  • susah ketika orang lain senang dan senang dg kesusahan yg lain. | bukankah ini dengki?
  • apakah keberhasilan erdogan menghapuskan larangan jilbab kita syukuri atau kita benci?
  • dimana logikanya pencabutan larangan jilbab yg sgt melegakan para muslimah tdk kita syukuri? hy krn bukan dari kelompoknya?
  • mereka tdk berprestasi , ketika ada saudara muslim lain yg bejuang dan berprestasi , hati mereka susah. maunya apa?
  • bukannya disyukuri , malah cari2 kesalahan erdogan, menyebar foto tak terkonfirmasi. ada apa dalam hatimu?
  • beramal tdk , tp terus mencaci maki yang beramal , berjuang dan berhasil
  • kalo saya … dari manapun keberhasilan da’wah akan sy syukuri dan dukung , siapapun itu yg melakukannya
  • harusnya senang dg setiap capaian saudara muslim kita yg berjuang. jk tdk mendukung , tak perlu menjatuhkan. ini kedengkian
  • keberhasilan da’wah itu kan gak harus dari kelompok kita dan manhaj da’wah kita kan? islam ini bisa berhasil dari siapa saja
  • apa yang diungkap orang yg dengki? “turki kan masih sekuler” “UU pelarangan jilbab belum dicabut semua” “turki kok gak muerang israel?”
  • hanya krn itu produk demokrasi, maka pencabutan larangan jilbab tdk kiya syukuri dan malah kita sesali dan benci?
  • sy bykan anggota AKP , tp sy senang sekali dg dibolehkannya wanita turki berjilbab. | kenapa sy harus susah dan dengki atas capaian org lain
  • sikap ini yang membuat IM mampu beradaptasi dg berbagai harokah , bekerjasama dalam banyak sektor dg siapa saja
  • pks sepakat tdk tegakkan negara agama (teokrasi) ala vatican
  • kalo mursi tdk menegakkan islam, liberal gak akan ngamuk kyk skrg di mesir
  • jauh berbeda ya negara dalam pandangan islam dengan negara agama ala vatican . | negara islam adalah negara sipil dg islam sebagai rujukan
  • negara islam kalau mau disebut begitu, adalah negara biasa saja . negara sipil dg rujukan islam apapun bentuk dan namanya
  • pks tetap partai islam , terbuka , bervisi mewjudkan negara madani , negara sipil ala rasulullah
  • liberal mesir gak akan ngamuk2 sama yg skedar teriak “pokoknya syariah” | mrk panik dg aktivis yg sdh megang jabatan presiden dan parlemen
  • pancasila itu multitafsir krn pancasila tdk menyediakan tafsirnya . | tdk diberi contoh pelaksanaannya
  • ketika bicara Ketuhanan Yang Maha Esa apalagi kemudian bicara konteks sejarahnya , sdh jelas ini mengacu pada gagasan tauhid
  • kemanusiaan yang adil dan beradab ? | bagian mana yg tdk islami? | keadilan dan beradab tdk islami?
  • persatuan indonesia? | apakah islam menganjurkan perpecahan indonesia? | dimana yg tdk islami?
  • kerakyatan yg dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan | hikmah , bijaksana, musyawarah dr perwakilan
  • mana yang tdk islami ?
  • keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia | bukankah keadilan memang nilai asasi dari islam | mana yg harus dimusuhi dari pancasila?
  • jadi kita bisa tafsirkan apa saja thdp pancasila | meski secara teks sdh islami
  • apakah pancasila harus diganti dg slogannya IM? 1. Allah ghayatuna 2. rasulullah qudwatuna 3. quran dusturuna 4. jihad sabiluna 5. almautu
  • … fi sabilillah asmaa amaaninaa ?
  • sila 1 tdk islami | kenapa? | krn yang maha esa tdk definitif Allah, bs siapa saja | lho, ini tafsir anda. tafsir saya gak gitu
  • atau kata keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia harus diganti dg “berbuat adil lah, maka itu lebih dekat dg taqwa” ?
  • saya faham sebab penolakan thdp pancasila, ada trauma persepsi . di era orde baru , pancasila dijadikan alat tindas bagi umat islam
  • umat islam diposisikan sebgai musuh bagi negara, ancaman bagi pancasila .
  • kita ini umat islam , bagian besar dari negeri ini, kita harus merasa jadi tuan rumah di negeri ini, negeri yg dimerdekakan pendahulu kita
  • traima persepsi ini yang membuat kita selalu menganggap negara jadi musuh kita , sehingga negara beranggapan seperti itu juga
  • hei , bangun , ini tanah air kita , kita umat islam bagian besar negara ini , negara harus jadi kita sendiri .
  • berhenti berikir bahwa kita harus selalu menjadi oposisi bagi negara . islam harus jd musuh bagi negara. apa harus selalu jd musuh?
  • buang itu trauma persepsi | ayo kita masuk ke negara , kita yg mengelola negara , kita pemilik sah negeri , jangan mau diposisikan jd musuh
  • kenapa harus puas memposisikan diri jd musug? warga kelas 2 ? | hai bangun, kita pemilik besar negeri ini, darah pendahulu kita di tanah ini
  • partai2 islam memang bukan satu2nya jalan u islamisasi UU, tp ini jalan paling efektif ~ gak perlu berdarah2 untuk jd UU perbankan syariah
  • anda mau pake cara apa untuk islamisasi UU sekarang juga di Indonesia? | mau demo? kepung istana? ancam anggota DPR? kudeta militer?
  • demi Allah , kalo rekan2 andem bisa lakukan islamisasi UU Indonesia ini dg cara yg lain dan ada sekarang juga , ana siap bermakmum
  • kenapa seneng memposisikan diri jd musuh negara | kenapa gak kita jd negara itu sendiri | bangun … bangun .. kita pemilik saham negeri ini
  • hayo bangun keluar beri pencerahan … jangan bersembunyi di mihrab | berasyik masyuk dalam dialektika yg tak melahirkan amal
  • yang juga paling depan menggulingkan rezim suharto juga@fahrihamzah saat memimpin KAMMI
  • Falsafah Dasar Perjuangan PKS pic.twitter.com/F58fNwD0
  • Ringkasan Platform PKS #1 pic.twitter.com/0RuaHq9X
  • Ringkasan Platform PKS #2 pic.twitter.com/TRdMMD0l
  • Ringkasan Platform PKS #3 pic.twitter.com/ZTlgcmEr
  • Ringkasan Platform PKS #4 pic.twitter.com/heWcNWJS
  • Ringkasan Platform PKS #5 pic.twitter.com/UXgDqKl5
  • Ringkasan Platform PKS #6 pic.twitter.com/sLNPWSOF
  • asa dan tujuan PKS | #takkenalmakataksayang pic.twitter.com/MihLNQlN
  • asas dan tujuan PKS | #takkenalmakataksayang pic.twitter.com/ceOO3l7O
  • karena #fanatik , JIL jadi sulit untuk bersikap . | terkait sikap setuju dan gak setuju , mereka sangat terkungkung

Mengulas #demokrasi

  • #demokrasi barat – tanpa menafikan kelebihannya- punya kelemahan. Tdk punya nilai yg mengontrol jalannya
  • Atas nama wakil rakyat, #demokrasi barat bs menghapuskan kemuliaan, melegalisir kezaliman, mhalalkan yg haram , mengharamkan yg halal
  • #demokrasi barat memboleh miras u diminum, diproduksi, diperdagangkan, walaupun trbukti miras mengakibatkan byk kerusakan
  • #demokrasi barat membolehkan perkawinan sejenis
  • #demokrasi barat bs terlepas dari segala sesuatu , bahkan dari#demokrasi itu sendiri . Contoh menolak mengakui pemerintahan HAMAS
  • #demokrasi barat kemudian men veto seluruh rancangan resolusi PBB thdp israel
  • #demokrasi yg katanya dari rakyat untuk rakyat , ternyata dari sekolompok kecil rakyat untuk sekelompok kecil rakyat
  • Para wakil rakyat yang buah demokrasi pun , ternyata cuma wakil dari segelintir rakyat yg mengatur mrk
  • #demokrasi barat mengizinkan orang yg tdk punya kapasitas , terpilih mewakili rakyat atas penguasaan media dan publisitas
  • #Demokrasi barat akhirnya bisa lebih sadis dari diktator , krn demokrasi tdk mempunyai batas atas apa yg boleh dan tdk boleh dilakukan
  • Sangat berbeda dg islam, kebebasan manusia ini dibatasi oleh syariat
  • #demokrasi pancasila yg digemborkan suharto menghasilkan sebuah rezim dg kekuasaan tak terbatas
  • #demokrasi di mesir juga melahirkan diktator ala husni mubarok . | demokrasi akhirnya didefinisikan oleh rakyat yg dikendalikan segelintir
  • asal mayoritas setuju, kebebasan apapun mendapatkan legalitasnya. Termasuk kebebasan untuk bersifat otoriter
  • #Demokrasi bisa memutuskan untuk lepas dari nilai demokrasi itu sendiri.
  • Namun ada bbrp kesamaan antara prinsip2 #demokrasi dg prinsip2 islam
  • Islam serupa dg #demokrasi dalam hal rakyat harus memilih kepala negara. Rakyat tdk boleh dipaksa untuk menerima pemimpin yg memimpin mrk
  • Islam serupa dg demokrasi dlm tanggung jawab kepala negara di hadapan wakil rakyat. Wakil rakyat berhak memecat kepala negara yg menyimpang
  • Bahkan islam memberikan hak kpd setiap individu untuk mengoreksi pemimpinnya.
  • Islam bersamaan dg demokrasi dalam hal bahwa rakyat atau perwakilan rakyat memilih org yg akan memerintah dan menata persoalan2 mrk
  • Demokrasi memberikan hak rakyat untuk memilih pemimpin yg mereka cintai, mengoreksi penguasa jk salah, diberi hak untuk menggantinya
  • Demokrasi memberikan hak kpd rakyat untuk memilih sistem ekonomi, hukum, politik yg mereka sukai. Tdk boleh dipaksa, apalagi dibunuh
  • Apakah demokrasi yg memberi hak rakyat untuk memilih pemimpin yg ia cintai, hak mengoreksi dst td bertentangan dg islam?
  • Mekanisme memilih pemimpin yg dicintai ini bisa dg pemilu langsung, perwakilan rakyat dst
  • “Ada 3 tipe org yg shalatnya tdk naik dr atas kepalanya walau sejengkal” yg pertama: “org yg mengimami suatu kaum sdh dia dibenci kaum itu”
  • Td hadits diriwayatkan ibnu majah , dari ibnu abbas
  • “Imam atau pemimpin kalian yg terbaik dalah org yg kalian cintai dan mrk juga mencintai kalian. Kalian doakan mrk, mrk mendoakan kalian”
  • “Imam atau pemimpin kalian yg terburuk adalah org yg kalian benci dan mrk benci kalian. Kalian mencela mrk, mrk mencela kalian” HR Muslim
  • Prinsip bahwa pemimpin yg terpilih adalah pemimpin yg dicintai oleh rakyatnya sejalan antara islam dan demokrasi
  • memilih pemimpin yg dicintai ini, mekanisme teknis bs dg cara apa saja. Salah satunya pemilu
  • Demokrasi mempersempit ruang terjadinya diktator . Sesuatu yg dibenci oleh alquran. Islam mengecam para diktator
  • Islam mengecam diktator macam firaun yg berkata : “ana robbukumul ‘alaa” “akulah tuhanmu yg paling tinggi” an naziat:24
  • Demokrasi mempersempit ruang untuk berkata seperti firaun: “hai pembesar kaumku, aku tdk mengetahui tuhan bagimu selain aku” al qashash:38
  • “Sesungguhnya Firaun telah berbuat sewenang2 di muka bumi dan menjadikan penduduknya berpecah belah dg menindas segolongan dr mrk ..”
  • Alqashash : 4
  • Islam memiliki hakikat yg sama dg demokrasi dlm hal ini, menolak pemimpin diktator yg tdk dicintai rakyatnya
  • Salah satu yang menghadang islam untuk bangkit adalah pemimpin2 diktator di dunia Islam.
  • Sebutlah saddam husein, muammar qadzafi, suharto, husni mubarok, ben ali , bashar assad dll
  • Penolakan terhadap kesewenangan , kediktatoran, ketiadaan hak rakyat untuk mengkoreksi, memilih pemimpin yg dicintai ini yg sejalan dg islam
  • Islam menentang keangkuhan penguasa , kesewenangan , dan dampak kerusakan yg terjadi
  • Islam juga menentang rakyat yg diam thdp kezaliman penguasa yg sewenang wenang
  • “Maka firaun mempengaruji kaumnya, lalu mrk patuh kpdnya. Krn sesungguhnya mrk adalah kaum yg fasik” az – zukhruf:54
  • ” Dan itu kisah kaum “Ad yg mengingkari tanda2 kekuasaan Tuhan mrk, dan mndurhakai rasul Allah dan menuruti perintah semua penguasa yg ..”
  • ” … Yg sewenang2 lg menentang kebenaran” Hud : 59
  • “Para pemimpin setelah sy nanti akan mengatakan sesuatu dan tdk ada org yg membantahnya. Mrk saling berlompatan ke dlm neraka, seperti ..”
  • “… Berlompatannya kera” diriwayatkan Thabrani, dlm shahih al jami’ ash shaghiir *dikutip dr fiqh daulah
  • krn ruang2 kesamaan islam dan demokrasi ini dan peluang meminimalisir dampak kerusakan akibat demokrasi yg difahami barat inilah maka …
  • .. terlibat dalam demokrasi menjadi sangat penting
  • demokrasi sampai saat ini adalah cara yg efektif untuk mencegah kediktatoran , meskipun kita sadar betul kelemahan demokrasi yg barat fahami
  • karena sistem buatan manusia , pasti tdk sempurna. namun sistem ini mewujud sbg realita di depan mata. sesuatu yg tdk dihadapi ..
  • .. tdk dihadapi rasulullah saat beliau hijrah ke madinah. | beliau tdk hijrah ke negara dg sistem lengkap ala romawi
  • syariat tdk menghalangi muslim untuk memanfaatkan gagasan teoritis maupun praktis dari non muslim
  • ada teknologi parit dari persia yg digunakan rasulullah saat perang khandaq
  • rasululullah memanfaatkan tawanan badar yg musurik untuk mengajarkan baca tulis kepada anak2 muslim
  • karena itu, tdk ada salahnya mengadopsi sesuatu yg bukan datang dari islam tp cocok dg berbagai perubahan dan penyesuaian
  • dan kita menolak mengadopsi semangat demokrasi yg memungkinkan menghalalkan yang haram
  • muslim wajib ikut serta dalam memilih pemimpin yang ia cintai, dicintai Allah. apapun mekanisme teknisnya
  • menurut yusuf qardhawi , pemilu adalah salah satu teknis “persaksian” . semisal yg disebut di att thalaq:2 , al baqarah:282
  • kira2 gini: “hei sini, skrg kita mau pilih pemimpin , kamu bersaksi ya, kasih keterangan siapa pemimpin yg menurutmu baik! “
  • pemilu adalah salah satu mekanisme memberikan kesaksian
  • “dan persaksikanlah dg dua org saksi yg adil di antara kamu” ath thalaq:2
  • siapa yg meberikan kesaksian kpd seorang calon pd pemilu bahwa dia baik dan kayak dipilih jd pemimpin, hy krn nepotisme atau kepentingan ..
  • .. pribadi atau duniawi maka dia melanggar aturan persaksian harus karena Allah
  • ” .. dan tegakkan persaksian itu karena Allah” ath thalaq:2
  • dalil diharuskannya pemilu adalah bahwa proses meminta persaksian untuk memilih pemimpin mana yg layak dipilih
  • maka , siapa yg tdk memberikan suaranya dlm pemilu, shingga calon yg layak dan juku kalah, kemudian org yg tdk berkompeten dan tdk …
  • … memenuhi syarat itu menang sg mayoritas, maka dia telah melanggar perintah Allah u memberikan kesaksian
  • menurut syaikh yusuf qardhawi, org sperti ini trmasuk yg dikatakan alquran sbg menyembunyikan kesaksiat yg dibutuhkan umat
  • “janganlah saksi2 itu enggan (memberi keterangan) apabila mrk dipanggil” albaqarah:282
  • “dan jgnlah kamu (para saksi) menyembunyikan persaksian. dan barangsiapa yg menyembunyikannya, maka sungguh ia org yg berdosa hatinya”2:283
  • jadi kita bisa memanfaatkan demokrasi ini dalam pengarahan islam, meski pada mulanya berawal dr sistem lain
  • pendapat bahwa demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat u rakyat sehingga bertentangan dg “kekuasaan hanya di tangan Allah” , tdklah benar
  • prinsip kekuasaan rakyat yg merupakan pondasi demokrasi, tdk btentangan dg prinsip kekuasan milik Allah yg merupakan pondasi legislasi islam
  • bukanlah suatu keharusan bagi para pendukung demokrasi untuk menolak kekuasaan Allah atas manusia
  • seorang muslim mendukung mekanisme #demokrasi hy krn dia menganggapnya sbg suatu mekanisme kekuasaan yg dpt mewujudkan prinsip politik islam
  • prinsip politik islam ini terkait memilih pemimpin , hak menasehati penguasa dalam amar makruf nahi mungkar, dlm melawan kezaliman dst
  • pendukung #demokrasi tdk harus menganggap kekuasaan rakyat sebagai ganti kekuasaan Allah
  • #demokrasi adalah kebebasan rakyat memilih pemimpin, mengoreksi tindakannya, mrk boleh menolak perintah penguasa bila brtentangan dg UU
  • dalam terminologi islam, rakyat boleh menolak perintah pemimpin bila pemimpin menyuruh melakukan maksiat dan rakyat berhak memecatnya
  • itu skedar jargon saja , gak usah dipertentangkan antara prinsip kekuasaan rakyat dan kekuasaan tuhan
  • kita bisa mendefinisikan demokrasi kita sendiri, kebaikannya kita gunakan , keburukannya kita hilangkan atau minomal dikurangi
  • apakah pinsip suara mayoritas itu bertentangan dengan islam? jelas tdk
  • “kalau kalian berdua sdh bertemu dan musyawarah, maka sy tdk akan menentang kalian” perkataan rasulullah kpd abu bakar dan umar #mayoritas
  • rasulullah mundur dari pendapatnya dan mengikuti pendapat mayoritas dalam perang uhud
  • sistem pendapat mayoritas juga diterapkan umar ra thdp 6 org anggota formatur yg dipercaya memilih pejabat khalifah
  • ke 6 formatur ini memilih salah seorang dari mereka untuk menjadi khalifah dg sistem suara mayoritas.
  • bila 3 lawan 3 , maka mereka memilih satu prg dari luar tim formatur untuk mendukun salah satu pihak. orang ini adalah ibnu umar
  • jk mereka tdk bisa menerima, maka pihak yg ada abdurrahman bin auf nya yang menang
  • demokrasi yang kita fahami berbeda dg demokrasi yg barat fahami. barat tdk punya nilai sebagai batas. kita tdk membahas hal yg sdh mutlak
  • kita tdk menerima diskusi untuk menentukan apakah non muslim itu kafir atau bukan.
  • demokrasi yg kami fahami tdk berdiskusi apakah menyembah patung sapi ala pengikut musa itu benar atau tdk
  • modifikasi demokrasi gmn krn dasarny rusak? | kebaikan prinsip2 dan teknis dari demokrasi diambil dan yang buruk kita buang. sederhana?
  • demokrasi membebaskan kehendak tanpa batas nilai | bebas dan tdk otoriternya kita ambil, tanpa batas nilainya diubah, kita beri batasnya
  • demokrasi memang bukan dari islam, dan kita mengerti betul kekurangan … dan kebaikannya . | yg baik diambil, yg kurang diperbaiki
  • demokrasi adalah suara rakyat atau perwakilan rakyat | islam suara tuhan ~ mari kita buat suara rakyat / perwakilannya sama dg suara tuhan
  • apa harus mengikuti strategi “parit” ala persia saat perang khandaq? ya gak harus . tergantung kondisi saja
  • saat ini demokrasi , akibat globalisasi jadi protokol komunikasi yg disepakati dalam politik
  • demokrasi kita modifikasi mirip wayang yg dimodifikasi wali songo
  • so, tinggal masalah mayoritas ini menentukan apa kan? bukan mayoritas dan tdk mayoritas? 🙂

Negara Islam Bukanlah Negara Agama

  • individu -> keluarga -> masyarakat -> islamisasi hukum -> daulah islamiyyah -> khilafah -> guru peradaban | #skenariopenegakkankhilafah
  • individu baik membentuk keluarga yang baik kemudian membentuk masyarakat baik. | kemudian islamisasi hukum | kemudian memimpin negara
  • negara2 yg sudah menang ini begabung dg negara2 lain yg islamnya sdh menang , beraliansi membantu negara muslim yang belum menang
  • sekarang kita sedang di fase islamisasi hukum | sehingga banyak UU dan perda2 yang kata JIL , “beraroma syariah”
  • UU jaminan produk halal , UU zakat , Perbankan syariah, larangan pornografi , semuanya dlm bingkai UUD 45 . jd boleh kan? #sedaap
  • aneh aja JIL mempropagandakan bahwa UU dan perda2 ini beraroma syariah , ini aromanya UUD 45 dan pancasila banget kalee 😀
  • di skenario tahapan penegakkah khilafah tadi , ketika memasuki fase berikutnya tdk berarti meninggalkan fase sebelumnya
  • ketika individu ihkwan yg baik menikah dg individu akhwat yg baik , insya Allah akan masuk dalam fase kedua , membentuk keluarga yg baik
  • namun ketika membentuk keluarga yg baik, individu yg baik ini harus trus memperbaiki dirinya dan individu2 lain
  • ketika sedang masuk fase islamisasi hukum , maka fase perbaikan individu, keluarga , dan masyarakat terus berjalan
  • sehingga ketika UU pornografi, UU zakat, UU perbankan syariah dll berhasil digolkan , maka mendidik masy harus terus dilakukan
  • jadi … ketika memasuki fase islamisasi hukum , perbaikan individu muslim terutama masalah tauhid terus dilakukan , dan hrs semakin gencar
  • UU bernuansa syariah? | UU perbankan syariah pasti bernuansa pancasila dan UUD 45 , diputuskannya juga dalam forum demokratis 😀
  • btw , yang jomblo2 berarti baru masuk fase “membentuk individu yang baik” | ayo segera ke fase ke dua “membentuk keluarga yg baik”
  • UU jaminan produk halal masih alot pertarungannya di DPR | yg jd argumennya adalah jangan sampe UU ini menzalimi pengusaha kecil
  • seperti UU anti pornografi yg disahkan jadi UU pornografi , pertempuran dg PDIP dan partai sekuler lainnya sangat alot
  • yang dulu jd argumen adalah turis bali, pakaian “kemben” dll
  • baca2 lagi “fiqh daulah” nya Yusuf Qardhawi , ada bab khusus yg membahas negara islam vs negara kaum agama
  • “negara islam” , bukanlah “negara agama” atau “negara teokrasi” yg mengendalikan masy dg mengatasnamakan hak ilahi
  • negara islam bukan negara kaum pendeta yg menyatakan bahwa mereka mewakili keinginan sang pencipta. apapun yg mrk lakukan dpt restu langit
  • “negara islam” bukanlah negara agama seperti yg dibayangkan kebanyakan orang , mundur jauh ke belakang ke negara katolik
  • islam tdk mengenal istilah kelompok agamawan dan kelompok non agamawan.
  • tdk ada dikotomis antara kaum agamawan dan bukan kaum agamawan. kependetaan dan bukan kependetaan. | titisan tuhan dan bukan
  • apakah ulama kaum agamawan ? bukan, para ulama posisinya seperti pakar hukum tata negara ala yusril di indonesia
  • ulama wajib memberi nasehat kepada penguasa negara , kewajiban ini mencakup ke semua muskim yg punya kemampuan untuk itu
  • sehingga kekuasaan pemimpin beriringan dengan ilmu pengetahuan
  • negara islam berbeda jauh dari negara agama dan berbeda jauh dengan negara sekuler
  • negara islam adalah negara sipil yg menerapkan berbagai ketentuan langit di bumi
  • negara islam adalah negara internasional , tp tdk salah jk dibangun dari negara regional yg memilih islam sbg sistemnya
  • bayangkan pendeta2 yg punya hak kepemimpinan tanpa batas , meraa dirinya adalah titisan tuhan #NegaraAgama
  • negara islam adalah negara sipil yg di dalamnya hidup berbagai macam pemeluk agama , yg kemudian bersepakat islam sbg sistem rujukan
  • hari ini rakyat bersepakat bahwa bukan islam yg menjadi sistem rujukan , melainkan barat . sistem rujukannya aja yg diubah
  • negara islam bukan negara agama | murni negara sipil yg menjadikan islam sebagai rujukannya , tak peduli bentuk dan nama (judul) nya
  • negara islam adalah murni negara sipil , bukan keputusan sekelompok elit kaum agamawan ala negara katolik romawi atau vatican
  • negara islam bukan negara agama
  • parlemen memutuskan menjadikan UU zakat dipilih | ini negara sipil yg memilih islam, yg memutuskan muslim non muslim | negara agama? bukan
  • negara islam adalah masyarakat sipil yg kemudian setelah membanding2kan bersepakat islam lah yg jadi rujukan
  • mencoba mendirikan negara agama ala negara katolik romawi abad pertengahan memang negara kampungan
  • menerapkan islam itu harus , sebagai sbuah sistem rujukan yang harus ada dalam masyarakat yang plural
  • masyarakat yg plural bukan berarti tidak ada hukum yg disepakati kan? | harus ada hukum yg disepakati sbg rujukan | muslim mengajukan islam
  • kita harus clear , jangan adal menolak atau asal menerima. | menolak JIL itu kenapa dan menolak “negara agama” ala gereja kenapa
  • pluralisme agama adalah gagasan bingung , semua dipaksa lupa bahwa kita berbeda
  • hidup berdampingan dengan damai itu sadari bahwa kita berbeda dan hargai perbedaan, bukan menganggap kita semua sama
  • mengakui ada tuhan selain Allah itu kafir. tp kafir ini punya hak yang sama atas keadilan