Bersikap Fanatik Antara Konsep Pemikiran Konsisten & Inkonsisten

  • sy menangkap penyakit fanatik diidap banyk org , bahkan menganggap fanatik adalah bentuk konsistensi
  • Jangan terbiasa menabikan yang bukan nabi … Meng Allah kan yang bukan Allah.
  • dukung kabinet tdk transaksional, eh pas transaksional juga didukung penuh .šŸ˜€
  • Benar didukung , salah didukung … Buat banyak orang , yg semacam ini disebut konsistensišŸ˜€
  • So, ketika seseorang menyalahkan org yg awalnya didukungnya , maka dituduh tdk konsisten.
  • sy anti hal buruk dari barat, maka menurut logika mereka , agar sy konsisten sy juga harus anti hal baik dari baratšŸ˜€
  • Jd fanatik dianggap semacam konsistensi
  • Menjadi tdk fanatik itu bikin enteng kepala ..
  • Buang jauh2 fanatik …. Logika menyala
  • Banyak orang lebih memilih utk fanatik, kenapa? Karena fanatik tdk memerlukan proses yg plg menghabiskan energi: berpikir
  • Melepas 1000 penjahat krn terbatasnya alat bukti, lebih baik ketimbang akhirnya salah tangkap akhirnya menghukum 1 yg tdk salah
  • Fanatik itu mudah , mengiyakan seluruh yg dtg dr yg didukung baik salah ataupun benar itu mudah, krn tak ada proses berpikir
  • menjadi tdk fanatik itu enteng … tp utk menjadi tdk fanatik itu berat.
  • yang perlu selalu iya adalah pada kebenaran , bukan pada orang …
  • Spt twit kemarin ttg fanatik …. Mendukung abis2an kangĀ @ridwankamilsaat kampanye , tdk berarti tutup mata jlk ada yg mungkin salah
  • Dan ketika kemarin mengkritik kangĀ @ridwankamil, tdk berarti membenci kang emil dan semua yg datang darinya. Gak ada yg personal
  • Jd mesti kemarin mengkritik kebijakan tempat sampahnya kangĀ @ridwankamil, gak ada yg personal. jd foto bareng dg kang emil oke juga *uhuk
  • Dengan fokus pada konten , tdk personal , membuat situasi hati lebih mudah. Asal iya atau asal tdk bikin rumit
  • Asal iya sama parahnya dengan asal tidak .
  • Kesalahan konsep fanatik , jk setuju maka sahabat , jk tdk setuju maka kalo ketemu harus pukul2an.
  • Dlm pikiran fanatik: Jk kemarin sy tdk setuju kebijakan tempat sampah RK, maka sy hrs menolak ketemu RK , dan kalo ketemu hrs pukul2an
  • Itu mungkin yg menyebabkan banyak orang berpikir , memberi tau yg benar berarti menebar kebencian.
  • Mungkin pikir mrk, jk sy tdk setuju dg keyakinan agama org lain, maka sy harus menolak diajak makan bareng. Dan kalau ketemu hrs pukul2an
  • Mungkin dlm pikir mrk , ktk twit sy mengkritisi keyakinan teologi agama maka sy benci mrk , dan ktk ketemu hrs cemberut dan pukul2an
  • Dalam pikir mereka , konsisten itu berlaku hormat pada yg setuju dan pukul2an dg yg tdk kita setujui
  • “Kmrn katanya gak setuju sama seseorang, kok bs makan bareng sama org itu, harusnya pukul2an, dasar munafik” | lho
  • Sy jd faham kenapa memberi tau org lain salah dianggap menebar kebencian, krn dlm pikiran org2 fanatik, tdk setuju hrs berakhir dg perang
  • Padahal … Ketika kita bilang keyakinan org lain salah, maka kita tetap bs asik2 aja dg org tsb.
  • Dalam pikiran mrk, kalau anda kritik, maka berarti anda benci, kalau benci maka anda harus perang.
  • Misal … Sy debat keras dg omĀ @sahaL_AS, maka dlm pikir mrk, kalo sy ketemu om sahal, sy harus pukul2an. Itu mrk sebut konsisten
  • Dalam pikir mrk, jk kita tdk setuju dg seseorang , maka kita tdk perlu berlaku sopan, dan kalo ketemua hrs pukul2an. Dan mrk sebut konsisten
  • Kalo prabowo bertarung dg jokowi di pilpres, maka dlm pikir mrk ini harus jd pukul2an abadi. Mrk sebut ini konsisten
  • Padahal kita bs damai dan berhubungan baik dg org yg sangat tdk kita setujui.
  • Jd menurut mrk , kalo kita tdk setuju dg seseorang , maka ketika bertemu org tersebut kita harus cemberut dan bawa fentung
  • Mereka terlalu membawa ini dalam ranah personal , terluka dalam. Padahal kritik, setuju atau tdk setuju itu soal biasa
  • Jd dalam pikir mereka , agar sy konsisten … Kalo sy ketemuĀ @sahaL_AS, maka sy harus pukul dia, gak bs santai2 senyum sambil ngopi
  • Pikiran mereka bahwa jk kita tdk setuju maka benci, maka perang adalah pikiran yg berbahaya bagi toleransi
  • Ketika gak setuju sama ajaran yg diyakink muslim, janganlah berpikir anda harus perang dg muslim. Kita bs ngupi2 bareng
  • Sy punya teman debat, kalo debat dg beliau bs tinggi suaranya. Tp nyatanya beliau sahabat terbaik sy.
  • Pikiran fanatik ini bebahaya: jk anda dukung seseorang , maka anda harus setujui semua yg dtg dr org tsb. Baik dan buruknya .Ā #1
  • Pikiran fanatik lain yg berbahaya: jk anda tdk setuju seseorang maka anda benci org tsb, biar konsisten jk anda ketemu hrs pukul2an.Ā #2
  • Sy banyak gak sepakatnya dg mertua. Menurut mrk kalo sy gak sepakat maka sy harus pukul2an sama mertua. Ini mrk sebut konsisten
  • Gawat sekali pikiran fanatik ini, konsisten adalah jk anda setuju, maka anda harus benci dan anda harus perang .
  • Buat sy sih, jk kita tdk setuju dg seseorang, kita masih bisa berteman baik dg org tsb. Jangan dibawa personal
  • Pikiran bahwa jk tdk setuju seseorang maka kita harus benci dan perang dg org tsb adalah pikiran fanatik dan kekanak2an.
  • Dalam pikir mrk, jk kita memuji maka kita cinta mati, jk kita mengkritik maka itu benci.
  • Kritik dan Tdk setuju berarti benci dan berujung pentung adalah pikiran fanatik yg berbahaya.
  • Wajar jk Org fanatik ini kk debat berujung pada “pekok” “tolol” “dungu” . Krn buat mrk, debat adalah pertarungan kebencian krn tdk setuju
  • Jangan dibawa ke ranah personal, bersikaplah negarawan … Pro dan kontra itu soal biasa, jgn membawa pro kontra ke jd wilayah adu parang
  • Dlm pikir mrk , kalau sy tdk setujuĀ @jokowi_do2, maka sy harus pukul2an jk bertemu beliau. Tdk boleh sopan dan menghormati.
  • Mrk pikir , jk sy Kritik kebijakanĀ @jokowi_do2atauĀ @ridwankamilĀ maka sy dilarang berlaku hormat dan bersahabat dg beliau.
  • Mrk pikir , jk sy kritik kebijakanĀ @jokowi_do2, maka sy harus tdk hormat kpd beliau. Dan menghormati buat mrk adalah selalu setuju
  • Cocok banget. jd ava ah šŸ˜… ā€œ@chalidaratna:Ā @hafidz_aryquote ini cocok sekali u/ para pembela joko sejatišŸ˜€ iniĀ twitter.com/Eo2zOG1an6ā€
  • Ini contoh pikiran fanatik, jk sy tdk setuju dg seorang kristen militan maka dy harus tdk setuju dg semua kata2nya.
  • Makanya sy gak pernah bales caci maki haters , krn buat sy ini bukan masalah personal. Ini cuma soal tdk setuju, dan mrk gak dewasa
  • Jangankan samaĀ @jokowi_do2, wong sama mertua aja sy sering beda. tp sy hormat pd beliau, beda partai gak jd sebab baku hantam
  • Nyalakan logika … Buang fanatik … Setuju dan memuji bukanlah tanda cinta, kritik dan tdk setuju bukanlah tanda benci.
  • Ada lagi definisi fitnah … Tdk setuju adalah fitnah
  • Mengerikan sekali dan sangat rawan trjadi perang jk negeri ini isinya org yg berpikir tdk setuju adalah benci dan hrs berujung perang .
  • Janji kabinet ramping , sy kritik yg ternyata tdk ramping | pitnah !!!šŸ˜€
  • Janji kabinet tdk transaksional , sy kritik krn faktanya menteri parpol banyak banget | mrk sebut fitnahšŸ˜€
  • Janji jaksa agung bukan org parpol, ketika yg diangkat org parpol ya kita kritisi | menurut mrk ini fitnah
  • kritik atas janji jaksa agung bukan org parpol dan kenyataannya org parpol , dianggap fitnah . Repot
  • Janji koalisi tanpa syarat, bahkan jaksa agung pun dr parpol. Ketika kritik ini, maka disebut tebar benci, fitnah dan hrs berujung perang
  • Repot negeri ini , jk fanatik jd sikap kolektif. “Setuju artinya harus setuju semua dan tdk setuju artinya benci”
  • Negeri ini insya Allah bs maju , jk fanatik hilang , diganti oleh berpikir sebagai sikap kolektif
  • Kecuali Kpd Allah sbg sumber kebenaran dan rasulullah sbg penyampai kebenaran yg kita selalu setuju, kpd yg lain kita harus komparasi dulu
  • Efek fanatik itu berbahaya …
  • Jd kalem mas … gak usah pusing dg apa yang didapat org lain . Peduli dg yg ada di kantong sendiri aja dan bersyukur
  • “Ktk anda tdk setuju dg org lain, Kok bs anda duduk damai dg org tsb? dasar tdk konsisten, beda di mulut beda di sikap” | lho
  • “Mulut sama tingkah lu beda” | knp? | kalo lu gak setuju, harusnya lu pukul ketka pas ketemu | lho
  • “Dasar munafik” | kenapa? | kalo lu kritik org, harusnya lu jangan sopan dg org itu ” | “kok bs?”
  • Berat bener PR kita utk melenyapkan fanatik di negeri ini … Tp memang inilah pekerjaan da’wah
  • Bahaya bener pikiran , “tdk setuju maka bacok” “setuju maka terus menjilat” …
  • avamu itu quotenya pendeta | dlm pikiran mrk: kalo sy tdk setuju kristen, maka quotenya pendeta pun harus sy tdk setujui
  • Ngeri bener cara berpikir org fanatik … “anda gak setuju keyakinan kristen, kok avanya kata2 pendeta”
  • Jd makin mengerti kenapa memberi tau 1+1+1=1 itu salah dianggap menebar kebencian. Krn tdk setuju adalah benci, benci maka perang
  • Gitu dulu tweeps … Twit ttg “fanatik” … Semoga manfaatšŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s