Bencana Pemikiran

  • Pekerjaan berat … mengajak manusia berpikir
  • Riuhnya basa basi , citra dan kepalsuan
  • Selamat merayakan derasnya kemunduran .,, matinya logika .. Senyapnya pembelaan … Redupnya kesadaran
  • Selamat merayakan duka .,.
  • Tp memang sedemikian rupa sehingga memaksa terucap “bilakah pertolongan Allah datang?” twitter.com/HuQfq7X7oB
  • tapi memang harus begini … com/pakdatapic.twitter.com/HuQfq7X7oB
  • Bocah SD Perkosa Anak TK Usai Nonton Film | baru memancing sedih jk si anak TK meninggal jadi korban longsor detik.com/news/read/2013…
  • Genam: 18.000 orang tewas setiap tahun akibat miras | baru dianggap bencana jk disebabkan longsor atau pesawat jatuh antaranews.com/berita/393413/…
  • 5 jt aborsi tdk kita ratapi … Berbeda dg jk 2.5 jt org mati terkena longsor atau kecelakaan pesawat
  • 2,3 Juta Kasus Aborsi Per Tahun, 30 Persen oleh Remaja | banyak yg tdk menganggap ini sebuah bencana kompas.com/read/2009/02/1…
  • duka sedalam dalamnya duka , duka yg banyak org justru merayakannya
  • Jangan pernah hilang kesadaran, karena kita perlukan kesadaran ini utk jd alasan saat menghadapNya twitter.com/SNe229yq0G
  • Jangan lelah menjadi setitik terang yg dikepung pekatnya gelap
  • Jangan patah menjadi segelintir …
  • Kita cuma segelintir kesadaran akan 2×2=4 , melawan derasnya propaganda 2×2=5 twitter.com/X8Yix80AV9
  • Kita cuma segelintir teriakan yg tenggelam dalam sorak sorai suka cita merayakan jatuhnya kemanusiaan
  • Tp harapan tak boleh mati … Hingga kematian sendiri yg mencabut harapan itu
  • Kita hanya segelintir kesadaran yg mencoba mengganjal deras mundurnya kemanusiaan
  • Peradaban yg sedang terjun bebas … kita hanya segelintir kesadaran . Debu
  • Dan hari ini menyatakan bahwa yang salah itu salah adalah tindakan menebar kebencian . Maka tinggal tunggu anak TK perkosa anak TK
  • Tak lebih dari seonggok daging yang ditaruh didepan TV …
  • Duka sedalam dalamnya duka … Duka atas bencana pemikiran
  • Kita Makin tdk mengerti apa yg sejatinya perlu kita ratapi dan apa yg tdk …
  • Media membentuk apa yg kita pikir dan apa yg kita rasa , apa yg kita perlu sedih dan apa yang tdk
  • Hari ini , Kita berduka jk metro tv berduka, kita gembira jk metro tv gembira …
  • 5 Bocah SD Perkosa Anak TK | bencana pemikiran yg tak terbendung joglosemar.co/berita/5-bocah…
  • jpnn.com: Bocah Kelas 3 SD Perkosa Anak TK | kasusnya sdh banyak dan tak terbendung … Tanpa duka m.jpnn.com/news.php?id=23…
  • Tdk ada bencana yg merenggut jiwa lebih banyak ketimbang bencana menganggap “benar jd salah, salah jd benar”
  • Bocah SD Perkosa Anak TK Usai Nonton Film | bencana kemanusiaan yg tak terbendung dan tak kita sedihkan detik.com/news/read/2013…
  • 40 Orang Pemakai Narkoba Mati Sia-sia Setiap Hari | bencana pemikiran lebih tragis dari bencana alam kompasiana.com/post/read/6372…
  • 2,3 Juta Kasus Aborsi Per Tahun, 30 Persen oleh Remaja | bencana “benar jd salah, salah jd benar” lebih tragis kompas.com/read/2009/02/1…
  • Genam: 18.000 orang tewas akibat miras | bencana akal sehat merenggut nyawa lebih banyak antaranews.com/berita/393413/…
  • Genam: 18.000 orang tewas akibat miras | kemudian bencana pemikiran membuat org mendukung miras. antaranews.com/berita/393413/…
  • Tiap hari seharusnya kita berduka atas bencana yg lebih besar ini …
  • Sehingga manusia hanya tersisa seonggok daging … Tanpa akal … Tanpa jiwa …
  • Bencana apa yg lebih besar dari terenggutnya kesadaran berpikir?
  • bencana apa yg lebih besar dr menganggap salah menjadi benar dan benar menjadi salah? be/EHAuGA7gqFU
  • Bencana pemikiran melahirkan korban jiwa lebih banyak ketimbang bencana2 lainnya . Ini sdg zamannya twitter.com/X8Yix80AV9
  • Bencana “bingung” yg dialami umat manusia lebih tragis, benar dianggap salah dan salah dianggap benar
  • Bencana pemikiran yg menimpa negeri ini lebih tragis … Hilangnya jati diri bangsa
  • Karena bencana alam atau kecelakaan merenggut nyawa yg terhitung jumlahnya, tp rusaknya pemikiran merusak kemanusiaan itu sendiri
  • Meski sebenarnya duka atas bencana mundurnya pola pikir lebih berat ketimbang bencana alam atau kecelakaan …

Perbedaan Doktrin Iman Vs Akal Antara Kristen Dan Islam

  • Khas sekali doktrin kristen iman vs akal , iman menggusur akal. Akhirnya barat bikin perlawanan, akal menggusur iman
  • Islam beda lagi: akal adalah alat utk beriman.
  • Kristen: iman menihilkan akal . Barat: akal menihilkan iman. islam: akal alat utk beriman.
  • Kristen: agama menggusur sains. Barat: sains menggusur agama. islam: sign dalam agama mendorong sains, sains mendorong pemaknaan agama
  • Kristen: iman lawan akal, utk beriman jangan gunakan akal. Barat: akal lawannya iman, utk berakal jangan gunakan agama
  • Islam: jalan tercepat utk beriman dengan menggunakan akal.
  • Kristen : agama memusuhi sains. Barat: sains memusuhi agama. islam: sains bagian dari perintah agama .
  • Ini perbedaan worldview kristen, barat dan Islam dalam memandang iman, akal, agama dan sains .
  • Jangan memusuhi akal, karena akal jalan tercepat utk beriman. Semakin menggunakan akal, maka semakin beriman. #Islam
  • Kristen: semakin mjauhi akal, semakin beriman. Barat: semakin menjauhi iman, semakin berakal. Islam: semakin berakal, semakin beriman
  • Kristen: sains dihukum krn bertentangan dg agama. Barat: agama dihukum krn bertentangan dg sains. Islam: sains dan agama itu selaras
  • Peradaban barat yg sekuleris ateistik krn akal dimusuhi oleh gereja .
  • Barat mengalami stagnansi pengetahuan saat agama memimpin . Barat alami kemajuan sains setelah agama mrk pinggirkan
  • Islam mengalami kemajuan sains dimulai dr pengokohan agama kemudian stabilitas politik, kemudian kemajuan sains
  • Utk mencapai Kemajuan sains , Muslim harus menapaki cara yg ditempuh peradaban Islam dulu dalam memimpin dunia
  • Peradaban barat yg ateistik saat ini mengalami kemajuan ilmu setelah perjuangan keras menyingkirkan agama . Berdarah2 . #revolusi
  • Kristen: Iman vs akal, Barat: akal vs iman , Islam: akal -> iman
  • Kenapa peradaban Islam mundur? Karena ikut2an sekuleristik sperti barat, meminggirkan agama, dan sainsnya juga belum sempat digarap
  • Kenapa belum sempat menggarap sains? Masih disibukkan dg problem2 baik yg ditimbulkan eksternal maupun internal

Maha Dahsyatnya Allah Menciptakan ‘Sistim’ Dalam Tubuh Manusia

  • Kemarin ikut mendampingi istri ikut pelatihan “gentle birth” di bandung. Meskipun ini sdh anak ke 4, tetep belajar lagi.
  • Di training itu dijelaskan posisi janin yg dilingkupi ketuban yang berada di dalam plasenta. semua terjadi otomatis.
  • Salah tanda mau melahirkan munculnya flek. Flek ini sebenarnya adalah lendir yg berada di servix yg menghalangi bakteri mengakses rahim.
  • Semuanya terjadi otomatis … Otomatisasi yg amat rumit . Semua terjadi dengan sendirinya? Tanpa ada yg memprogramnya?
  • Yg ajaib lagi … Kenapa ketika janin mau lahir , muncul rasa mules spt org mau pup, padahal saluran melahirkan berbeda dg saluran pup?
  • Karena bayi yg mau lahir itu menekan syaraf yg jd sensor org mau pup, shg muncullah rasa utk mendorong. Semua tjd otomatis .
  • Bagaimana mungkin semua otomatiaasi yg serumit ini terjadi dengan sendirinya?
  • Otomatisasi penciptaan manusia di dalam rahim jauh lebih rumit dari otomatisasi sebuah pabrik.
  • Kalo suka nonton seri “megafactories” , pasti gak ada yg akan komen bahwa otomatisasi itu terjadi dengan sendirinya
  • Bagi yg akrab dg dunia programming akan mudah memahami ini … setiap otomatisasi ada script2 program di belakangnya.
  • Iphone yg sy gunakan ini juga penuh script program di belakangnya. Sehingga kalo sy pencet sebuah huruf di keyboard maka muncul di layar
  • Kalo ente programmer faham deh rumitnya otomatisasi , kalo di elektro belajar contoh otomatisasi di sistem kontrol
  • Bagaimana bs ada org yg berpikir bahwa otomatisasi terjadi dengan sendirinya
  • Di google ada fasilitas ICR, handwriting recognition. Tulisan tangan kita dilayar langsung terbaca dan masuk dalam kolom search .
  • Ini scriptnya gak sederhana , mustahil otomatisasi dalam ICR terjadi dg sendirinya. Pasti ada program yg rumit di belakangnya
  • Sering liat ada kemacetan di salah satu sisi perempatan lampu merah tp di sisi lain tdk macet? Kenapa? Krn programnya gak canggih
  • Kebanyakan lampu merah diprogram tdk adaptif, giliran nyalanya lampu hijau ditentukan oleh waktu dan tdk adaptif thdp tingkat kepadatan
  • Kenapa gak bs adaptif? Krn otomatisasi lampu merah skrg masih berdasarkan waktu belum diprogram utk adaptif thdp kepadatan kendaraan
  • Utk bikin otomatisasi yg lebih cerdas lagi perlu bikin program lagi, perlu dipasang sensor debit kendaraan.
  • Ktk ada Otomatisasi pasti ada yg membuat program yg membuatnya menjadi otomatis .
  • Sy udah pernah cerita bagaimana rumitnya bikin program utk mengenali tulisan tangan . Tulisan tangan “A” harus bs dibaca “A” oleh computer
  • Ada yg pake metode AI (artificial intelligence) dg memasukkan ribuan sampe tulisan tangan utk mengajari komputer sebuah huruf
  • Bandingkan dg mata dan otak kita, mudah sekali mengenali tulisan tangan dan gak perlu database dr ribuan tulisan tangan.
  • Cukup sekali diajari , anak sy yg masih kecil sdh bs mendeteksi huruf “A” dr berbagai macam tulisan tangan.
  • Pusing memikirkan bagaimana cara otak ini bekerja.
  • Kalo tau cara otak ini diprogram utk beerja mngenali tulisan tangan yg ditangkap oleh mata, maka mudah bikin software pembaca tulisan tangan
  • Penasaran , dengan cara otak manusia mengenali tuliaan tangan. huruf “A” didefinisian sbg apa di otak manusia
  • “A” adalah sebuah huruf yg terdiri dari 3 ruas garis berpotongan di tiga titik. Garis 1 dan 2 berpotong di ujung, garis 1 dan 3 di tengah ..
  • Dan harus dibahasakan dalam persamaan matematik 🙈
  • dalam tulisan tangan , ada huruf yg ditulis dg jelek. Ada noise. Mata manusia mudah mengenali, tp bagaimana mengajari komputer tau?
  • mrenungi cara kerja otak manusia mengenali tulisan tangan aja dah pusing , belum lagi soal mengenali image , mengenali video, mengenal jarak
  • Apa perbedaan persamaan matematika uk shg terdefinisi perbedaan huruf “A” dan “H” , “B” dan “D”
  • Bagaimana informasi disimpan dan dipanggil dalam otak manusia . Pusing deh mikirin semua otomatisasi yg terjadi dlm diri manusia
  • Bagaimana mengenali joki dalam ujian? Biasanya dengan mendeteksi tanda tangannya , palsu atau tidak
  • Mudah bagi otak manusia menentukan tanda tangan palsu atau tdk , dari image tanda tangan yg ditangkap oleh mata
  • Bagaimana jk mau dideteksi secara otomatis pakai komputer? Bagaimana mengjarai komputer utk membandingkan tanda tangan? Ini juga ga mudah
  • mata kita mudah sekali mengenali bentuk, liat mobil bs mengenali itu mobil. Liat muka banyak org bs mengenali
  • Bagaimana mengajari komputer utk mengenali bentuk. Ketika sebuah benda discan , maka si komputer mampu mengenali benda apa itu
  • ada aplikasi lucu2an di iphone utk mengkomparasi wajah dg wajah artis , banyak ngawurnya. sulit programnya
  • Kalo akrab dg dunia programming , akan tau persis rumitnya otomatisasi
  • Ini baru ngomongin rumitnya cara kerja mata dalam mengenali bentuk. Belum ngomongin mata dari sisi yg lain , misal mengenal jarak
  • Gabungan image yg ditangkap mata kiri dan image yg ditangkap pleh mata kanan membentuk informasi jarak. Gambar jd gak flat. 3D
  • Kalo mikirin cara kerja mata , dibandingkan dg pekerjaan membuat software pengenal tanda tangan, kita akan nyerah “mata canggih bener” ..
  • “Mata canggih bener dan pasti ada yg buat, masak secanggih ini bisa tercipta dg sendirinya”
  • Dan kecepatan sensor mata dan processing otak luar biasa , gak ada delay. Apa yg terekam oleh mata , langsung terdefinisi di otak
  • coba kalo processingnya lemot, ketika melihat lampu merah yg menyala, dan terdefinisi oleh otak di 5 detik kemudian.
  • Baru ngomong deteksi , baru ngomog kecepatan processing nya dah bikin sy nyerah “ampun ya Allah, engkau Maha Pintar”
  • Trus dalam mata ada bagian yg mendeteksi cahaya … Ini sperti kamera yg mengatur cahaya. Duh makin rumit lagi 🙈
  • Kebetulan sy akrab di dunia image processing. Anda tau scanner, itu kalo lagi menscann kertas bs bengkok2 hasil gambarnya
  • Bengkoknya hasil gambar bs mengganggu komputer dalam mengenali hasil gambar. Mata manusia gak begitu
  • stress bener programmer yg coba bikin program pengenal tulisan tangan yg bs mendeteksi tulisan tangan sperti mata manusia
  • Itu baru soal membaca belum lagi soal mengenali 🙈
  • tulisan tangan “sy mau makan” mungkin bs dikenali pleh komputer, tp apa komputer mengerti maknanya? 🙈
  • Tulisan “hei kamu komputer, kamu kafir” . Komputer mungkin bs mengenali tulisan ini, tp komputer tau maknanya sehingga bs tersinggung? 🙈
  • Itu baru ngomongin mata , belum ngomongin otomatisasi di anggota tubuh yg lain. “Ampun ya Allah, engkau Maha Esa, Maha Kuasa, Maha Sempurna”
  • Di bumi terdapat jejak2 utk mendeteksi adanya Allah dan juga ada pada dirimu sendiri twitter.com/kyOuIxuA4J
  • Dulu manusia perlu “tongkat belah laut” , “manusia hidup lagi” , “buta bs sembuh” utk tau Allah Maha Kuasa twitter.com/aiyvatdhxR
  • Manusia skrg gak perlu lagi mu’jizat seperti itu, krn manusia skrg bs mengakses mu’jizat itu sendiri twitter.com/nXkdE0qfKi
  • Ada yg pernah denger kasus transplantasi mata?
  • 15 Fakta Tentang Mata Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui | baru googling bagikisah.com/15_fakta_tenta…
  • transplantasi mata masih cukup rumit , krn syaraf yg harus disambung buaaaanyak banget
  • Kerja mata menghabiskan setengah otak. Wajar , krn processnya memang berat. Image processing .
  • Lalu , gimana script program (taqdir) utk membuat mata? 🙈| ampun ya Allah … Ampun … Ampun 😭
  • jutaan sel di mata, bagaimana mereka dg cerdas menempati posisinya masing2 utk membentuk organ mata yg rumit ini
  • Ampun ya Allah … Ampun …
  • Bahkan sampai seseorang bs mengeluarkan twit “Allah tdk ada” , butuh proses yg rumit di tubuh .
  • Ini baru ngomong mata , itu pun baru sebagian kecil dari mata. belum ngomogin bagian tubuh lain. Belum ngomongin galaksi , dark matter dll
  • Yup, heran kalo ada dokter mata yg kafir
  • Tiap hari mengakses keajaiban tp bs kafir . Heran
  • Ada yg merespon twit ajaibnya mata dg tunduk kpd Allah, ada yg angkuh . tanda2 itu hanya bagi mereka yg berpikir. twitter.com/AcTOPXG7Wr
  • Nonton BBC knowledge skrg, lg bahas respon bbrp makhluk hidup ketika melihat cermin
  • Manusia , lumba2 , gajah , simpanse bs mengenali gambar di cermin sbg refleksi diri. Anjing , monyet dll gak bs
  • Baru pada usia 2 tahun , manusia mengenal refleksi diri dicermin. Apa yg terjadi di otak?
  • Islam itu asyik banget … Nyaman buat akal
  • Pengetahuan kita ttg seseorang akan membuat respon kita berbeda. Begitupun pengetahuan kita ttg Allah
  • Semakin mengenal bagaimana Maha Kuasa dan Maha Pintar nya Allah , semakin tunduklah kita.
  • Sehingga sains dlm Islam adalah perintah . Mendalami jejak penciptaan utk mengenal ke Maha an sang pencipta twitter.com/a1PyXK79eL
  • Anda gak perlu menanggapkan akal utk tunduk pada tuhan, Islam adalah agama yg berbeda.
  • Ini yg bikin Islam asyik , menjawab esensi2 dalam hidup
  • Ketika dalam agama lain akal diversuskan dg iman, maka di Islam gak begitu. Akal justru tool utk beriman
  • Jk mengerti ke Maha Kuasa an dan Maha berilmu nya Allah, maka kita tdk akan sombong merasa lebih tau dr Allah, apa yg lebih baik utk kita
  • Karena jk sdh mengerti Allah Maha Ilmu, maka kita akan tunduk terhadap aturan2 Sdh Allah tetapkan

Agamamu Agamaku & Keinginan Yesus Di Momen Natal

  • Apa benar umat kristen butuh muslim ikut ke gereja merayakan natal, utk ikut berkupluk santa, butuh juga diberi ucapan selamat?
  • Kalo sy lagi idul fitri kok sy sama sekali gak butuh ya umat agama lain ikutan merayakan, atau ikut dtg ke masjid, atau bahkan skedar ucapan
  • Ketika sy merayakan idul fitri , umat lain jangan merasa bersalah ketika tdk ikut merayakan. Ini gak ada hubungannya dg toleransi
  • Bagimu agamamu , bagiku agamaku. Bagimu natalmu , bagiku idulfitriku . Bagimu topi santamu, bukan bagiku.
  • Bagimu agamamu, bagiku agamaku. Bagimu natalmu, bagiku idulfitriku. Bagimu gerejamu, bagiku masjidku. Jangan campur aduk
  • Bagimu topi santamu , bukan bagiku. Bagimu natalmu, bukan bagiku.
    Bagimu gerejamu, bukan bagiku.
    Saling hormati, jgn campur aduk
  • ada yg gak bs terima konsep bagimu hari rayamu , bagiku hari rayaku? so, harus campur aduk?
  • Islam menolak campur aduk agama , tp sekaligus guru toleransi bagi dunia
  • Mohon maaf ya … Mohon dimengerti , islam itu agama yg menolak campur aduk. Agama yg punya prinsip.
  • Bagimu topimu , bagiku topiku
  • Aku tdk menyembah apa yg kamu sembah, kamu tdk menyembah apa yg aku sembah. Aku tdk merayakan hari rayamu, kamu tdk rayakan hari rayaku
  • Bagimu dewa janusmu, bagiku hijrah nabiku. Bagimu desembermu, bagiku ramadhanku.
  • Ini makna bagimu agamamu, bagiku agamaku. Jangan campur aduk. Bukan jangan da’wah .
  • Org suka salah pake dalil “bagimu agamamu, bagiku agamaku”
  • “Mas, jgn da’wah, jgn ngajak non muslim masuk Islam, “bagimu agamamu, bagiku agamaku” | ngawur 🙈
  • “Mas, yg muslim gak usah rayakan natal, bagimu agamamu bagiku agamaku” | ini baru bener 👍
  • “Bagimu agamamu, bagiku agamaku” itu jangan campur aduk agama, bukan jangan da’wah.
  • Bagimu istrimu , bagiku istriku … Jangan campur aduk
  • Dalam momentum natal berharap semoga kita benar2 bisa mencintai yesus seperti yang yesus inginkan: utusan tuhan
  • Cinta yang tak skedar kata , cinta yang dibuktikan dg perbuatan. Mengikuti kata2 yesus dg sungguh2 .
  • Yesus salah satu manusia pilihan, satu di antara para utusan Tuhan.
  • Natal adalah momentum meyakini yesus sesuai dg yesus yg mau: bahwa tiada tuhan selain Allah dan Yesus adalah utusan Allah
  • Meski tak ada hubungan dg kelahiran nabi yesus alaihis salam , tp konsensus natal bs dijadikan momentum perenungan merengkuh hidayah
  • Natal momentum mengenal yesus yang sejati, seorang utusan dr Tuhan yang mengutusnya. twitter.com/Pqgpo8BGZ5
  • “Aku bukanlah Tuhan yg mengutus, Aku cuma seorang utusan, dan hanya utk kaum israel saja” twitter.com/Pqgpo8BGZ5
  • Sebagai seorang utusan nabi Yesus as tdk punya kehendak, kecuali kehendak yg mengutusnya twitter.com/93axwJjaFe
  • Sebagai seorang utusan , nabi Yesus As hanya menyampaikan ajaran yg dipesankan pengutus kepadanya twitter.com/geLWffxg9q
  • sebagai seorang utusan, nabi yesus as kembali kpd yg mengutusnya twitter.com/8vAw6doRN5
  • Barang siapa yg percaya kpd sang utusan, maka sejatinya mempercayai sang pengutus. twitter.com/u2K5LydXZF
  • Sebagai seorang utusan, nabi yesus as tdk berkata2 kecuali apa yg telah dipesankan san pengutus twitter.com/lkWlaRPMYW
  • Kata yesus as , seorang utusan tdk lebih tinggi dari sang pengutus twitter.com/XUt3ikYvLQ
  • Inilah hidupnyg kekal: tiada tuhan selain Allah dan yesus as adalah utusan twitter.com/rYOM30KCKQ
  • Natal adalah momentum mengenal yesus spt yg yesus mau dia dikenal: seorang utusantwitter.com/rYOM30KCKQ
  • Inilah kalimat abadi : tiada tuhan selain Allah dan yesus adalah utusan Allah twitter.com/rYOM30KCKQ
  • Yesus ingin kita mengenalnya sebagai seorang utusan Tuhan, bukan Tuhan. twitter.com/rYOM30KCKQ
  • Yesus meminta kita meyakini Allah sebagai satu2nya Tuhan dan meyakini Yesus as sbg utusan Tuhan twitter.com/rYOM30KCKQ
  • Semua pembawa kedamaian disebut anak Allah, kiasan “@tonywibowo12: yesus bukan utusan allah’tp anak Allah twitter.com/10Yh9HHexV
  • Dlm banyak sekali ayat, yesus menjelaskan dia seorang utusan. Dan tak satupun ayat dmn yesus bilang bahwa dia tuhan twitter.com/Pqgpo8BGZ5
  • Bkn cuma yesus yg disebut anak Allah, ini kiasan. Semua pembawa kebaikan disebut anak Allah “@tonywibowo12: yesus anak Allah ,
  • Tp yesus blg begini “@tonywibowo12: yesus lahir u menyelamatkan dosa asal Adam hawa,u selamatkan smua umat Manusia, twitter.com/xnCiIwxWvT
  • Bantah tweeps 🙈 “@THlNKWL: Yg bilang sesat juga belum pernah sampai ke tempat tujuan. Dari mana dia tau kalau yang lain sesat? Bisikan tuhan
  • Yuk, Ini intinya “@tonywibowo12: ikut agama penting tahu intinya Dan melaksanakannya bkn hafal semua ayat twitter.com/znAzXPEcAi
  • banyak sekali ayat bibel ttg kesaksian yesus ttg dirinya sendiri bahwa dia adalah utusan Allah dan bukan Allah itu sendiri
  • Berikut ayat2 kesaksian yesus thdp dirinya sendiri bahwa dia hanga utusan Allah .
  • Yoh 5:23, 24, 30, 36, 36, 38. Yoh 6: 29, 38, 44, 57. Yoh 7: 16, 28, 29, 33. Yoh 17:3. Terang benderang yesus nyatakan dirinya utusan Tuhan
  • Wah, distraction nih. Balik ke “anak Allah” dan utusan Allah.
  • Di injil yohanes saja ada sekitar 15 ayat terkait kesaksian yesus sendiri thdp dirinya bahwa dia cuma seorang utusan tuhan
  • Tdk satu pun ayat bibel dimana yesus menyatakan dirinya tuhan dan menyuruh pengikutnya utk menyembahnya
  • Namun sbaliknya , puluhan ayat bibel dimana yesus sendiri menegaskan bahwa dirinya hanyalah seorang utusan tuhan.
  • Yesus menyatakan dirinya tdk punya kehendak. Beliau hanya menuruti kehendak Allah yg mengutusnya. twitter.com/85eWeU4Dth
  • Yesus tdk berkata2 dr dirinya kecuali mengatakan apa yg Allah perintahkan utk disampaikan. Begitulah seorang utusan twitter.com/TJg6M5Fyzz
  • Utusan bukanlah sang pengutus , yg tdk berkehendak bukanlah pemilik kehendak

Bersikap Fanatik Antara Konsep Pemikiran Konsisten & Inkonsisten

  • sy menangkap penyakit fanatik diidap banyk org , bahkan menganggap fanatik adalah bentuk konsistensi
  • Jangan terbiasa menabikan yang bukan nabi … Meng Allah kan yang bukan Allah.
  • dukung kabinet tdk transaksional, eh pas transaksional juga didukung penuh . 😀
  • Benar didukung , salah didukung … Buat banyak orang , yg semacam ini disebut konsistensi 😀
  • So, ketika seseorang menyalahkan org yg awalnya didukungnya , maka dituduh tdk konsisten.
  • sy anti hal buruk dari barat, maka menurut logika mereka , agar sy konsisten sy juga harus anti hal baik dari barat 😀
  • Jd fanatik dianggap semacam konsistensi
  • Menjadi tdk fanatik itu bikin enteng kepala ..
  • Buang jauh2 fanatik …. Logika menyala
  • Banyak orang lebih memilih utk fanatik, kenapa? Karena fanatik tdk memerlukan proses yg plg menghabiskan energi: berpikir
  • Melepas 1000 penjahat krn terbatasnya alat bukti, lebih baik ketimbang akhirnya salah tangkap akhirnya menghukum 1 yg tdk salah
  • Fanatik itu mudah , mengiyakan seluruh yg dtg dr yg didukung baik salah ataupun benar itu mudah, krn tak ada proses berpikir
  • menjadi tdk fanatik itu enteng … tp utk menjadi tdk fanatik itu berat.
  • yang perlu selalu iya adalah pada kebenaran , bukan pada orang …
  • Spt twit kemarin ttg fanatik …. Mendukung abis2an kang @ridwankamilsaat kampanye , tdk berarti tutup mata jlk ada yg mungkin salah
  • Dan ketika kemarin mengkritik kang @ridwankamil, tdk berarti membenci kang emil dan semua yg datang darinya. Gak ada yg personal
  • Jd mesti kemarin mengkritik kebijakan tempat sampahnya kang @ridwankamil, gak ada yg personal. jd foto bareng dg kang emil oke juga *uhuk
  • Dengan fokus pada konten , tdk personal , membuat situasi hati lebih mudah. Asal iya atau asal tdk bikin rumit
  • Asal iya sama parahnya dengan asal tidak .
  • Kesalahan konsep fanatik , jk setuju maka sahabat , jk tdk setuju maka kalo ketemu harus pukul2an.
  • Dlm pikiran fanatik: Jk kemarin sy tdk setuju kebijakan tempat sampah RK, maka sy hrs menolak ketemu RK , dan kalo ketemu hrs pukul2an
  • Itu mungkin yg menyebabkan banyak orang berpikir , memberi tau yg benar berarti menebar kebencian.
  • Mungkin pikir mrk, jk sy tdk setuju dg keyakinan agama org lain, maka sy harus menolak diajak makan bareng. Dan kalau ketemu hrs pukul2an
  • Mungkin dlm pikir mrk , ktk twit sy mengkritisi keyakinan teologi agama maka sy benci mrk , dan ktk ketemu hrs cemberut dan pukul2an
  • Dalam pikir mereka , konsisten itu berlaku hormat pada yg setuju dan pukul2an dg yg tdk kita setujui
  • “Kmrn katanya gak setuju sama seseorang, kok bs makan bareng sama org itu, harusnya pukul2an, dasar munafik” | lho
  • Sy jd faham kenapa memberi tau org lain salah dianggap menebar kebencian, krn dlm pikiran org2 fanatik, tdk setuju hrs berakhir dg perang
  • Padahal … Ketika kita bilang keyakinan org lain salah, maka kita tetap bs asik2 aja dg org tsb.
  • Dalam pikiran mrk, kalau anda kritik, maka berarti anda benci, kalau benci maka anda harus perang.
  • Misal … Sy debat keras dg om @sahaL_AS, maka dlm pikir mrk, kalo sy ketemu om sahal, sy harus pukul2an. Itu mrk sebut konsisten
  • Dalam pikir mrk, jk kita tdk setuju dg seseorang , maka kita tdk perlu berlaku sopan, dan kalo ketemua hrs pukul2an. Dan mrk sebut konsisten
  • Kalo prabowo bertarung dg jokowi di pilpres, maka dlm pikir mrk ini harus jd pukul2an abadi. Mrk sebut ini konsisten
  • Padahal kita bs damai dan berhubungan baik dg org yg sangat tdk kita setujui.
  • Jd menurut mrk , kalo kita tdk setuju dg seseorang , maka ketika bertemu org tersebut kita harus cemberut dan bawa fentung
  • Mereka terlalu membawa ini dalam ranah personal , terluka dalam. Padahal kritik, setuju atau tdk setuju itu soal biasa
  • Jd dalam pikir mereka , agar sy konsisten … Kalo sy ketemu @sahaL_AS, maka sy harus pukul dia, gak bs santai2 senyum sambil ngopi
  • Pikiran mereka bahwa jk kita tdk setuju maka benci, maka perang adalah pikiran yg berbahaya bagi toleransi
  • Ketika gak setuju sama ajaran yg diyakink muslim, janganlah berpikir anda harus perang dg muslim. Kita bs ngupi2 bareng
  • Sy punya teman debat, kalo debat dg beliau bs tinggi suaranya. Tp nyatanya beliau sahabat terbaik sy.
  • Pikiran fanatik ini bebahaya: jk anda dukung seseorang , maka anda harus setujui semua yg dtg dr org tsb. Baik dan buruknya . #1
  • Pikiran fanatik lain yg berbahaya: jk anda tdk setuju seseorang maka anda benci org tsb, biar konsisten jk anda ketemu hrs pukul2an. #2
  • Sy banyak gak sepakatnya dg mertua. Menurut mrk kalo sy gak sepakat maka sy harus pukul2an sama mertua. Ini mrk sebut konsisten
  • Gawat sekali pikiran fanatik ini, konsisten adalah jk anda setuju, maka anda harus benci dan anda harus perang .
  • Buat sy sih, jk kita tdk setuju dg seseorang, kita masih bisa berteman baik dg org tsb. Jangan dibawa personal
  • Pikiran bahwa jk tdk setuju seseorang maka kita harus benci dan perang dg org tsb adalah pikiran fanatik dan kekanak2an.
  • Dalam pikir mrk, jk kita memuji maka kita cinta mati, jk kita mengkritik maka itu benci.
  • Kritik dan Tdk setuju berarti benci dan berujung pentung adalah pikiran fanatik yg berbahaya.
  • Wajar jk Org fanatik ini kk debat berujung pada “pekok” “tolol” “dungu” . Krn buat mrk, debat adalah pertarungan kebencian krn tdk setuju
  • Jangan dibawa ke ranah personal, bersikaplah negarawan … Pro dan kontra itu soal biasa, jgn membawa pro kontra ke jd wilayah adu parang
  • Dlm pikir mrk , kalau sy tdk setuju @jokowi_do2, maka sy harus pukul2an jk bertemu beliau. Tdk boleh sopan dan menghormati.
  • Mrk pikir , jk sy Kritik kebijakan @jokowi_do2atau @ridwankamil maka sy dilarang berlaku hormat dan bersahabat dg beliau.
  • Mrk pikir , jk sy kritik kebijakan @jokowi_do2, maka sy harus tdk hormat kpd beliau. Dan menghormati buat mrk adalah selalu setuju
  • Cocok banget. jd ava ah 😅 “@chalidaratna@hafidz_aryquote ini cocok sekali u/ para pembela joko sejati 😀 ini twitter.com/Eo2zOG1an6
  • Ini contoh pikiran fanatik, jk sy tdk setuju dg seorang kristen militan maka dy harus tdk setuju dg semua kata2nya.
  • Makanya sy gak pernah bales caci maki haters , krn buat sy ini bukan masalah personal. Ini cuma soal tdk setuju, dan mrk gak dewasa
  • Jangankan sama @jokowi_do2, wong sama mertua aja sy sering beda. tp sy hormat pd beliau, beda partai gak jd sebab baku hantam
  • Nyalakan logika … Buang fanatik … Setuju dan memuji bukanlah tanda cinta, kritik dan tdk setuju bukanlah tanda benci.
  • Ada lagi definisi fitnah … Tdk setuju adalah fitnah
  • Mengerikan sekali dan sangat rawan trjadi perang jk negeri ini isinya org yg berpikir tdk setuju adalah benci dan hrs berujung perang .
  • Janji kabinet ramping , sy kritik yg ternyata tdk ramping | pitnah !!! 😀
  • Janji kabinet tdk transaksional , sy kritik krn faktanya menteri parpol banyak banget | mrk sebut fitnah 😀
  • Janji jaksa agung bukan org parpol, ketika yg diangkat org parpol ya kita kritisi | menurut mrk ini fitnah
  • kritik atas janji jaksa agung bukan org parpol dan kenyataannya org parpol , dianggap fitnah . Repot
  • Janji koalisi tanpa syarat, bahkan jaksa agung pun dr parpol. Ketika kritik ini, maka disebut tebar benci, fitnah dan hrs berujung perang
  • Repot negeri ini , jk fanatik jd sikap kolektif. “Setuju artinya harus setuju semua dan tdk setuju artinya benci”
  • Negeri ini insya Allah bs maju , jk fanatik hilang , diganti oleh berpikir sebagai sikap kolektif
  • Kecuali Kpd Allah sbg sumber kebenaran dan rasulullah sbg penyampai kebenaran yg kita selalu setuju, kpd yg lain kita harus komparasi dulu
  • Efek fanatik itu berbahaya …
  • Jd kalem mas … gak usah pusing dg apa yang didapat org lain . Peduli dg yg ada di kantong sendiri aja dan bersyukur
  • “Ktk anda tdk setuju dg org lain, Kok bs anda duduk damai dg org tsb? dasar tdk konsisten, beda di mulut beda di sikap” | lho
  • “Mulut sama tingkah lu beda” | knp? | kalo lu gak setuju, harusnya lu pukul ketka pas ketemu | lho
  • “Dasar munafik” | kenapa? | kalo lu kritik org, harusnya lu jangan sopan dg org itu ” | “kok bs?”
  • Berat bener PR kita utk melenyapkan fanatik di negeri ini … Tp memang inilah pekerjaan da’wah
  • Bahaya bener pikiran , “tdk setuju maka bacok” “setuju maka terus menjilat” …
  • avamu itu quotenya pendeta | dlm pikiran mrk: kalo sy tdk setuju kristen, maka quotenya pendeta pun harus sy tdk setujui
  • Ngeri bener cara berpikir org fanatik … “anda gak setuju keyakinan kristen, kok avanya kata2 pendeta”
  • Jd makin mengerti kenapa memberi tau 1+1+1=1 itu salah dianggap menebar kebencian. Krn tdk setuju adalah benci, benci maka perang
  • Gitu dulu tweeps … Twit ttg “fanatik” … Semoga manfaat 🙂

Tak Sadarnya Kita ‘Dipaksa’ Hidup Dalam Logika Yang Terbalik

  • saat ini dunia dipaksa 2+2=5, dan manusia2 keras kepala 2+2=4 dianggap menebar kebencian dan dibunuh be/EHAuGA7gqFU
  • Kita hidup di era dimana yg salah harus dianggap benar , yg benar hrs dianggap salah. be/EHAuGA7gqFU
  • Kita hidup di era dimana yg khianat hrs dianggap amanah dan yg amanah dianggap khianat be/EHAuGA7gqFU
  • Kita hidup di era dimana yg pahlawan harus dianggap pecundang dan yang pecundang harus dianggap pahlawan be/EHAuGA7gqFU
  • Kita hidup di era dimana yg zhalim harus dianggap adil, sedangkan yang adil harus dianggap zhalim be/EHAuGA7gqFU
  • Kita hidup di era dimana hitam harus dianggap putih , sedangkah yang putih harus dianggap hitam. be/EHAuGA7gqFU
  • Kita hidup di era dimana yang keras kepala dianggap istiqamah dan yang istiqamah dianggap keras kepala be/EHAuGA7gqFU
  • Kita hidup di era dimana yang bodoh harus dianggap pintar , sedangkan yg pintar harus dianggap bodoh be/EHAuGA7gqFU
  • Kita hidup di era dimana pencerah harus dianggap penebar kebencian, sedangkan para pembusuk dianggap penebar damai be/EHAuGA7gqFU
  • Kita hidup di era dimana yang pencitraan harus dianggap bekerja, sedangkan yang bekerja harus dianggap pencitraan be/EHAuGA7gqFU
  • Kita hidup di era dimana yang kosong harus dianggap isi, sedangkan yang isi harus dianggap kosong be/EHAuGA7gqFU
  • Kita hidup di era jungkir balik … Minoritas benar dipaksa tunduk pada mayoritas yg salah be/EHAuGA7gqFU
  • Kita hidup di era dimana org2 yg terus teguh mengingatkan 2+2=5 adalah salah dianggap penebar kebencian be/EHAuGA7gqFU
  • Kita hidup di era dimana melegalkan miras adalah pahlawan, sedangkan melawan miras adalah pecundang be/EHAuGA7gqFU
  • Kita hidup di era dimana hipokrit, campur aduk, asal bapak senang menjadi citra diri be/EHAuGA7gqFU
  • Kita hidup di era dimana yg ilusi harus dianggap sejati, yg sejati dianggap ilusi be/EHAuGA7gqFU
  • kita hidup di era 1+1+1=1 adalah benar, dan mengatakan itu salah adalah menebar kebencian be/EHAuGA7gqFU
  • Hidup di era “malam beriman mendadak pagi kafir dan pagi beriman mendadak malam kafir”
  • Kita hidup di era dimana bodoh dianggap cerdas, dan cerdas dianggap bodoh.
  • Kita sdg hidup di era ini, dimana kepalsuan harus dianggap sejati , sedangkan kesejatian harus dianggap palsu.
  • Semua tinggal pilihan kita , mau ikut arus zaman 2+2=5 atau tetap teguh dg 2+2=4 meski dunia memusuhi be/EHAuGA7gqFU
  • Semua tinggal terserah kita , tunduk pada pembodohan , atau tetap jernih menyalakan logika. Meski nyawa taruhannya.
  • Semua tinggal terserah kita, mau ikut arus kebanyakan manusia yg menerima pembodohan atau memilih menjadi segelintir kesadaran
  • Semua tinggal pilihan kita , hahahihi bersama arus manusia atau memilih menjadi segelintir kesadaran meski sunyi
  • Memilih membuat alasan2 shg ikut arus manusia bahwa miras legal adalah benar atau memilih menjadi segelintir kesadaran bahwa itu salah
  • Memilih fanatik, logika mati bersama arus hahahihinya manusia atau memilih nyala logika menjadi segelintir kesadaran. Ini pilihan
  • Semu dalam kegaduhan atau sejati dalam kesunyian? hidup adalah pilihan
  • Semu atau sejati … Ramai atau sunyi … Hidup adalah pilihan … yang menyisakan konsekuensi
  • semua memberi pilihan … Sulit .. Dilematis. Tp inilah esensi dr hidup: memilih.
  • Hidup menghadapkan kita pada pilihan … mengerti apa yg sejatinya kita cari akan memudahkan kita menentukan pilihan
  • 2+2=5 bersama hahahihi arus besar manusia … Ramai. Atau teguh dalam 2+2=4 bersama sunyi dan mati be/EHAuGA7gqFU
  • kita hidup di era saat kebenaran ditutup oleh pekat dan gelap … Kesadaran adalah kuncinya
  • Yup … Cukuplah Allah sebagai penolongku .
  • Sunyi bersamaMu … Cukup
  • Jangan lelah utk tetap benar … Meski sunyi mendekap .. rapat
  • Jangan lelah … Jangan menyerah … sejatinya bukan ttg siapa2 , ttg kita sendiri.
  • Kalo ada yg terlalu parah logikanya , premis dan konklusi gak nyambung atau kausalitasnya gagal, sy akan jawab dg “🙈” aja ya …
  • Ada kegagalan logika yg parah, entah apa sebabnya, sehingga dlm pikirnya hanya konsisten itu “asal iya” atau “asal tdk”
  • misal … Jk sy menolak yg buruk dr barat , maka mrk berpikir agar konsisten maka sy harus juga menolak yg baik dr barat. “asal tidak”

Terminologi Kafir Yang Diubah Maknanya & Trauma Bagi Gereja

  • Hari ini org merasa bersalah mengkafirkan kekafiran tp tdk merasa bersalah ketika tdk mengkafirkan kekafiran . Jungkir balik
  • Kenapa harus takut meyakini ayat alquran yg bilang kafir org yg mengatakan Allah itu satu dr yg 3 … Meyakini alquran kok takut
  • Kemarin ada tulisan bagus “ketika atheis masuk Islam” , penulisnya mencermai bgmn org atheis di barat bs masuk islam krn bc alquran trjemah
  • Disitu disampaikan krn terjemah alquran dlm bahasa inggris menghilangkan kata serapan yg memungkinkan sulit difahami atau gagal faham
  • Misal kata iman , kafir … Ini katanya gak ada dalam alquran terjemah bahasa inggris … Diganti dg kata bahasa inggris
  • Penulis usul , di terjemah alquran Indonesia kata2 serapan juga dihilangkan , sehingga org non muslim gak gagal faham ketika bc
  • Contoh … Kata iman diganti dg percaya dan kata kafir diganti dg ingkar
  • Belum sempet merenungi plus dan minus jk hal itu dilakukan .. Tp masalahnya gini .. Kata iman kafir ini skrg lg digoyang , diubah maknanya
  • Kata iman digeser menjadi semua org yg percaya kpd siapapun yg dituhankan maka disebut org beriman
  • Kata kafir digeser maknanya menjadi siapapun yg tdk baik secara sosial , apapun agamanya .
  • Tp benar kata kafir ini harus diperingan , harus diringankan dr beban sejarahnya.
  • Terminologi “kafir” ini menanggung beban trauma sejarah bersama gereja … kafir itu jd serem banget di dunia. “Kafir maka boleh dibunuh”
  • Kata kafir berarti akan menerima perlakuan spt 1 juta muslim + yahudi yg dibersihkan dr spanyol oleh gereja.
  • Kata kafir terlihat seram krn trauma eropa thdp perlakuan thdp yg gereja anggap kafir. Kafir berarti boleh disiksa twitter.com/8BGKYUDODz
  • Kata kafir jd terlalu seram , kata ini memikul trauma sejarah penyiksaan panjang oleh gereja. twitter.com/ZyVdLfTXKw
  • Padahal di Islam kata kafir gak berarti anda sah utk disiksa spt yg masy eropa alami . Tp keburu trauma , dan trauma ini disebarkan
  • Padahal dalam Islam , kata kafir tdk sama dg yg gereja eropa abad pertengahan fahami : “Kafir berarti boleh disiksa” .
  • Padahal dg Islam, anda gak perlu trauma … Kata kafir dlm Islam gak serem, di dunia. Tp Seremnya di akhirat
  • Sy pernah mengunjungi museum alat2 penyiksaan yg dimiliki gereja abad pertengahan .. Di amsterdam. Ngeri banget memang, wajar org trauma
  • Wajar memang barat trauma dg kata “kafir” , lebih jauh lg wajar kemudian barat jd atheis , anti agama , jd sekuler, liberal. Mrk trauma
  • Ada alat buat ngejus kepala , ada alat utk mencabut puting dan macam2 alat penyiksaan yg dimiliki gereja twitter.com/ZyVdLfTXKw
  • Biar lebih enteng (di dunia) , kata kafir harus dilepaskan dr beban trauma sejarahnya ..
  • Trauma thdp agama yg dialami barat begitu berat … Ratusan tahun mrk alami. “Wajar” mrk jd anti agama, eh tp org sini ikut2an
  • Trauma sejarah ini yg bikin temen2 kafir ini berat dg kata kafir .. Makanya harus dibiasakan mendengar , lama2 terbiasa
  • Kita harus mereduksi beban sejarah yg dipikul oleh kata “kafir”