Paus Berdoa Di Masjid Apakah Itu Sebuah Toleransi?

  • Pasti yg begini yg dianggap toleransi RT @kompascom: Paus Fransiskus Brdoa di Masjid Biru Istanbul
  • paus berdoa di masjid … Muslim sholat di gereja | kenapa ya banyak kepala yg mendefinisikan ini lah indahnga toleransi
  • Paus dan ulama main tenis meja bareng … paus dan ulama buka bisnis bareng … Paus dan ulama ajak umat kerja mencegah ebola | toleransi
  • Knp dlm kepalanya toleransi itu “paus berdoa di masjid” “muslim jd bendahara gereja” “kristen amankan masjid” | knp yg nyerempet campur aduk
  • Toleransi itu contohnya .., “paus dan ulama join akuisisi klub sepakbola” “paus dan ulama sepakati olahraga bareng 2 minggu sekali”
  • Banyak org yg mendefinisikan Toleransi pada sesuatu yg seremonial berbau campur aduk agama
  • Kalo ada kristen jd bendahara masjid , kalo ada muslim menjaga gereja, kalo ada paus berdoa di masjid … Responnya “indah ya”
  • Gak usah pake contoh2 begini “#AkunA: mahu ke masjid sholat jamaah | ga ada motor | dipinjemin motor teman yang kristiani #toleransi
  • Muslim ke RS dipinjami motor sama tetangga yang kristen …. | kasih contoh yamg begini aja …
  • muslim mau bisnis , yang investasi kawan bergama kristen. Yang begini2 lho lebih sejati , jangan seremonial ala “muslim bantu gereja”
  • Toleransi itu abis sholat jumat, meeting sama rekan bisnis yg kristen bahas strategi penjualan. Contoh toleransi itu ya yg tiap hr kt jalank
  • Masy dibodohi dg definisi toleransi pada bidang2 berbau campur aduk. Kristen di masjid, muslim di gereja , hindu merayakan lebaran
  • Toleransi itu ya lu lakukan khidupan biasa aja sebagai manusia dalam berbagai aspek, dalam soal agama lu kagak usah campur aduk. Gitu doang
  • Masy dibodohi bahwa toleransi itu “semakin campur aduk semakin toleransi” … Puncak toleransi adalah “semua agama benar” | haduh
  • Toleransi dikasih definisi baru : “campur aduk” . Muslim yg paling toleran adalah yg rajin ikut kebaktian tp tak ketinggalan sholat jumat
  • Toleransi itu sesederhana : “paus dan kyai joging bareng hari minggu, selesainya pas paus mau ke gereja, kyai mempersilakan”
  • Kalo “paus doa khusyuk menghadap makkah” “kyai sholat menghadap jerusalem” … Ini sih bukan toleransi . Tp lg Error bareng
  • Toleransi itu “lu silakan berinteraksi di bidang apapun, pas urusan agama jamin kebebasan dan jangan campur aduk”
  • Kalo ada perempuan jilbab atau kyai ikut misa … Rame2 komen: “indah ya toleransi” | gubrag
  • Toleransi kok didefinisikan pada hal2 sempit urusan agama , justru toleransi itu memperluas interaksi di luar soal agama
  • toleransi itu “yuk kite bisnis bareng , tp kalo kita meeting jangan jumat siang atau pas ahad pagi”
  • Toleransi itu justru ada di ruang besar di luar masjid dan gereja . Di masjid dan gereja mah masing2 aja . Gak usah saling urus
  • Di lapangan halaman masjid “paus dan kyai main badminton” … Ini contoh toleransi | toleransi itu pd domain di luar masjid dan gereja
  • Paduan suara gereja diundang nyanyi saat kampanye politik | ini toleransi . kerjasama diluar urusan masjid .
  • Kita harus mempersering interaksi dalam ruang2 di luar masjid dan gereja … Ini toleransi .
  • Toleransi itu waktu jalan2 ke china, temen kristen sy menitipkan sebagian bagasinya ke sy, krn dia over, sedangkan sy lowong
  • Toleransi itu waktu di jepang makan bertiga. Saya muslim, kawan sy hindu dan kristen. Sy makan ikan , kawan2 sy makan babi.
  • Yup … Pas waktu sholat berhenti “#AkunB: toleransi itu kerja bakti bareng warga dari berbagai agama, bersihin desa dari sampah.”
  • Toleransi itu waktu di jepang temen sy yang budha (bukan hindu) , krn dia dah sering ke jepang , dia carikan tempat makan yg halal utk sy
  • Kenapa sih toleransi kok didefinisikan pada sesuatu yg sempit di dalam masjid atau gereja, padahal ruang interaksi di luar sangat luas
  • Kita harus memperluas interaksi2 kita di luar urusan agama … Dan saling legowo untuk urusan agama .
  • Kagak perlu dah “kristen jd bendahara masjid” “muslim panitia natal … toleransi sukanya kok yang begini2
  • Kita dipersilakan “campur aduk” di ruang di “luar masjid dan gereja”, silakan interaksi di politik, ekonomi, sosial. Hormati keyakinan agama
  • jangan, hrs diatur “#AkunC: klo dalam kita beribadah ada umat lain bahkan saudara seiman terganggu, gimana hukumnya pak?
  • paus berdoa di masjid menghadap makkah, gw sih malah geleng2 , error banget. Kalo paus belajar karate sama kyai, baru sy acung jempol.
  • Kita punya ruang yang luas sekali utk interaksi bersama , mari kita manfaatkan seluas2nya. Ini toleransi
  • Muslim jilbab ikut misa, muslim ikutan kupluk natal , kristen ikutan idul fitri, budha ikut takbiran … Yg begini error . Bukan toleransi
  • Implementasi toleransi itu luas sekali. Ada ruang yang beaar sekali, kenape kita malah campur aduk di dalam masjid dan gereja.
  • Di dalam masjid dan gereja , kite masing2 aja dah. Lu kagak usah ikutan lebaran, gw kagak usah urusan natal. beres itu kite ngopi bareng
  • Implementasi toleransi itu justru di luar urusan agama … Pas urusan agama , kagak usah kite campur aduk.
  • Ada kristen nyasar, nanya dimane gereja: tinggal tunjukin dimane gereja, kagak usah lu pake daftar ikutan kebaktian trus jd bendahara gereja
  • Sampe depan masjid aja, kagak usah masuk. “#AkunD: wktu sy dan istri sy ke bali, pak made (guide) mengantarkan ke masjid pada wktu sholat
  • Ruang interaksi kita selesai di pintu gereja dan pintu masjid. Pas masuk gereja atau masjid urusan masing2. Gak usah campur aduk
  • Mau yang di masjid nungging2 , mau yang di gereja kayang. Silakan aja , jangan lu larang2 . Beres kayang dan nungging , kite futsal bareng
  • Pamit dulu tweeps , pagi ini mau diskusi bareng adik2 mahasiswa telkom university.
Advertisements

Pembunuhan Rakyatpun Dilakukan Akibat Malasnya Pemimpin

  • Satu Tewas di Lokasi Bentrok Mahasiswa UMI dan Polisi – | rezim represif makan korban tribunnews.com/2014/11/27/sat…
  • Rezim mengorbankan nyawa rakyatnya sendiri … Harus rela susah akibat kebaikan BBM , hingga meregang nyawa
  • Rakyat gugur membela hak yg dirampas pemimpinnya sendiri
  • Rakyat harus berhadapan dg alat rezim …
  • Rakyat dihajar hanya krn ingin pemimpinnya tau mereka susah akibat ulah pemimpinnya
  • Rakyat tewas . #RezimTirani
  • 100 T uang + nyawa rakyat
  • Kebebasan terpasung
  • Peluru dan pentung diarahkan kepada anak2 bangsa sendiri
  • Rakyat yang malang
  • #RakyatTewas
  • Sengsara dan mati …. #RakyatTewas
  • Sengsara …. Dan mati. #Rakyat
  • 27 NOVEMBER 2014 | rakyat kecil yang selalu kalah … be/C9NIfaPmgC0
  • 27 NOVEMBER 2014 | semenit di bilik suara menentukan banyak hal be/C9NIfaPmgC0
  • Rezim mulai membunuhi rakyat
  • Rezim mulai membunuhi rakyat yg lapar krn malasnya pemimpin
  • Bangkit Mahasiswa … Menjadi pembela adalah taqdirmu . twitter.com/vSPtO33wbQ
  • Jaket biru … Jaket kuning … Jaket hijau … Jaket merah … Bersatu mahasiswa … Nikmati takdirmu
  • Suara mahasiswa adalah suara pembelaan … Ini momentum mu … Pemuda adalah perlawanan kezaliman
  • kemakmuran terpasung dalam alam malasnya pemimpin
  • Suarakan keberanian melawan penindasan, suarakan pembelaan di tengah pengkhianatan. Mahasiswa Bangkit
  • Anak2 muda adalah perlawanan dan pembelaan . Ia adalah energi peradaban. Bangkit pemuda.
  • Saat tirani membungkam keadilan, saat kediktatoran membelenggu kebebasan … Saat rakyat mati terbunuh
  • Menindas … melindas …. Rakyat tewas
  • Janji2 kemakmuran hanya topeng nafsu kekuasaan … Kosong … Hilang
  • Zaman suharto … tank masuk kampus … NKK BKK … Sejarah terulang … Senjata aparat ditodongkan pada rakyat
  • Wahai energi peradaban … Ini ceritammu … Ini cerita kita …. Bersuaralah, melawanlah … Membelalah
  • Untuk Tuhan , Bangsa dan Almamater ..
  • Mentari menyala disini
    Disini di dalam hatiku
    Gemuruhnya sampai disini
    Disini di urat darahku

    Bangkit Mahasiswa

  • “Dengarlah suara seruan rakyatmu
    Tertindas terbelenggu
    Menanti tanganmu
    Berikanlah cahayamu bagi negeriku”
  • Meskipun tembok yang tinggi mengurungku
    Berlapis pagar duri sekitarku
    Tak satupun yang mampu menghalangiku
    Menyala di dalam hatiku
  • “Selamanya Sejarah anak muda adalah sejarah perlawanan dan pembelaan”
  • Kakak kami menjatuhkan seorang presiden , kami menjatuhkan seorang presiden dan menggagalkan satu org presiden penjual aset negara naik lagi
  • Bangkit Mahasiswa … Untuk Tuhan … Bangsa … Dan Almamater
  • Meskipun tembok yang tinggi mengurungku … Meskipun pagar berduri di sekitarku … Meskipun peluru dan gas air mata dilesakkan
  • Suara rakyat harus ditinggikan
  • Masih terngiang derap langkah menderu … Mengepung istana … Kami beribu ribu
  • Bangkit saudaraku … Sejarah mengetuk2 pintu mu …
  • Jangan terbungkam dalam ruang2 kelas … Ketika rakyatmu terkapar … Mati .
  • Laras sepatu menginjak2 rumah sucimu … Peluru dan pentung diarahkan menghabisi anak bangsa sendiri
  • Dengarkan suara sejarah …. Mengetuk2 pintumu … Rasakan derap kami … Menderu2 … Beribu ribu …
  • Sejarah tak akan datang mengetuk untuk kedua kali … Bangkit … Lawan penindasan
  • Bangkit … Lawan … Hancurkan tirani !!!
  • Saat rakyat dilaparkan … Saat asing dikenyangkan … Saat mahasiswa dipukulin … Saat rumah suci diinjak2
  • Sukarno jatuh … Suharto jatuh … Gus Dur Jatuh … Mega “jatuh” … Ini cerita kakak-kakakmu . Sejarah perlawanan
  • Kenakan jas almamatermu … Lantangkan suaramu … Turun ke jalan … Beribu ribu
  • Sudah lama jalanan sunyi dari mahasiswa … Sekarang momentum sejarah mengetuk2 di pintumu
  • Ayo pemuda … Ya kamu … Jk kamu Pemuda . Ambil jas almamatermu … Turun ke jalan … Kurindu melodi dari derap langkah demonstran
  • Ayo … Kenakan jas almamatermu .. Yg lama tergantung , bersih dari debu dan aroma gas air mata
  • Kenakan ikat kepalamu … Jas almamatermu … Jangan lupa oleskan pasta gigit di sekitar matamu … Robohkan keangkuhan
  • Kepada para mahasiswa … Yang merindukan kejayaan … Kepada rakyat yg kebingungan … Di persimpangan jalan …
  • Wahai kalian yang rindu kemenangan … Wahai kalian yang turun ke jalan …
  • Demi mempersembahkan jiwa dan raga … Untuk negeri tercinta …
  • Jangan berlari dari takdirmu … Menanggung beban yang tdk bisa ditanggung oleh org2 sezamanmu ..
  • Mahasiswa dan rakyat bersatu … Melawan pengkhianatan
  • Hidupkan nuranimu … Nyalakan … Dengarkan .. Jeritan rakyatmu … mati
  • Kepada para pewaris peradaban … Saatnya derap langkah menderu2 … Ini saatnya
  • Alat2 rezim menghabisi anak2 bangsanya sendiri .. Mati
  • Mati tertembak … Bukan ditabrak be/0UNo1XW9uOU
  • Polisi berbohong … Lihat aja videonya ”AkunA: @hafidz_arykejadian nih. Di tvone pagi tadi polisi klarifikasi”
  • Rakyat dibunuh karena menyuarakan keperihannya be/0UNo1XW9uOU
  • Rakyat mati di tangan rezim be/0UNo1XW9uOU
  • Dieksploitasi suaranya … Kemudian dibohongi … Disengsarakan … Mati be/0UNo1XW9uOU
  • Sudah mati pun dijadikan ngeles “#AkunB: Yg mati demonstran bayaran tuh, “@hafidz_ary: Rakyat mati be/0UNo1XW9uOU“”
  • Dieksploitasi suaranya … Uang mudahnya dirampas krn kemalasan berpikir pemimpinnya … Sekarang mati
  • Dibohongi … Dieksploitasi suaranya … mati
  • Rezim represif mulai menyerang dan membunuhi rakyatnya … Mati
  • Rezim represif mulai menyerang dan membunuhi rakyat .. twitter.com/oE6ShNYsT4
  • Ramping ternyata gendut , profesional ternyata transaksional, pro rakyat ternyata menyengsarakan dan membunuh rakyat .
  • Janjinya kabinet ramping , tenyata sama gendutnya .. Janjinya profesional, ternyata transaksional, bahkan utk jaksa agung dan BNP2TKI

Apakah Sebutan ‘Kafir’ Untuk Non-Muslim Dianggap Penghinaan?

  • Kafir adalah yg menolak kebenaran Islam,apa masalahnya? “#AkunA: domba sesat adalah orang2 masih tersesat, apa yang dipersoalkan ?
  • #AkunA #AkunB Eksternal internal adalah label biasa aja utk apapun. WNI WNA , karyawan non karyawan, mahasiswa atau non
  • di Islam berbeda, berbuat baik tanpa alasan Allah jd nothing “#AkunA: #AkunB @hafidz_aryberbuat baik tdk memerlukan alasan
  • Allah sdh beritau definisinya , kita tinggal pake “#AkunA: menghakimi sesat/tidak hanya Allah yg boleh melakukannya
  • #AkunA #AkunB yg lain enak bacanya, hanya Allah yg berhak menghakimi enak gak enak
  • Kenapa masih banyak aja yg gak terima dg Islam yg memberi definisi internal eksternal dg muslim(mukmin) dan kafir? Katanya gak masalah?
  • Katanya : seharusnya pembedaan dr sisi moral dan bukan internal eksternal
  • Pembedaan internal eksternal itu lazim. Pembedaan internal eksternal di twitter atau sosmed lainnya ditandai dg login.
  • Internal pengguna twitter adalah yg registrasi dan yg eksternal twitter yg tdk registrasi
  • Saya pernah liat di kantor PLN, “selain karyawan dilarang masuk” . Biasa aja pembedaan karyawan non karyawan, internal eksternal
  • Kalo di ITB , ada istilah “non him” , ini utk menyebut mahasiswa2 yg masuk himpunan di jurusannya. Internal eksternal
  • Di bank ada istilah nasabah prioritas dan bukan … Didahului registrasi (syahadat) . Internal prioritas dan eksternal prioritas
  • Katanya gak masalah disebut kafir , kenapa masih menuduh istilah kafir ini biang perpecahan. Kalo lu gak tersinggung ya gak masalah kan?
  • Sy gak masalah tdk dianggap nasabah bank niaga misalnya, wong sy gak penah registrasi (syahadat) ke bank niaga
  • Kafir sebutan utk eksternal muslim , mirip dg istilah non karyawan, WNA, non him
  • Penah baca kartu keluarga? Kenapa gak semua org dimasukkan? Krn ada internal dan eksternal keluarga , keluarga dan bukan keluarga
  • Dewasalah dg istilah kafir ini : 1. Ini istilah ekslusif islam 2. Ini cuma soal internal eksternal
  • Suku2 di Indonesia juga mengenal internal eksternal, suku jawa , sunda, padang , batak, papua, dayak . Biasa aja
  • Apa ini bertentangan dg bhineka tunggal ika? Apakah suku2 di papua yg py definisi internal eksternal tdk bhineka tunggal ika?
  • Apa suku padang yg dulu ketat harus menikahkan dg yg suku padang juga bertentangan dg bhineka tunggal ika? Kenapa?
  • Apakah karyawan non karyawan di PLN akan merusak bhineka tunggal ika? Aneh
  • Apakah non him dan him di ITB merusak bhineka tunggal ika?
  • Kenapa karyawan non karyawan , suku non suku, nasabah non nasabah tdk dituduh memecah NKRI, pdhl ini juga soal internal eksternal?
  • Justru ini kebhinekaan yang tunggal ika , kalo Islam harus mengikuti definisi org lain , namanya penyeragaman, gak nerima perbedaan
  • Jangan mempermasalahkan internal eksternal , jangan kekanak2an, biasa aja . bermasalah jk kamu mikir ini msh zaman gelap gereja eropa
  • Di era gereja eropa, benar bahwa kafir sah disiksa, dibunuh. Di Islam gak ada istilah sperti itu. Kalem aja
  • Bukalah pikiran, Pancarkanlah kedamaian, jangan cupet dg istilah eksternal eksternal
  • Krn pada dasarnya karyawan non karyawan itu ciptaan Allah, pun muslim kafir. Kalem aja dg istilah ini
  • Kalo anda gak kalem dg istilah muslim kafir, justru pikiran anda yg isinya peran muluk, gak bhineka tunggal ika.
  • Damaikanlah pikiran anda, jangan lebay dg istilah ini, masak cuma gara2 islam punya istilah ini lanta anda mau perangi
  • Gak usah emosi dg istilah “kafir” , damaikan pikiran anda , jangan merusak bhineka tunggal ika. Ini istilah sederhana aja
  • Jangan memancing perpecahan dg bersikap emosi kpd definisi internal orang lain. Biasa aja bung. Dewasalah
  • Biasakan lah hidup dalam perbedaan , gak usah pusing dg istilah org lain, kekanak2an itu yg merusak bhineka tunggal ika
  • sy mengkafirkan yg kafir itu kewajiban muslim, jangan dihalang2i, junjung kebebasan beragama. Amanah UUD 45
  • Jangan menghalang2i kebebasan beragama, sikap menghalangi ini yg merusak bhineka tunggal ika. Kalem lah dg perbedaan
  • Buka pikiran anda thdp pebedaan, jangan cupet. Cupet bikin rusuh
  • Alumni ITB py ikatan alumni namanya IA ITB , yg tdk alumni ya bukan alumni ITB. Aneh jk ada alumni UI yg tersinggung dg istilah ini
  • PLN atau perusahaan manapun punya istilah karyawa non karyawan, aneh jk anda yg bukan karyawan tersinggung disebut non karyawan
  • Pembedaan internal dan eksternal tentu py konsekuensi . Ada hak dan kewajiban. Karyawan non karyawan, WNI WNA, muslim kafir
  • Kartu kredit punya istilah member gak member, yg member misalnya punya hak “airport lounge” . Yg non member apa perlu marah2 ?
  • Jangan cupet dengan perbedaan, junjung bhineka tunggal ika. Jangan karena berbeda terus dicaci maki, dibacok.
  • Sumber perpecahan itu adalah org2 yg tdk terbiasa berbeda. Debat diartikan ngajak perang, mengkoreksi diartikan menebar kebencian.
  • Cara berpikir “debat berarti ngajak perang” “mengkoreksi berarti menebar kebencian” inilah sumber perpecahan
  • Cara berpikir “debat berarti ngajak perang” “mengkoreksi berarti menebar kebencian” inilah yg merusak bhineka tunggal ika.
  • Cara berpikir cupet “debat berarti ngajak perang” “mengkoreksi berarti menebar kebencian” inilah yg tdk siap dg iklim demokrasi
  • Sumber perpecahan model org2 ketika kita mengkoreksi dianggap menebar kebencian, trus caci maki gak karuan. Ini cupet. Gak siap berbeda
  • Gak usah pusing dg istilah muslim kafir, yg harus pusing adalah kok bisa jadi kafir
  • Islam mendefinisikan yang kafir masuk neraka, terserah Dong. Emang neraka punya siapa? Ini yg hrs dipikirkan , siapakah tuhan yg py neraka
  • Yuk ah , jd pibadi yg terbuka, siap menerima perbedaan , tdk merusak bhineka tunggal ika.
  • Org2 yg meyakini mengkoreksi adalah menebar kebencian adalah mrk yg ga siap hidup di alam demokrasi
  • Kita harus berani bilang yg bukan karyawan adalah non karyawan, yg bukan WNI adalah WNA, yg bukan muslim adalah kafir, apa masalahnya?
  • Kita harus membiasakan diri mengkafirkan yg bukan muslim, menWNA kan yg bukan WNI, me non karyawankan yg bukan karyawan
  • Jangan dikabur2kan, yg non karyawan dianggap karyawan, yg WNA dianggap WNI, yg kafir dituntut dianggap muslim . Ini penyesatan
  • Harus membiasakan diri mendudukkan org pada posisinya , jangan dikabur2kan, jangan ketuker2
  • Udah jelas yg bukan WNI adalah WNA, gak usah cari2 argumen ngeles utk men WNI kan WNA
  • Udah jelas yg bukan muslim itu kafir , gak usah cari2 argumen ngeles utk menganggap yg kafir itu muslim juga.
  • Gak usah ngeles2 , terimalah perbedaan dengan legowi.
  • Pembahasan muslim kafir ini harus sering , krn pembahasan yg coba mengaburkan definisi ini juga sering.
  • Yg melakukan penyesatan definisi kafir aja dibiarkan, kok kita yang meluruskan definisi kafir dianggap menebar kebencian. Aneh
  • Ada ekslusivme beragama, ada ekslusivme bernegara, ada eksklusifme almamater, bebas aja. Silakan aja. Yg penting Jgn zalim aja k org lain
  • Cuma internal eksternal tp bikin jengkel. Diksi yg Allah berikan pas . “#AkunC: @hafidz_aryDahsyat ya istilah kafir itu.”
  • Tak sedikitpun marah, tak sedikitpun protes. Bebas “#AkunD: @hafidz_arybetul,kami umat Islam gak marah kok disebut domba yg tersesat
  • Tg lucu dg Gerombolan JIL , dipanggil JILers dianggap labelisasi dan menghina.
  • Pikirannya sama dg JIL, harusnya bangga dg disebut JILers . Kenapa dianggap menghina, sehina apa JIL itu sampe anda malu?
  • Temen2 yg pikirannya sama dg ITJ, bangga nggak disebut ITJ ers?
  • Kenapa manggil org yg sepaham dg JIL sbg JILers dianggap labelisasi? Seburuk apa JIL dalam persepsi mereka?
  • Padahal mereka hobi menyebut muslim sbg radikal, teroris, fundamentaslis dll . Tp kita sebut JIlers tersinggung
  • Tuh, yang sefaham anti JIL, bangga disebut ITJers. Kenapa yg sefaham dg JIL , dianggap terhina jk disebut JILer?

 

Apa Bedanya Penyebutan Kafir (Islam) Dengan ‘Domba Tersesat’ (Kristen)?

  • Hehehe twitter.com/dFMT0PDWAq
  • Pertanyaanmu spt gini : “kalo tukang mabok atau zina itu WNA bukan?” “ #akunA: yg islam kalo tukang mabok atau tkg zinah kafir ga?”
  • apakah jk WNI mabok atau membunuh maka akan otomatis jd WNA? “#akunA: yg islam kalo tukang mabok atau tkg zinah kafir ga?”
  • Kalem mas, kafir cuma istilah internal islam mendefinsikan non muslim “#akunB: @hafidz_aryAlien kafir gak?…”
  • Heran kok pada emosi ya dg definisi internal Islam ttg kafir | padahal sedikitpun sy gak masalah dg istilah “domba tersesat” “ghoyim” dsj
  • Tak ada satu twit pun dimana sy keberatan dg “domba tersesat” atau “ghoyim”
  • Kristen mnyebut org luar dg “domba tersesat” , yahudi menyebut org luar dg “ghoyim” , Indonesia mnyebut org luar sbg “WNA” . Apa masalahnya?
  • Bebas, itu hak mereka “#akunC: @hafidz_arykalo dikatain “anathema” keberatan?”
  • Tinggal dihukum. Persis kayak WNI yg jahat dihukum “#akunA: Islam kenal berzinah,korupsi itu drmn krn kan islam ngajarin ahklak mulia
  • Apa sih masalahnya? Kristen menyebut “domba tersesat” , Indonesia menyebut “WNA” , yahudi menyebut “ghoyim” .
  • Silakan aja yahudi menyebut org luar yahudi dg apa saja, asal si yahudi gak menzalimi org luar yahudi. Gitu aja kan?
  • Apakah gpp make produk buatan kafir? sama aja pertanyaannya apa gpp make produk buatan WNA padahal kita WNI?
  • disebut anathema, disebut “domba tersesat” gak masalah , asal sikap si kristen baik aja ke yg mrk sebut anathema atau domba tersesat
  • Selama sikap yg nampak itu lu baik ke gw, gak menzalimi gw, gak masalah lu definisikan apapun.
  • Statua WNA dan WNI bukan soal dermawan gak dermawan … Ini soal status : internal atau ekstenal.
  • Sejahat2nya WNI tdk otomatis membuatnya jd WNA , sebaik2nya WNA tdk otomatis membuatnya jd WNI.
  • Karena WNI atau WNA bukan soal dermawan gak dermawan, rajin menabung atau tdk . Tp soal internal Atau eksternal
  • Kata yg dipake islam utk menyatakan internal eksternal itu kafir dan muslim (mukmin)
  • Jd non muslim gak usah tersinggung diyakini kafir oleh muslim, tg terpenting anda dizalimi gak sama si muslim. Selama tdk, apa masalahnya?
  • Muslim meyakini kafir masuk neraka, apa masalahnya? Kan anda gak percaya dg yg diyakini muslim. Keyakinan org gak usah dipaksa kan?
  • Anda meyakini jalan selamat itu menuhankan yesus , sy yg tdk , disebut domba tersesat, apa masalahnya? Silakan aja .. Itukan keyakinan anda
  • Muslim meyakini yg menuhankan selain Allah itu kafir. Ini keyakinan muslim, anda gak percaya ya gpp. Apa masalahnya?
  • Apakah menyebut org luar Indonesia sbg WNA itu tindakan intoleran? Ya nggak , kalo WNI gebukin WNA yg damai2 aja baru itu intoleran
  • Kristen meyakini sy sbg “domba tersesat” gak masalah, yg masalah kalo anda paksa sy mengimani yg anda imani.
  • Pegangan non muslim jangan pada kata “kafir gak kafir” tp zhalim gak zhalim aja . Selama muslim gak menzhalimi anda , apa masalahnya?
  • Yup, kalo anda meyakini org di luar kristen itu tdk selamat, yakinilah itu . Jangan mencla mencle jadi “semua selamat” .
  • Anggapan kafir itu negatif akibat beban sejarah eropa yg dikafirkan gereja , berujung penyiksaan. “Anda kafir maka sah disiksa”
  • di Islam gak begitu, meskipun muslim meyakini yg di luar itu kafir, tp muslim diwajibkan berbuat baik kpd si kafir. selama si kafir baik
  • Selama si kafir baik sama muslim, muslim diwajibkan berbuat baik pd kafir. Kalo kafirnya memerangi muslim, mengusir dr tanahnya, ya lawan
  • Gak usah emosi dg klasifikan internal Islam : muslim dan kafir. Tinggal dirasakan aja muslim zhalim atau tdk. Kalo zhalim ya hukum aja
  • Tdk lantas utk kita toleran , maka kita harus mengubah definisi kafir. Yg penting kan sikap kita kpd si kafir ini kan?
  • Ada ada org nonmuslim aka kafir di sini yg pernah sy pukulin? Pernah sy caci maki? gak kan? Lantas apa masalahnya?
  • Sesederhana ini kok pusing
  • Apa cara org batak memanggil org di luar batak? Apa cara org padang memanggil org di luar padang?
  • WNA yang memerangi WNI , halal gak darah WNA itu kita tumpahkan? TNI itu tugasnya menumpahkan darah WNA yg mengganggu NKRI. Apa Masalahnya?
  • Non muslim Gak usah galau dg istilah kafir utk kalian, kami muslim ndak galau sama sekali dg istilah “ghoyim” “domba tersesat” dll
  • Sedehana banget ini . “WNI-WNA” “yahudi – ghoyim” “kristen -domba tersesat” “muslim -kafir” , Selama WNI gak zhalim ke WNA, apa masalahnya?
  • Apa cara org amerika menyebut org yang bukan warga amerika? Apapun itu , gw kagak ambil pusing. urusan internal mrk. Yg penting lu ga zalim
  • ITB menyebut mahasiswanya sebagai mahasiswa ITB, yg bukan disebut non mahasiswa ITB. Yg bukan mahasiswa ITB gak usah marah disebut begitu.
  • Sebenarnya yang harus kamu pusing bukan istilah kafir gak kafir, tp kamu harus mikir kenapa kok kamu bisa sampe kafir ?
  • Make sense tweeps?
  • Mereka syahadat gak? Kalo syahadat mrk muslim. Kalo melakukan kejahatan, ya hukum aja si muslim ini “#akunB: ISIS kafir ato kafah?
  • Mengkafirkan muslim yg gak boleh . Mengkafirkan kafir ya wajib “#akunD: didalam islam dijaga agar tidak mengkafirkan seseorang
  • Takfir atau mengkafirkan kpd sesama muslim itu dilarang keras. Kalo mengkafirkan yg jelas kafir ya wajib
  • Sy harus meyakini non muslim sebagai kafir , karena kalo tidak maka sy jadi kafir
  • Kalo sy meyakini org yg menuhankan selain Allah adalah tidak kafir maka seketika itu saya kafir.
  • Kalo guru ngaji memperkosa itu muslim gak? tetap muslim. tp apa salah Islam ketika ada muslim yg menyimpang dr ajaran Islamnya?
  • Apa salah Islam? “#akunB: @hafidz_ary#akunE: Tdk semua islam anggota isis tapi anggota isis semuanya islam, gimana tuh?
  • Muslim gak muslim “#akunF:: yg menjadi patokan kafir itu apa? Krn semua merasa benar atas keyakinan yg dianut
  • Gak usah tersinggung mas. Kafir itu cuma istilah internal Islam kok “#akunG: Trus dah hebat kau rasa?? @hafidz_ary: Takfir atau
  • “Domba tersesat” “ghoyim” “#akunH: #akunI: @hafidz_aryklo di non muslim ada konsep kafir ga kang?”
  • Itu surat alkaafiruun jelas. “Hai org2 kafir” “#akunD:: betul mas,,rosullullah pun tidak pernah menyebut seseorang kafir”
  • Jd utk yg non muslim kalem aja kalo disebut kafir oleh muslim. Kalo anda baik2 saja trus dipukul muslim, baru jangan kalem.
  • Yup, jangan karena anda gak bs membantah seseorang, maka org tsb anda sebut “sok hebat” “sok benar” “sok suci”
  • boleh. 2. Haram “#akunJ: kang kalau muslim menggunakan barang buatan kafir boleh? terus kalau muslim mengkafirkan muslim gmn hukumnya?
  • Lupakan itu persepsi “kafir maka sah disiksa, dibunuh” … Ini persepsi gereja di eropa. Trauma persepsi eropa diekspor kemana2
  • Sahabat2 non muslim , apa penjelasan sy ttg kafir make sense? Bs diterima?
  • Jehovah’s Witness vs. Islam | asalnya ortu org ini muslim, terus murtad. Kenapa? Krn keyakinan semua agama benar be/AtSsNB9ls3s
  • Gagasan “semua agama benar” itu pintu gerbang pemurtadan. Sehingga harus kita lawan gagasan ini.
  • Gimana cara paling gampang membuktikan “semua agama benar” itu salah? Tinggal ambil satu sample agama yg salah. Beres
  • “Semua laki2 itu tukang selingkuh” | gmn cara paling gampang bantah ini? Tinggal bawa satu org laki2 yg tdk selingkuh, gugur argumennya
  • “Semua agama benar” | gampang bantahnya, tinggal ambil satu agama buktikan salahnya . Gugur deh argumennya
  • kenapa bahas kristen? Tujuan utamanya membantah “semua agama benar” … Tinggal bawa satu agama utk dibuktikan salahnya
  • Kenapa kristen yg diambil utk membantah “semua agama benar” ? Pemeluknya banyak, jd pasti rame debatnya.
  • Jd tujuan utama kita bongkar kristen adalah untuk membuktikan “semua agama benar” itu ngawur.
  • Kalo sudah yakin “semua agama benar” itu ngawur, mudah2an sahabat2 muslim makin cinta pada Islamnya
  • Kenapa gerombolan JIL tdk setuju pembahasan kristen? Wajar, Krn ini akan meruntuhkan ide mrk bahwa “semua agama benar”
  • Jk Masing2 agama bilang sendirian benar , apa masalahnya? Trus mana yg beneran benar? Tinggal komparasi aja kan? Kita punya akal
  • Kalo kristen ngaku bahwa kristen agama yg benar ya silakan aja , apa urusannya sama saya? Kenapa harus pusing?
  • Utk membuktikan mana yang benar , tinggal gunakan pisau akal kan? Tinggal pake logika kan?
  • Anda mau meyakini apa ya silakan saja , itu keyakinan anda . Sy cuma koreksi aja . Gak mau terima , ya gak masalah. Enak kan?

Kilas Balik Penobatan Yesus Sebagai Tuhan

  • Yesus resmi jadi Tuhan baru saat konsili nicea tahun 325 M . Peserta konsili nicea yg gak setuju yesus tuhan, bikin konsili tandingan
  • Peserta konsili nicea yg menolak pengangkatan yesus sbg tuhan mbuat konsili sur, konsili tandingan yg tetap meyakini yesus utusan tuhan
  • Kapan roh kudus jadi tuhan? Roh kudus diangkat jd tuhan pada konsili konstantinopel tahun 381 M .
  • tahun 400 , barulah dikarang sebuah buku oleh augustinus , “De Trinite” , tentang trinitas, 3 oknum Tuhan.
  • Sebelum 325 M , Yesus belum diangkat jadi Tuhan. Sebelum 381 M, Roh kudus belum jadi Tuhan.
  • Tahun 431 M diadakan konsili lagi, disitu diputuskan bahwa Yesus itu punya 2 tabiat. 100 persen Tuhan, 100 persen manusia
  • Bbrp tahun kemudian konsili Epesus 2 meralat , Yesus itu tabiatnya satu, paduan tuhan dan manusia .
  • 451 M konsili di chalecdon, keputusannya meralat keputusan konsili Epheseus 2 dan kembali ke keputusan epheseus 1: 100 % tuhan 100 % manusia
  • Ide 100 % Tuhan dan 100 % manusia itu hasil kesepakatan konsili epheseus 1 . Tdk berdasarkan alkitab.
  • ketuhanan Yesus adalah buah muktamar org2 di abad ke 4 , perdebatannya pun keras . Sampe ada muktamar tandingan yg memutuskan sebaliknya
  • Sebelum 381 M , apa yg dikerjakan roh kudus sebelum dia diangkat jd tuhan?
  • Sebelum 325 M , status yesus sebagai apa sebelum diangkat jd tuhan oleh Muktamar?
  • Sebelum 431 M , yg memutuskan 100 persen Tuhan dan 100 persen manusia , berapa komposisi ketuhanan dan kemanusiaan?
  • Tanpa konsili nicea tak pernah ada keputusan yesus tuhan .
  • Sesuatu jd Tuhan karena diputuskan oleh sebuah muktamar manusia? Ini sesuatu yg aneh
  • Doktrin kristen diambil dari hasil2 muktamar dan bukan mengambil dari sumber alkitab
  • Jd konsep teologi kristen berevolusi: Tuhan itu Tunggal (ajaran Yesus) -> Tuhan itu DwiTunggal (325M) -> Tuhan itu Tritunggal (381M)
  • Periode 325 M – 381 M yaitu antara konsili nicea dan konsili konstantinopel kristen meyakini dwiTunggal : 2 adalah 1, 1 adalah 2
  • Setelah 381 M , baru muncul gagasan TriTunggal , 3 adalah 1 dan 1 adalah 3 . #evolutif
  • Tuhan Tunggal -> Tuhan DwiTunggal -> Tuhan TriTunggal | evolusi konsep teologi Kristen.

Benarkah Semua Orang Non-Muslim Adalah Kafir?

  • Sudah banyak korban skak logika , tp masih ada aja yg mengulangi dan jd korban baru
  • Ketika bilang “non muslim adalah kafir” , maka kemudian org mencoba mengubah definisi ini dg cr ngeles. Spt tulisan haidar bagir
  • Kemudian dicari justifikasinya sehingga kabur definisinya. Ini juga yg sy lakukan kalo ditilang polisi .
  • “Kenapa tdk menyalakan lampu motor” | sy tau aturan menyalakan lampu motor , tp kalo dlm kondisi macet apa msh berlaku?
  • “Dilarang makan di kereta” | sepakat dg dilarang makan di kereta, tp makan apa yg dilarang? Kalo tdk mengotori boleh kan?
  • Non muslim itu kafir | lantas bagaimana dg org yg belum pernah kenal Islam? Ini dijadikan celah mengaburkan semua definisi
  • sperti “makan makanan di kereta tp tdk kotor” digunakan ngeles utk meruntuhkan “dilarang makan di kereta”
  • Islam menegaskan kita hanya bs menilai seseorang dari zahirnya, dr apa yg nampak bukan dr hatinya.
  • Gmn dg org di suku pedalaman yg belum pernah mngenal Islam? Lho, jgn dijadikan kasus ini utk tdk mengkafirkan non muslim yg tdk di pedalaman
  • Jd jangan ngeles dg argumen “celah”
  • Apakah org di suku pedalaman yg tdk mengenal Islam itu kafir? Status di dunia … Tinggal liat zahirnya.
  • Misal mereka menyembah batu … Sudah jelas status di dunia mereka kafir , menuhankan selain Allah. Laki2nya ga bs menikah dg muslimah
  • Lantas bagaimana dg nasib di akhirat? Ada hadits yg menjelaskan org2 spt ini, satu grup dg org tuli, idiot, dan pikun .
  • Di akhirat , Org tuli beralasan “sy tdk pernah mendengar Islam” serupa dg yg idiot, pikun dan org terasing yg belum tau kedatangan Islam
  • Di akhirat, mereka ini akan diuji dulu apakah beriman kpd Allah atau tdk, mrk diperintahkan masuk neraka, bg yg taat maka neraka akan dingin
  • Jk yg tdk taat perintah utk masuk neraka justru yg akan dijebloskan ke dalam neraka. Yg taat akan masuk surga
  • Jd status di dunia utk semua org yg tdk muslim adalah kafir . Utk status di akhiratnya ada tahap pengujian utk yg pengecualian td.
  • jd syarat kena taklif beriman adalah kesadaran akal … Gila , pikun, idiot mengakibat mereka tdk bs divonis
  • Tp org tdk pernah mengenal Islam ini kan kita harus berandai2 ttg sebuah kondisi terpencil atau kondisi ekstrim lainnya
  • tp jangan jd kan kondisi “imajinasi ekstrim atas keterpencilan” membuat kita meruntuhkan definisi non muslim adalah kafir.
  • Status dunia dr org yg tdk berislam krn idiot, pikun, tdk pernah dengar Islam krn tuli atau terpencil tetap kafir. Status akhirat diuji lg
  • Para ulama jarang membahas ttg status pengecualian ini , krn gak penting . krn di dunia , statusnya dah jelas.
  • Muslimah tdk boleh menikah dg laki2 idiot, gila, pikun yg tdk muslim.
  • Ayat alquran bahu membahu utk membantah org2 yg coba ngeles ini. Definisi kafir dah jelas.
  • “Hai org kafir , aku tdk menyembah apa yg kamu sembah” | kafir krn beda yg disembah.
  • “Kafirlah org mengatakan Allah itu satu dari yang tiga” | kafir itu juga krn menyekutukan Allah . Menyembah Allah juga menyembah yg lain
  • Gamblang sekali definisi kafir … Kafir juga krn menolak beriman kpd nabi muhammad saw dan apabyg dibawanya
  • Trus krn ada perintah2 sosial dalam alquran dan dijadikan bukti iman, maka dijadikan ngeles “kafir itu krn sosial atau tdk”
  • “Tdk beriman org yg tidur sementara tetangganya lapar” | ulama menjelaskan maksudnya tdk sempurna imannya.
  • tdk krn ada hadits seperti itu kemudian ngeles memberi definisi bahwa kafir gak kafir itu soal peduli gak peduli sama tetangga.
  • Dosa besar tdk menyebabkan seseorang jatuh pada kekafiran. Kecuali dosa besar itu adalah syirik: menyekutukan Allah
  • Org yg menolak berhukum dg hukum Allah juga kafir. Krn menolak sebagian isi alquran.
  • Kemudian ajukan lagi surat al ma’uun sebagai definisi bahwa yg kafir adalah yg menghardik anak yatim, dst …
  • Surat ini memang menceritakan org kafir dan munafiq , tdk sedang menceritakan org beriman.
  • Jangan karena ada ayat alquran mengecam tindakan tdk dermawan maka ini dijadikan definisi kafir, kemudian menggugurkan ayat lain yg jelas
  • Yang menolak satu saja bagian dari alquran maka jatuh dalam kekafiran, apalagi org yg bukan muslim yg menolak seluruhnya
  • kalo kafir itu ttg dermawan atau tdk, lantas surat alkaafiruun mau dibuang? Ayat yg mengkafirkan org yg blg tuhan py anak, mau dibuang?
  • Islam mengecam muslim yg tdk py jiwa sosial … Tp hal2 sperti ini tdk menjadikan seseorang jatuh dlm kekafiran.
  • Jangan tertipu dg logika2 ngeles spt ini … Dicari pengecualian utk mengaburkan yg jelas.
  • Semaugw-isme itu ketika alquran haramkan zina trus dia halalkan
  • Semau gw isme itu ketika nabi mencontohkan koreksi keyakinan org kafir eh kita bilang jangan koreksi
  • Semau gw isme itu ketika alquran bilang menuhankan selain Allah itu kafir, eh dia bilang gak kafir
  • Semau gw isme itu ketika alquran kafir masuk neraka , eh dia bilang semua masuk surga
  • Ketika alquran memerintahkan kia mengajak org kafir utk beriman trus dia bilang jangan ngajak krn itu menebar benci. Ini semaugw isme
  • Trus “mengajak org lain tdk mnjalankan perintah alquran mengajak org kafir utk beriman” disebut sdg “menasehati saudaranya”. Ini semaugwisme
  • semau gw isme itu ketika alquran memerintahkan sesuatu kemudian malah menghalanginya atas nama “jangan menebar benci”
  • Dan ketika seseorang mengajak utk menolak alquran yg memerintahkan da’wah, pak kyai malah menyebut org ini sdg menasehati saudaranya
  • Menasehati saudara itu ajakan utk mengikuti alquran bukan utk menentang alquran
  • Kalo ajakan utk menentang alquran namanya ajakan pembangkangan bukan menasehati
  • Yang sedang mengajak kembali mengikuti alquran adalah justru yg sedang menasehati … Meskipun pak kyai ndak setuju
  • So , jangan semau gw isme , Islam itu semau Allah aja .
  • “Aku memahaminya sdg menasehati saudaranya” | wong , sdg ngajak kepada menolak alquran kok disebut menasehati .
  • Nabi mengajak org2 kafir utk beriman , kita disuruh utk berhenti mencontoh nabi | ajakan tdk mencontoh nabi disebut “menasehati saudara”
  • “Jangan ngurusin keyakinan kafir krn itu menebar kebencian” | ini semau gw isme … Padahal rasulullah hidupnya ngurusin keyakinan org kafir
  • Rasulullah ngajak musyrik quraisy utk beriman, rasulullah juga berkirim surat kpd heraklius … Org2 kafir ini diurusin sama rasulullah
  • Karena sy muslim maka contoh sy ya rasulullah , bukan kata2 nya JIL . krn sy muslim ya semau Allah aja, gak semua gw isme ala JIL
  • Krn sy manusia , hamba Allah , jd ya terserah Allah aja. Allah bilang kafir masuk neraka, ya sy nurut sj. Gak mau berasa tuhan ala org2 JIL
  • Kalo JIL hidup saat rasulullah kirim surat ke heraklius mengajak heraklius utk beriman, maka rasulullah akan dituduh “menebar kebencian”
  • Kalo meminta sy menerima ide2 gerombolan JIL disebut tindakan “menasehati saudara” , ancur bener dah duniatwitter.com/UIDsKGQgOF
  • Kalo meminta sy utk menerima ide2 JIL semacam ini disebut “menasehati saudara” , maka sdh jungkir baliktwitter.com/UIDsKGQgOF
  • Jl mengajak pada gagasan ini disebut “menasehati saudara” , maka tanda sdh tdk tau beda baik buruktwitter.com/UIDsKGQgOF
  • Gerombolan JIL ngakunya kontekstual , tp bc twit sy terlalu tekstual. Susah bicara dg logika tekstual model JIL
  • Harusnya JIL menggunakan hermeneutika dalam membaca twit2 sy … JIL terlalu tekstual.
  • JIL ini generasi tekstual , terlalu sederhana dalam membaca twit2 sy. Coba gunakan hermeneutika, nanti faham apa yg sy maksud
  • Gak nyaman dg JIL yg terlalu tekstual , literal
  • Perenungan ttg apa sebaiknya org kafir bunuh diri sangat kontekstual, jd jgn difahami bhw sy menyuruh org kafir bunuh diri. Literal sekali
  • JIL harus menafsirkan lebih luas apa yg dimaksud “bunuh diri” … Jangan tekstual dalam membaca twit2 sy .
  • JIL harus menafsirkan lebih luas apa yg dimaksud “bunuh diri” … Jangan tekstual dalam membaca twit2 sy .
  • Apa yg dimaksud “bunuh diri” ? Apa konteksnya? Apakah bunuh diri hanya memiliki penafsiran tunggal?
  • Harusnya digali lebih dalam apa kemungkinan tafsir dr “bunuh diri” , apa konteksnya … Gunakan hermeneutika, jgn tekstual
  • Lucu liat JIL tekstual membaca twit sy , padahal selama2 ini mengagung2kan “kontekstual” “hermeneutika”
  • Coba renungkan jk ada org kafir, hidupnya di dunia susah, tp sdh bertekad utk tetap kafir sampe mati, apa yg sebaiknya yg kafir ini lakukan?
  • Ide meyakini keyakinan lain itu “kafir” adalah benci , sangat dipengaruhi oleh catatan kelam sejarah eropa bersama gereja
  • Kafir itu istilah internalnya Islam … Kristen gak mengenal istilah ini. Kristen pakeknya “heresy”
  • Kriminalisasi dan eksekusi thdp kaum heresy oleh pihak gereja inilah yg bikin serem kata “heresy” arau kafir
  • “kafir maka boleh dibunuh” adalah catatan kelam eropa bersama gereja
  • Sy memilih tdk makan babi , juga krn mencontoh yesus yg tdk makan babi . alkitab mengharamkan makan babi.

Lucunya Jargon ‘Kerja..Kerja..Kerja’ Dari Rezim Pemalas

  • Jokowi Menolak Harga BBM Naiknews.viva.co.id/news/read/2996…
  • #SakitnyaTuhDisinitwitter.com/ibCsl3X8uy
  • Harga Minyak Semakin Jatuh ke Tingkat Terendah | dan kita malah naik 🙈inilah.com/read/detail/21…
  • Jokowi sibuk membantah janji-janji nya sendiri … | kabinet ramping, tdk transaksional, BBM tdk naiktwitter.com/32CMS1CHWu
  • Subsidi BBM itu ilusicom/index.php/edit…
  • Dan anehnya , kalo dah bicara jokowi mendadak org jd irasional. Bikin sejuta alasan dukung naik BBMtwitter.com/32CMS1CHWu
  • Sudah sy perkirakan , jokowi akan sibuk membantah janji-janjinya sendiri.
  • Gak ada yg mendesak, harga minyak turun kok. Gak bisa juga uang kenaikan digunakan itk kartu sakti nya. Belum ada landasan hukum
  • Warga miskin yg paling menderita krn efek domino dari kenaikan harga BBM …
  • Presiden yg malas cari solusitwitter.com/FoMLpnpvLY
  • Harapan baru … Untuk shell dan petronas.#SalamGigitJari twitter.com/WTBYOwNTOB
  • #Salam2Ributwitter.com/nZ9KrvqRDC
  • #SalamGigitJarisiapa suruh pilih jokowi … twitter.com/YNrAOvS4oS
  • Kalo naik 3000 , org miskin tambah 11.5 jt org. Krn “cuma” naik 2000, org miskin tambah 8 jt. Sesuatu yah .
  • BBM naik , APBN hemat 100 triliun | logikamu nduk, ini cuma mindahin dr pemerintah yg bayar jd rakyat yg bayar.
  • Alhamdulillah yah , rakyat miskin cuma bertambah 8 juta dg dampak kebaikan BBM , kalo naiknya 3000 nambahmua 11.5 jt.
  • Alhamdulillah, Indonesia ketambahan 8 jt rakyat miskin akibat kenaikan BBM.#IndonesiaHebat
  • PDIP aksi tolak kenaikan BBM … Kereen | eh , berita lama ding . Maaptwitter.com/d1HUYPUN6n
  • Dan akhirnya , SPBU shell ramai … Sip. Pertamina siap2 gulung tikartwitter.com/niTj59Zmds
  • PDIP keluarkan buku putih menolak kenaikan BBM | maap , ini berita lama.twitter.com/kWEqlDLsaL
  • Pesta rakyattwitter.com/VdYMrXvx9a
  • Semalam pesta rakyat merata di seluruh Indonesia, merayakan cerdasnya presiden.twitter.com/DV31AHF6uq
  • Pesta rakyat dimana2twitter.com/5mE4OSah3B
  • Di makassar, pesta rakyatnya sambil pake api unggun segalatwitter.com/7m99pXU7EV
  • Jokowi memang membuktikan dirinya jd harapan baru … Bg shell dan petronas. Pertama kalinya rame.twitter.com/Pd3Fx9E0LM
  • Presiden pertama Indonesia yg menaikkan harga bbm saat harga minyak turun ke titik terendah. Sadis
  • “Kepada para mahasiswa .. Yg merindukan kejayaan … Kepada rakyat yg kebingungan .. ” … Jd inget nyanyi lagu ini di depan istana
  • Harga BBM Indonesia dibandinkan dg negara lain, yg dibandingkannya pun beda barang, mereka gak mmbandingkan tingkat pendapatan dan daya beli
  • Harusnya berprestasi dulu , pikirkan konversi energi, tranpostasi publik, keamanan energi … Jgn fokus anggaran muluk.
  • Kalo transportasi publik dah memadai, program konversi energi sudah jalan artinya keamanan energi tercapai baru deh ngomongin naik BBM
  • Kenapa rakyat negara2 lain tdk terpengaruh dg naik turun harga BBM? Krn negara menjamin keamanan energi
  • Karena naik turunnya harga BBM tdk terlalu ngaruh bagi kehidupan rakyat di negara lain , soal transportasi dan harga kebutuhan pokok
  • Di Indonesia , kenaikan BBM sgt sensitif thdp yg lain. Harga angkutan, harga kebutuhan, harha produksi , daya beli, bs makan atau tdk
  • Apa kenaikan BBM 2000 rupiah berarti kenaikan biaya hidup sebanyak 2000 x kebutuhan liter bensin per bulan? Ndak kan?
  • Tp juga kenaikan ongkos angkutan per bulan, kenaikan makan per bulan, kenaikan listrik per bulan, dll … Dikali jumlah anggota keluarga
  • Negara memang selayaknya mensubsidi rakyat, bukan kebalik negara yg menuntut disubsidi rakyat
  • Kalo fokusnya anggaran dan tdk fokus pada perbaikan kebijakan ttg energi, maka naik bbm berikutnya cuma nunggu waktu lagi.
  • Tunaikan dulu kewajiban, baru minta hak. Ini pemerintah malas dan zhalim
  • Pemerintah merasa rugi mensubisidi rakyat, dan merasa beruntung ketika disubsidi rakyat. Rezim pemalas mikir
  • Nambah satu org miskin saja sdh satu kezaliman , bagaimana dg 8 jt org miskin baru sbg dampak kenaikan BBM?#sadis
  • Ada 8 jt org miskin yg sensitif dg kenaikan biaya hidup di level ratus ribu rupiah. pikirin pusingnya mrk
  • Karena 1 org presiden malas mikir, harus ada jutaan org yg pusing. Berpikir utk bertahan hidup
  • Dampak langsung kenaikan BBM thdp rakyattwitter.com/vgDsv3k7JQ
  • Kenaikan ongkos Rp 4000 rupiah per hari * 25 hari = 100 ribu per bulan * 4 anggota keluarga = 400 ribu per bulan
  • Itu baru biaya transportasi , belum biaya hidup lainnya terutama makan. Sadis bener pemerintah.
  • Jangankan naik Rp 400 ribu per bulan , jutaan org yg sensitif d kenaikan 50 ribu -100 ribu per bulan.
  • 10 tahun teriak2 anti kenaikan BBM selama jd oposisi, skrg langsung balik arah meniru hal yg sama. BBM itu gurih
  • Selalu dibandingkan dg harga negara lain, waktu 10 th jd oposisi omongannya gak begini .
  • Ada partai yg mau jd pemerintah mau oposisi tetap konsisten menolak kenaikan BBM, ayo tebaaak?
  • Waktu kampanye pilpres bikin video makan merakyat , itu lg nyontohin … Kalo bbm baik rakyat hrs terbiasa susah makan
  • 1001 alasan menolak kenaikan BBM saat 10 th jd oposisi, skrg langsung lupa semua argumen itu. Lapar
  • Darah wong cilik dihisap habis , stelah suaranya dieksploitasi utk sebuah kekuasaan.
  • Selama orientasi kebijakan BBM terkait APBN, maka masalah energi kita gak akan pernah selesai.
  • PDIP dah bener posisinya jd oposisi , selalu anti kenaikan BBM. Ketika jd penguasa jd lembek begini pembelaannya thdp rakyat.
  • Pemerintah malas mikir , jd nya dilimpahkan ke rakyat mikirnya “besok bisa makan nggak?”
  • Inilah Harga BBM dan Pendapatan Negara ASEAN | paling kasihan rakyat negeri iniinilah.com/read/detail/21…
  • Inilah Harga BBM dan Pendapatan Negara ASEAN | kalo gak suka BBM naik, tinggal aja di brunei *terjasmepinilah.com/read/detail/21…
  • Inilah Harga BBM dan Pendapatan Negara ASEAN –com – Telinga, Mata, dan Hati Rakyat m.inilah.com/read/detail/21…
  • kalo gak suka bbm naik, tinggal aja di brunei | lho, knp gak dibalik? Suka bbm mahal, ke singapur aja gihinilah.com/read/detail/21…
  • Pemimpin dg mental penjajah, rakyat disuruh bekerja dan berpikir .#tanamPaksa
  • Solusi pemalas … Rakyat disuruh menanggung derita atas kemalasan dan kebodohan pemimpin
  • Rakyat disuruh keluar zona nyaman, biar pemimpin malas aja yg nyaman
  • Rakyat disuruh keluar dari zona nyaman ke zona lapar … Sementara pemimpinnya menikmati mewahnya pesawat kepresidenan
  • Buruh , supir angkot tukang becak , tukang bakso … ayo kerja kerja … Jangan malas. Biar presidennya aja yg malas
  • Mikir atuh lah … Konversi energi , transportasi publik , kemandirian pangan … jangan malas .
  • kalo malas mikir , malas kerja … Ya ndak usah nyapres. Kasihan rakyat jd korban kezaliman
  • Nanti kan duitnya bisa buat ini dan itu | yak lu mikir lah cr duit yg lain, jangan suruh rakyat yg mikir buat ini dan itu
  • pemimpin kok mentalnya cari yg mudahnya aja , tdk mikir apa yg ditanggung oleh rakyat.
  • Penjajah kulit putih hilang , ganti penjajah berkulit coklat.#TanamPaksa berulang . Kerja kerja kerja
  • Ayo buruh , angkutan umum , serukan mogok nasional , jangan kasih zona nyaman ke presiden pemalas ini
  • Rakyat disuruh keluar dr zona nyaman ke zona lapar, susah makan dan mati
  • Rakyat harus susah demi zona nyamannya presiden pemalas
  • Ketambahan 8-11 juta rakyat miskin , dan pemimpinnya bahagia? Sadis . Zhalim
  • Jebol APBN kok solusinya ditimpakan ke rakyat , jangan malas .
  • Rakyat harus melawan pemimpin malas …
  • Bang@fadlizon @Fahrihamzah , segera DPR gunakan hak interpelasi, hak angket BBM. turunkan #presidenMalas
  • Rakyat lapar , terkapar … kerja kerja kerja .#TanamPaksa
  • penumpang : bang, ongkosnya kok naiknya mahal banget | supir: gw cuma naikin 1000 lu marah, jokowi naikin 2000 lu diem aje