Pernikahan Dll Menurut Bibel & Gereja, Sebenarnya Mana Yang Benar?

  • A: Ooh enaknya para islamer, boleh bercocok tanam dgn banyak peyempuan/poligami.. | Enak bibel dong, tak terbatas
  • A: Ooh enaknya para islamer, boleh bercocok tanam dgn banyak peyempuan/poligami | Gak enak, Islam poligami pake batas dan hrs adil
  • A: Ooh enaknya para islamer, boleh bercocok tanam dgn banyak peyempuan/poligami | Enak bibel, jumlah tak terbatas dan tanpa syarat
  • A: Kristen Gak melegalkan poligami tong….” | Ayat bibel mana yg larang?
  • A: ayat bible mana yg membolehkan ? Hiiiii…hiiii….” | Mat 24:1-10 , ulangan 21:15-17
  • Bibel tdk ada ayat larang poligami , yg ada melarang cerai . Lantas atas dasar apa bilang kristen larang poligami?
  • Tp dimaklumi , dr segi konsep tuhan , ibadah , pernikahan , dll semuanya tdk mengacu pada bibel
  • Ketuhanan yesus, gereja, natal, tahun baru, larangan poligami dll semua tdk py dasar argumen dlm bibel
  • Persis spt tdk adanya ayat bibel dimana yesus menyatakan dirinya tuhan dan memerintahkan menyembahnya, larangan poligami juga tdk ada
  • Kalo anda laki2 kristen dan menikahi 1000 perempuan tanpa satu pun dicerai , maka tdk ada satu pun ayat bibel yg dilanggar
  • Tunjukkan ayat bibel yg melarang anda menikahi 1000 perempuan sekaligus tanpa ada satu pun yg dicerai . Jamin gak ada
  • poligami A: Tuhan hanya menciptakan bagi Adam yakni Hawa?” | krn hawa 1 , bukan berarti dilarang . Ibrahim banyak , yesus juga diduga
  • Selalu berakhir begini diskusi dg mrk, mrk tdk membaca bibelnya sendiri …
  • Jk anda seorang kristen dan menikahi 1000 perempuan tanpa ada satu pun yg dicerai , ketahuilah tdk satu pun ayat bibel yg dilanggar
  • Bibel tdk melarang anda menikahi bahkan sejuta perempuan sekaligus , jk tak ada yg dicerai.
  • Sedehana pertanyaannya : ayat bibel mana yg melarang anda menikahi 1000 perempuan sekaligus tanpa satu pun yg anda cerai? Gak ada
  • Adakah ayat alquran yg melarang menikahi 1000 perempuan sekaligus meski tak satu pun dicerai? Ada
  • Adakah ayat bibel yg menganjurkan menikahi seorang perempuan saja? Tdk ada
  • Adakah ayat alquran yg menganjurkan utk menikahi 1 perempuan saja ? Ada
  • Ketika bibel tdk melarang menikahi bahkan 1000 perempuan , lantas apa dasar mengatakan kristen melarang poligami?
  • Ketika bibel tdk melarang poligami, lantas apa dasar gereja melarang poligami?
  • Ayat bibel atau ayat alquran yg dilanggar ketika anda menikahi 1000 perempuan tanpa ada yg dicerai?
  • Tunjukkan satu saja ayat bibel yg melarang kristen menikahi 1000 perempuan tanpa satu pun dicerai? Gak ada. #DiskusiSelesai
  • Tunjukkan satu saja ayat bibel domana yesus blg : “saya tuhan dan sembahlah sy” | gak ada. #DiskusiSelesai
  • Tunjukkan ayat bibel yg menyuruh umatnya pergi ke rumah ibadah bernama gereja. Gak ada . #DiskusiSelesai
  • Tunjukkan ayat bibel yg menyuruh ke gereja hari minggu .gak ada . #DiskusiSelesai
  • Tunjukkan ayat bibel yg menyuruh melakukan bentuk ritual yg anda lakukan di gereja. Gak ada . #DiskusiSelesai
  • Masih belum ada satu pun yg menjawab , ayat bibel mana yg dilanggar jk seorang kristen menikahi 1000 perempuan tanpa dicerai.
  • Krn tunduk pada kemauan manusia , kita jd bingung membedakan ayat bibel yg masih mengandung perkataan yesus dan mana yg bukan
  • Itu juga yg terjadi pada taurat … Krn diedit , naka diturunkanlan injil utk meluruskan. Saat injil diedit , diturunkanlah alquran.
  • Karena alquran kitab terakhir , maka mensyaratkan tdk boleh ba diedit . Begitulah alquran
  • Mekanisme penjagaan yg tdk dilakukan pada kitab2 sbelumnya , membuat alquran bs jd timbangan kitab2 sebelumnya
  • Ketika semua orang terbiasa berdusta , perlu ada satu org yg terpercaya yg serba tau utk sbg tempat konfirmasi
  • Bgt juga dg bibel, ketika banyak sekali variasi konten antar versi yg saru dg versi yg lain, perlu ada tempat yg selalu benar utk konfirmasi
  • Begitupah salah satu positioning alquran , membenarkan kitab sebelumnya dan menjadi tempat konfirmasi twitter.com/pVIXdMxxGK
  • Bahasan poligami ini diawali oleh akun yg nyinyir ttg kebolehan poligami dlm Islam . Pdhl dia kristen, dan bibel tdk melarangnya
  • Jk krn poligami anda menolak Islam , maka anda harus lebih dulu menolak bibel krn poligami tanpa batas tdk dilarang bibel
  • Biasanya ayat bibel yg diperkosa utk dijadikan dalih larangan poligami adalah ayat ttg larangan cerai
  • Larangan cerai diperkosa menjadi larangan poligami
  • Ayat lain yg biasa diperkosa adalah ayat bibel ttg kisah adam yg menikah dg hawa
  • Jd gimana , mau ikut bibel yg tdk melarang poligami atau mau ikut gereja yg melarang poligami?
  • Mau ikut yesus yg menyatakan dirinya utusan tuhan atau iku gereja yg akarkan penuhanan yesus?
  • Mau ikut bibel yg tdk melarang poligami atau ikut gereja yg melarang poligami?
  • Mau ikut yesus yg tdk sekalipun pernah pergi ke gereja hr minggu atau ikut pendeta yg ke gereja?
  • Tak satu kalipun yesus pernah ke gereja , dan tak sekalipun melakukan apapun yg dilakukan umat kristen di gereja .
  • Tak satu kalipun yesus pernah melakukan apapun yg dilakukan umat kristen hari ini di gereja
Advertisements

Gagal Fahamnya Logika Mario Teguh Terkait Poligami

  • miris baca status FB mario teguh soal poligami , ketidak logisan yg dibungkus dg indah . ada logika yg putus
  • “kenapa pak mario gak poligami padahal ekonomi mampu?” | krn setia bukan soal ekonomi, setia itu ttg cinta dan keadilan | ini mdh dibantah
  • Setia itu tdk poligami, poligami itu tdk cinta , poligami itu tdk adil | begitu konklusinya
  • “sy terlalu syg bu linna dan sy laki2 yg adil, menduakan istri tdk adil” | dg kata lain poligami itu tdk syg, poligami itu tdk adil
  • padahal sayang dan setia bukan ttg satu atau dua .. apakah ibu yg punya anak kedua , maka tdk sayang dan tdk adil kpd anak pertama?
  • apa ketika sy punya karyawan kedua, ketiga dst maka sy tdk syg kpd karyawan saya? logika yg aneh
  • ibu yg punya 10 anak , tetap bisa sayang , cinta dan setia 100 persen kpd semua anaknya
  • setia itu bukan soal satu atau dua , tp soal tanggung jawab . selama anda bertanggung jawab , anda setia .
  • dan tanggung jawab terbesar adalah kpd Allah
  • bahwa ada anak yg cemburu merasakan dibedakan dg anak yg lainnya … tp ini bukan berarti nambah anak bentuk ketidakadilan. soal teknis saja
  • apa bedanya … nambah anak , nambah istri , nambah karyawan , … semua judulnya nambah tanggung jawab …
  • “tp rasul bisa pak| anda bukan rasul … ini logika yg mudah dibantah .. ada satu saja manusia yg bukan rasul poligami dan sukses, ini gugur
  • ada definisi2 yg kacau ttg sayang , cinta dan adil .
  • dan menariknya dg Islam … Allah jd alasan semua hal . self control
  • kenapa kita mencintai istri kita? karena kita mencinta pencipta istri kita
  • kenapa kita tdk berzina , kita tdk selingkuh? bukan krn setia pd istri kita . tp krn kita setia pd yg menciptakan iatri kita
  • kenapa kita bertanggung jawab kpd istri kita? karena sesungguhnya ini tanggung jawab yg diberikan yg menciptakan dia
  • sehingga tanggung jawab adalah makna kesetiaan
  • mario teguh menuduh tindakan poligami sbg tindakan tdk sayang istri , padahal dilakukan manusia terbaik di bumi ini : rasulullah
  • rasulullah itu teladan … semua yg rasulullah lakukan kecuali sedikit yg sifatnya mu’jizat bs kita contoh.
  • terkait poligami … perbedaan rasulullah dan yg bukan rasul cuma batasan jumlah saja . ada kekhususan pd rasulullah
  • pamit dulu tweeps , bungsuku tilpun minta dibelikan sampul buku. nanti lanjut lg insya allah .
  • *sambil nunggu lampu merah ya | penolakan poligami cuma problem persepsi …
  • krn jk seluruh wanita sepakat menolak poligami , maka poligami tdk akan terjadi
  • kenapa pak mario ngurusin poligami? knp gak ngurusin soal zina , selingkuh, LGBT ?
  • poligami dibenci , seks bebas dan selingkuh dipuja puji sbg ekspresi cinta
  • nampaknya begitu … korban CHSI … semua lelaki itu penjahat, semua perempuan itu lemah
  • miris … solusi dimusuhi , problem dicintai
  • poligami itu berbagi cinta | berbagi waktu iya , berbagi cinta tdk . seperti cinta ibu ke semua anaknya . tdk berbagi. 100 persen semua
  • sering sekali dimintai bantuan mencarikan jodoh bagi perempuan2 di atas 30 th yg belum menikah … ini bukan perkara mudah
  • salah satu hobi sy dan istri adalah menjodohkan orang … puluhan yg dah dijodohin. alhamdulillah. tp makin kesini makin sulit
  • skrg biasanya sy tanya : siap tdk jd istri pertama ndak? krn laki2 yg bujang pada gak berani nikah, kalo pun ada, pilihnya yg usia dibawah
  • akhirnya perempuan yg tdk menikah ini hidup dan menghidupi dirinya sendiri … ini bukan konsep Islam
  • dalam Islam, perempuan itu tanggung jawab penuh laki2 . sebelum menikah tg jwb ayahnya, stelah menikah tg jwb suaminya
  • gak boleh ada satu pun perempuan dibiarkan tanpa seorang laki2 yg bertanggung jawab menanggup hidupnya
  • kalo suami gak bs , saudara laki2nya , kalo gak ada laki2 yg bs bertanggug jawab , mk negara bertanggung jawab atas kehidupan perempuan tsb
  • kasihan jk perempuan harus bekerja dr pg sampai malem utk memenuhi kebutuhan hidupnya .. bukan fitrahnya
  • andaikan seperempat saja laki2 ksatria penuh tanggung jawab berpoligami … dan tdk diganggu persepsi publik maka byk problem selesai
  • so , logika mario teguh ttg poligami agak kusut , meski dibingkai kata indah
  • poligami mensyaratkan adil . adil dlm hal2 kuantitatif , dalam perasaan tdk dituntut Adil.
  • Ada rasa cinta kpd istri yg satu lebih dr istri2 yg lain , spt rasulullah , ini bukan ttg adil yg dimaksud
  • kita sbg ortu , juga kadang suka condong ke salah satu anak, biasanya ke yg paling kecil. ini wajar
  • poligami Harus dg yg tua , contoh rasulullah | hafsah dinikah rasulullah saat usia 18 tahun , shafiyah dinikahi usia 17 th.
  • mana yg harus diteladani , pak mario yg tdk poligami krn menganggap poligami itu ketidaksetiaan atau rasulullah pelaku poligami?
  • memang luar biasa Islam itu … mengubah bagaimana kita merasa , bagaimana kita berpikir , bagaimana kita bertindak
  • Islam mengubah cita rasa …
  • Islam mengubah cara kita memandang hidup ini
  • kenapa gak poligami? | takut diserang publik atau .,, persepsi istri belum kondusif … ini jawaban yg lebih masuk akal
  • apakah yg monogami itu tanda setia ? apakah yg poligami itu tanda tdk setia? ya belum tentu .., bs sebaliknya
  • monogami bs tdk bertanggung jawab , poligami bs bertanggung jawab ., dan sebaliknya. jd ini bukan ttg mono atau poli
  • ini bukan ttg sy melakukan poligami atau tdk … ini ttg cara berpikir
  • spt sukarno yg menolak gagasan poligami tp jd pelaku poligami , sdgkan M natsir setuju ide poligami, tp dia tdk melakukan poligami
  • saya setuju dg konsep poligami dlm Islam, tp apakah sy melakukan poligami atau tdk , itu soal lain
  • begitu saja … twit meluruskan pendapat mario teguh soal poligami. tidur yuk
  • yg sy fahami dg status mario teguh ttg poligami adalah dia harus “populis” … ketika dia setuju poligami , dia akan kehilangan penggemar
  • karena kita da’i , mengajak pada Islam dan bukan cari tepuk tangannya manusia , kita sampaikan apa adanya ttg poligami .
  • poligami itu solusi … tp dibenci . difitnah sbg sama dg selingkuh
  • poligami disamakan dg selingkuh , dianggap meluluk soal sex .
  • sex dlm pernikahan , baik dg istri pertama , kedua , ketiga … bukanlah agenda dominan . dlm 100 persen waktu , hy mengambil porsi sedikit
  • berbeda dg selingkuh atau menikmati prostitusi, sex menjadi satu2nya agenda . 100 persen waktu interaksi adalah utk ini . dilakukan dg haram
  • sedangkan sex dlm poligami itu halal , sah dan bukan agenda dominan dlm kehidupan pernikahan.
  • banyak sekali agenda dlm pernikahan, urusan nafkah , mendidik istri , anak, dll … urusan sex bukan agenda dominan
  • sehingga jauh sekali beda selingkuh dg poligami … dari niat, agenda acara , tanggung jawab , dan konsekuensi .
  • sehingga yg hobi “jajan” , mana mau disuruh poligami, agendanya beda jauh
  • poligami ini solusi serius atas problem serius umat … harus dikejakan oleh org yg serius

Nikah, Respon Terhadap Fitrah

  • kenapa nikah dg alasan menjaga diri dari zina adalah hal yg salah? justru ini alasan paling benar
  • sex ditabukan krn pengaruh gereja yg mengajarkan kerahiban , dunia harus ditinggalkan , dijauhi . sex seolah2 kejahatan
  • ajaran kerahiban itu seolah2 meninggalkan dunia total adalah wujud kesholehan
  • itu kenapa para pastur meninggalkan pernikahan . krn seolah2 menikah dan sex itu bertentangan dg kehendak tuhan
  • karena melawan fitrah dengan mengharamkan yg sebenernya halal, membuat para pastur ini banyak melakukan penyimpangan seksual: pedofili
  • sehingga menikah aja sesuatu yg dianggap melanggar tuhan, apalagi menikah krn sex
  • dalam islam tdk begitu, islam tdk mengenal kerahiban
  • bahkan salah satu momen rasulullah marah besar adalah ketika didatangi sahabat yg menyatakan tdk akan menikah dan akan puasa terus demi taat
  • islam mengecam tindakan kerahiban , meninggalkan dunia , mengisolasi diri dan melawan fitrah
  • nikah dg motivasi seks? | motivasi seks ya sdh ada, tp nikah menghalalkannya
  • satu-satunya tindakan kerahiban yg dibolehkan dalam Islam adalah “i’tikaf 10 hari terakhir ramadhan”
  • ini juga yg membuat sy jatuh cinta pada Islam. islam tdk melarang keduniaan, tp mengajarkan respon yg tepat thdpnya
  • fitrah manusia diberikan motivasi seks , krn inilah manusia berkembang biak. peradaban terus berjalan
  • islam punya respon yg tepat thdp fitrah , islam punya pengarahan thdp motivasi ini, yaitu menikah
  • ini menariknya islam
  • islam tdk meminta kita menjauhi harta , tp memberi pengarahan yg tepat dalam merespon harta
  • jadi nikah dg alasan menyalurkan motivasi seks agar tdk melanggar aturan Allah boleh gak? boleh pake banget
  • bahkan menikah tdk hanya membuat seks jd skedar halal bahkan dinilai sbagai ibadah, berpahala
  • “nikah itu karena Allah, jgn karena sex” | nikah agar sex jd halal krn takut larangan Allah adalah karena Allah 🙂
  • sex itu cabul jk tdk halal, sex jd ibadah ketika halal. gak usah seolah2 sex itu sesuatu yg rendah . ini pegaruh doktrin gereja
  • seks sebagai sesuatu yg rendah , tabu adalah doktrin gereja . sehingga yg dianggap paling dekat dengan tuhan adalah yg meninggalkan seks
  • ini yg membuat kasus pedofili di kalangan gereja begitu fantastis angkanya . liberalisasi merajalela, tp syahwat dikengkang. jebol dah
  • kita sendiri terkaget2 , anak smp di jakarta melakukan adegan seksual di kelas ditonton kawan2nya. ini bukti dorongan seks sdh ada meski smp
  • kenapa mereka gak nikah saja? seksnya halal, bahkan ibadah, mau sebanyak apapun. gak usah dipertontonkan depan kelas
  • bukti anak smp sdh matang secara seksual , apa yg menyebabkan kita menyebut mereka anak2 yg belum layak nikah?
  • ini juga yg membuat sy jatuh cinta pada islam, ia memberi standar abadi. usia minimum nikah itu bukan sekolah gak sekolah tp baligh
  • standarnya tuh mantep, baligh, semua org melewatinya. kalo standarnya lulus smp, gak semua org lulus smp 😀
  • banyak sekali yg membuat sy jatuh cinta pada Islam ini . logis dan manusiawi
  • jd kalo ngomong menikahi anak smp apalagi sudah sma adalah pedofili sdh terbantah total . anak smp skrg sdh mampu scr seksual , dah dewasa
  • sehingga , islam menetapkan baligj sebagai standar kedewasaan. mereka yg sudah baligh sdh mukallaf, argo pencatatan amal berjalan
  • anak2 smp sekarang dah jago kok bertindak sebagai suami istri, apanya yg tdk layak nikah?
  • ada kawan perempuan mahasiswi tingkat 2 , usia anaknya sudah 5 tahun. hamil ketika smp kelas 3
  • agak menyesal , kenapa sy tdk menikah saat usia smp 😀
  • kalo sejak dini sy mengenal islam, mungkin keberanian sy memutuskan apa yg terbaik u hidup sdh ada sejak smp

Bibel Tegas Melarang Pernikahan Beda Agama

  • mending tdk menikah ketimbang menikah tp melepas aqidah
  • waspada hamilisasi dan kawinisasi sbg modus kristenisasi
  • kenapa memaksakan diri mempercayai dogma leluhur jk tak ada lg argumen yg mampu menahannya?
  • berfikir , merenungkan dogma2 leluhur yg selama ini diyakini tanpa pernah bertanya “kenapa” adalah hal bijak. krn kita manusia dewasa
  • berani memilih dari hasil pemikiran yg dalam adalah pekejaan manusia dewasa
  • dogma2 keyakinan yg tak sanggup lagi memberikan argumennya sebaiknya ditinggalkan . atas nama kesadaran
  • pilihan2 hidup kita jangan didasari oleh warisan dogma2 leluhur dan nenek moyang tanpa pernah berfikir
  • pilihlah keyakinan yg sumbernya mantap, argumennya tak terbantahkan
  • beragama sebagai manusia dewasa , bukan dipilihkan leluhur , dan menerima tanpa pernah merasa perlu merenungkannya
  • agama yg landasannya didasari oleh dugaan2 yg diceritakan leluhur , sebaiknya ditinggalkan. berfikir komparatif
  • pilih agama yg logis , memuaskan akal
  • karena Tuhan telah memberi kita akal untuk berfikir …
  • bibel juga melarang pernikahan beda agama http://t.co/puczeYq6Sl
  • bibel tegas melarang perkawinan beda agama http://t.co/s4nfz8J3cD
  • bibel tegas melarang perkawinan beda agama, lantas knp kawinisasi bahkan hamilisasi dipilih jd modus kristenisasi?
  • keywordnya : berfikir , komparatif, logis
  • semuanya sederhana jk berfikir jd karakter
  • celah logika mana yg membuat sy bs menerima kemungkinan tuhan lupa dlm mengilhami sehingga berserak kontradiksi dlm kitab suci?
  • sesederhana itu

Poligami Vs Problem Persepsi

  • poligami merendahkan perempuan? punya banyak istri merendahkan perempuan? gmn dg seorang ibu yg py banyak anak? merendahkan anak?
  • temen2 sy yg hobi selingkuh atau prostitusi , mana mau disuruh poligami . mrk cuma memandang perempuan sbg objek seksual
  • statement temen2 sy yg hobi menzinai perempuan : “sy cuma mau menikmati sate , gak mau miara kambing”
  • yang hobi merendahkan perempuan dg menzinai atau selingkuh, gak mau disuruh poligami
  • mereka yg hobi selingkuh hanya memandang perempuan sebagai objek seksual . kenapa poligami? mrk hormati perempuan
  • temen sy yg hobi berzina , sampe 300 perempuan bilang : “lu ngapain poligami , kayak gw aja : pake, bayar, selesai”
  • mereka yg poligami adalah orang2 aneh. krn kalo cuma urusan sex , yg gratisan aja banyak , gak pake repot. paling repot di akhirat 😀
  • org yg hobi melecehkan perempuan, pake bayar selesai , gak akan mau disuruh poligami .
  • waktu itikaf hari terakhir di makkah, basecamp kami kedatangan muslim dari nigeria . sebelumnya dpt kabar, semua laki2 di sana itu poligami
  • jk seorang istri mendapati suaminya belum berpoligami , maka dia akan memaksa suaminya poligami, krn monogami itu aib buat mrk
  • sehingga , problem penolakan thdp poligami adalah problem persepsi . kebanyakan bagian dr ghazwul fikri
  • dan kaum perempuan sendiri tdk satu suara menyikapi poligami, krn jk mrk satu suara menolak poligami , maka poligami tdk akan terjadi
  • dimana unsur memuliakan perempuan dr poligami? 1. poligami itu menikahi perempuan seutuhnya 2. menafkahinya 3 . komitmen ketaatan
  • poligami memandang perempuan seutuhnya , fisik dan jiwanya , hidup dan kehidupannya . selingkuh hanya melihat perempuan sbg objek seksual
  • istri yg satu cemburu dg istri yg lain? cemburu itu biasa. anak kita yg satu juga biasa cemburu dg anak kita yg lain
  • anak2 berbagi ibu , berbagi ayah , sedangkan ibu2 nya berbagi suami . apa bedanya? 😀
  • jd jk banyak perempuan lain bs menerima poligami , maka penolakan bukanlah problem generik. ini sekedar problem persepsi
  • poligami adalah solusi Islam yg tdk membiarkan perempuan hidup dlm sendiri tanpa laki2 yg bertanggung jawab atas hidupnya
  • sy punya banyak teman sdh beristri tp hobi berzina. ada salah satunya sy paksa untuk poligami dan mengakhiri kebiasaannya berzina, dia nolak
  • apa yg dia pikirin ; “kalo si dia gw nikahin, orgnya posesif , nanti gw gak bs make perempuan2 lain dong”
  • btw, temenku yg lain yg sdh berzina dg 300 org skrg sdh tobat . dia mimpi masuk neraka
  • menzinai banyak perempuan yg bukan istri nya adalah bentuk pengkhianatan . sedang poligami adalah pernikahan, tanggung jawab, komitmen
  • apakah nikah harus dg janda tua? ndak juga , Rasulullah menikahi hafsah usianya 18 thn
  • membuat cemburu istri dg menikah itu bukan pelecehan thdp perempuan, seperti cemburunya anak dg anak yg lain . semuanya sah kok
  • dan keinginan poligami dalam Islam diatur oleh batas dan syarat , berbeda dg bibel tanpa batas dan tanpa syarat
  • jk persepsi kolektif kita menerima poligami , maka banyak permasalahan akan selesai .
  • jk setiap laki2 di Indonesia ini punya istri 4 dan bertanggung jawab , problem perempuan lama tdk menikah bisa ditekan
  • problem lain yg akan bs ditekan jk persepsi kolektif kita menerima laki2 beristri 4 adalah problem pelacuran .
  • problemnya cuma problem persepsi , tp dampak kerusakannya luar biasa
  • krn ghazwul fikri , problem persepsi terkait poligami menjadi problem kolektif
  • jk problem persepsi kolektif ini beres , dan para laki2 beristri 4 , maka tak perlu ada perempuan yg melacurkan diri
  • poligami lebih mulia dr monogami atau sebaliknya? bukan disini poinnya, tp pada tanggung jawabnya
  • monogami yg tanggung jawab lebih baik dari pada poligami yg tdk bertanggung jawab
  • sedang poligami yg bertanggung jawab lebih baik dari pada monogami yg tdk bertanggungjawab
  • memiliki jiwa merdeka itu enak , gak perlu jd jongos , gak perlu terpenjara oleh persepsi orang

Nikah dan Pendobrakan Kultur

  • banyak adat2 yg menghambat pernikahan, “harus satu suku” , “pake tanggal baik” , “gak boleh nikahin 2 anak dlm satu tahun” …
  • dan yang menghambat pernikahan sy adalah kepercayaan “gak boleh ngelangkahi kakak” , apalagi kakak sy perempuan
  • kalo ngelangkahin atau lebih dulu nikah dari kakak, malah ada adat “uang pelangkah”
  • ini gak logis … kakak sy belum nikah, trus sy gak boleh nikah … jadi ada dua dong yg tertunda nikahnya
  • kakak sy perempuan , dan ortu meminta sy baru boleh nikah setelah kakak sy nikah. apa hubungannya? apa taqdirnya harus sama? ga ada di islam
  • kasihan mereka yg jadi korban2 adat, kakaknya gak nikah2 , trus dia jadi gak nikah2
  • alhamdulillah, kakak sy pengertian sekali, beliau mempersilahkan sy menikah duluan, dan membantu membujuk ortu
  • sy bilang ke ortu, insya allah, setelah sy beres nikah, sy akan carikan suami untuk kakak sy. pdhl kakak sy juga msh usia 22 saat itu
  • alhamdulillah, 6 bulan setelah sy nikah, kakak perempuan sy nikah dengan teman seangkatan sy di itb
  • usia sy dan kakak perempuan sy beda satu tahun. beliau lahir februari , sy maret tahun berikutnya
  • nikah kok diperumit … islam itu sederhana … manusiawi dan sempurna
  • dan setelah sy nikah, ibu sy yg tadinya menolak pernikahan saat kuliah, akhirnya justru adik sy disuruh2 nikah saat kuliah 😀
  • beliau justru jadi pendukung nikah segera . alhamdulillah
  • kalo ada yg minta pertinbangan ke beliau ttg anak nikah saat kuliah, beliau akan jawab dg mantap: dukung
  • untuk para orang tua, patokannya islam saja, jangan karena adat yg tak jelas asal usulnya anak jadi menderita atau malah maksiat
  • ada binaan yg batal nikahnya karena beda suku, yg satu sunda dan akhwatnya padang . islam sederhana, muslim shalih, bungkus
  • begitu juga di keluarga mertua, jadi gak masalah anak2 berikutnya untuk nikah sambil kuliah. istri sy sulung
  • ada binaan sy yg masih terhambat juga dg kasus serupa, kakaknya belum nikah2, sehingga adiknya terpaksa belum nikah2 juga
  • islam itu sederhana sekali … syaratnya muslim , prosesinya akad dg bapaknya trus selesai.
  • ini bikin makin cinta pada Islam, konsepsinya mudah, manusiawi. sempurna
  • “mas , aslinya mana? ” | sy muslim , ini cara hidup sy
  • alhamdulillah , hal2 yg tdk perlu dalam walimahan sy, bs dihilangkan. gak pake injek telor dll. mubadzir. islam sederhana
  • seandainya sy anak bungsu, ortu sy anaknya 10 dan semua kakak sy belum nikah, sy tetap akan nikah. gak ada urusan
  • seandainya sy ini jawa dan istri sy suku pantangannya jawa, sy akan desak teus sampai sy nikah. gak ada urusan
  • sesuatu yg gak logis , yg kemudian entah oleh siapa dilabeli sebagai adat, apalagi bertentangan dg islam, gak usah dituruti lah. kita muslim
  • bersyukur kita muslim, islam itu sederhana. mari nikmati kesederhanaan ini
  • ayah ibu sy awalnya menolak keras, sy terus desak dan terpaksa setuju, alhamdulillah, semua persepsi2nya ttg yg dilabeli sbg adat, runtuh
  • adat “nikah harus lulus kuliah dulu” , runtuh. adat “nikah harus mapan dulu”, runtuh. adat “nikah harus kakak dulu” , runtuh.
  • alhamdulillah , sy nikah pada usia 21 th. proses nikah yg rumit, terlalu banyak “adat” yg menghadang
  • ibu bilang : “nikahnya nanti aja setelah lulus, nanti kuliahmu gak selesai” | “bu, sejak sy sd pernah sy kecewakan ibu urusan akademik?” Continue reading

Perjalanan Menemukan Cinta

  • Masih ada ya yg ngotot rasulullah pedofili ya? Meskipun sdh diberi penjelasan yg tdk bs mrk bantah, tetep aja #fanatik . “Pokoknya pedofili”
  • Kenapa trus memilih #fanatik ya? #berpikir itu rumit sekali ya? Ternyata
  • Padahal , #berpikir itu menyenangkan 🙂
  • Yang seru, #berpikir saat mengerucutkan 2 nama yg akan sy istikharahkan sebagai calon istri . Banyak nama diadu dan dikomparasi. #eaaa
  • Saat akhirnya memutuskan mau menikah, pertanyaan berikutnya adalah “nikah dg siapa?” 😀
  • Yup. “Nikah dengan siapa?” , ini pertanyaannya. Sy Ingin nikah, tp gak tau mau nikah siapa.
  • Yg pertama sy lakukan adalah membuat daftar nama. Menuliskan nama2 akhwat yg pernah berinteraksi dg sy. Kira2 lebih dari 10 nama 😀
  • Akhwat2 ini tdk tau sy komparasikan dan kalaupun keluar namanya belum tentu akhwat ini mau menikah dg saya 😀
  • Setelah punya daftar nama, pertanyaan berikutnya “gimana cara milihnya?” , “apa parameter komparasinya?”
  • “Mengkomparasi nama2 yg belum tentu mau nikah dg sy” . Pede bener ya? 😀
  • Filternya jelas bukan “agama” , jelas ini muslimah semua, gak ada yg kristen, aktivis da’wah kampus semua.
  • Sperti milih agama, gak mau ikut2an, memilih istri pun demikian. Tinggal dikomparasikan saja, pilah dan pilih. Pantang #fanatik
  • krn niat sy nikahadalah memberi teladan pernikahan dini terutama pd aktivis yg lain, maka harus jauh dr gosip …
  • … Maka seleksi pertamanya adalah mencoret semua nama akhwat yg saat itu aktivitas da’wahnya masih bareng dg saya.
  • dengan berat hati mencoret beberapa nama 😀
  • Singkat cerita … tinggal 2 nama akhwat yg tdk bs lg dikomparasikan. Nah … Ini yg sy tanyakan pada Allah. Siapapun jawabannya, sy terima
  • Apapun jawaban istikharah, insya Allah sy siap. Bener2 pasrahkan saja sama Allah
  • Karena belum dapat jawaban, akhirnya sy berdoa: “ya Allah, akhwat pertama dr kedua akhwat ini yg berinteraksi dg sy lewat cara apapun, …”
  • … sy anggap sebagai jawabannya” . Doanya maksa 🙂 Continue reading