Gagal Fahamnya Logika Mario Teguh Terkait Poligami

  • miris baca status FB mario teguh soal poligami , ketidak logisan yg dibungkus dg indah . ada logika yg putus
  • “kenapa pak mario gak poligami padahal ekonomi mampu?” | krn setia bukan soal ekonomi, setia itu ttg cinta dan keadilan | ini mdh dibantah
  • Setia itu tdk poligami, poligami itu tdk cinta , poligami itu tdk adil | begitu konklusinya
  • “sy terlalu syg bu linna dan sy laki2 yg adil, menduakan istri tdk adil” | dg kata lain poligami itu tdk syg, poligami itu tdk adil
  • padahal sayang dan setia bukan ttg satu atau dua .. apakah ibu yg punya anak kedua , maka tdk sayang dan tdk adil kpd anak pertama?
  • apa ketika sy punya karyawan kedua, ketiga dst maka sy tdk syg kpd karyawan saya? logika yg aneh
  • ibu yg punya 10 anak , tetap bisa sayang , cinta dan setia 100 persen kpd semua anaknya
  • setia itu bukan soal satu atau dua , tp soal tanggung jawab . selama anda bertanggung jawab , anda setia .
  • dan tanggung jawab terbesar adalah kpd Allah
  • bahwa ada anak yg cemburu merasakan dibedakan dg anak yg lainnya … tp ini bukan berarti nambah anak bentuk ketidakadilan. soal teknis saja
  • apa bedanya … nambah anak , nambah istri , nambah karyawan , … semua judulnya nambah tanggung jawab …
  • “tp rasul bisa pak| anda bukan rasul … ini logika yg mudah dibantah .. ada satu saja manusia yg bukan rasul poligami dan sukses, ini gugur
  • ada definisi2 yg kacau ttg sayang , cinta dan adil .
  • dan menariknya dg Islam … Allah jd alasan semua hal . self control
  • kenapa kita mencintai istri kita? karena kita mencinta pencipta istri kita
  • kenapa kita tdk berzina , kita tdk selingkuh? bukan krn setia pd istri kita . tp krn kita setia pd yg menciptakan iatri kita
  • kenapa kita bertanggung jawab kpd istri kita? karena sesungguhnya ini tanggung jawab yg diberikan yg menciptakan dia
  • sehingga tanggung jawab adalah makna kesetiaan
  • mario teguh menuduh tindakan poligami sbg tindakan tdk sayang istri , padahal dilakukan manusia terbaik di bumi ini : rasulullah
  • rasulullah itu teladan … semua yg rasulullah lakukan kecuali sedikit yg sifatnya mu’jizat bs kita contoh.
  • terkait poligami … perbedaan rasulullah dan yg bukan rasul cuma batasan jumlah saja . ada kekhususan pd rasulullah
  • pamit dulu tweeps , bungsuku tilpun minta dibelikan sampul buku. nanti lanjut lg insya allah .
  • *sambil nunggu lampu merah ya | penolakan poligami cuma problem persepsi …
  • krn jk seluruh wanita sepakat menolak poligami , maka poligami tdk akan terjadi
  • kenapa pak mario ngurusin poligami? knp gak ngurusin soal zina , selingkuh, LGBT ?
  • poligami dibenci , seks bebas dan selingkuh dipuja puji sbg ekspresi cinta
  • nampaknya begitu … korban CHSI … semua lelaki itu penjahat, semua perempuan itu lemah
  • miris … solusi dimusuhi , problem dicintai
  • poligami itu berbagi cinta | berbagi waktu iya , berbagi cinta tdk . seperti cinta ibu ke semua anaknya . tdk berbagi. 100 persen semua
  • sering sekali dimintai bantuan mencarikan jodoh bagi perempuan2 di atas 30 th yg belum menikah … ini bukan perkara mudah
  • salah satu hobi sy dan istri adalah menjodohkan orang … puluhan yg dah dijodohin. alhamdulillah. tp makin kesini makin sulit
  • skrg biasanya sy tanya : siap tdk jd istri pertama ndak? krn laki2 yg bujang pada gak berani nikah, kalo pun ada, pilihnya yg usia dibawah
  • akhirnya perempuan yg tdk menikah ini hidup dan menghidupi dirinya sendiri … ini bukan konsep Islam
  • dalam Islam, perempuan itu tanggung jawab penuh laki2 . sebelum menikah tg jwb ayahnya, stelah menikah tg jwb suaminya
  • gak boleh ada satu pun perempuan dibiarkan tanpa seorang laki2 yg bertanggung jawab menanggup hidupnya
  • kalo suami gak bs , saudara laki2nya , kalo gak ada laki2 yg bs bertanggug jawab , mk negara bertanggung jawab atas kehidupan perempuan tsb
  • kasihan jk perempuan harus bekerja dr pg sampai malem utk memenuhi kebutuhan hidupnya .. bukan fitrahnya
  • andaikan seperempat saja laki2 ksatria penuh tanggung jawab berpoligami … dan tdk diganggu persepsi publik maka byk problem selesai
  • so , logika mario teguh ttg poligami agak kusut , meski dibingkai kata indah
  • poligami mensyaratkan adil . adil dlm hal2 kuantitatif , dalam perasaan tdk dituntut Adil.
  • Ada rasa cinta kpd istri yg satu lebih dr istri2 yg lain , spt rasulullah , ini bukan ttg adil yg dimaksud
  • kita sbg ortu , juga kadang suka condong ke salah satu anak, biasanya ke yg paling kecil. ini wajar
  • poligami Harus dg yg tua , contoh rasulullah | hafsah dinikah rasulullah saat usia 18 tahun , shafiyah dinikahi usia 17 th.
  • mana yg harus diteladani , pak mario yg tdk poligami krn menganggap poligami itu ketidaksetiaan atau rasulullah pelaku poligami?
  • memang luar biasa Islam itu … mengubah bagaimana kita merasa , bagaimana kita berpikir , bagaimana kita bertindak
  • Islam mengubah cita rasa …
  • Islam mengubah cara kita memandang hidup ini
  • kenapa gak poligami? | takut diserang publik atau .,, persepsi istri belum kondusif … ini jawaban yg lebih masuk akal
  • apakah yg monogami itu tanda setia ? apakah yg poligami itu tanda tdk setia? ya belum tentu .., bs sebaliknya
  • monogami bs tdk bertanggung jawab , poligami bs bertanggung jawab ., dan sebaliknya. jd ini bukan ttg mono atau poli
  • ini bukan ttg sy melakukan poligami atau tdk … ini ttg cara berpikir
  • spt sukarno yg menolak gagasan poligami tp jd pelaku poligami , sdgkan M natsir setuju ide poligami, tp dia tdk melakukan poligami
  • saya setuju dg konsep poligami dlm Islam, tp apakah sy melakukan poligami atau tdk , itu soal lain
  • begitu saja … twit meluruskan pendapat mario teguh soal poligami. tidur yuk
  • yg sy fahami dg status mario teguh ttg poligami adalah dia harus “populis” … ketika dia setuju poligami , dia akan kehilangan penggemar
  • karena kita da’i , mengajak pada Islam dan bukan cari tepuk tangannya manusia , kita sampaikan apa adanya ttg poligami .
  • poligami itu solusi … tp dibenci . difitnah sbg sama dg selingkuh
  • poligami disamakan dg selingkuh , dianggap meluluk soal sex .
  • sex dlm pernikahan , baik dg istri pertama , kedua , ketiga … bukanlah agenda dominan . dlm 100 persen waktu , hy mengambil porsi sedikit
  • berbeda dg selingkuh atau menikmati prostitusi, sex menjadi satu2nya agenda . 100 persen waktu interaksi adalah utk ini . dilakukan dg haram
  • sedangkan sex dlm poligami itu halal , sah dan bukan agenda dominan dlm kehidupan pernikahan.
  • banyak sekali agenda dlm pernikahan, urusan nafkah , mendidik istri , anak, dll … urusan sex bukan agenda dominan
  • sehingga jauh sekali beda selingkuh dg poligami … dari niat, agenda acara , tanggung jawab , dan konsekuensi .
  • sehingga yg hobi “jajan” , mana mau disuruh poligami, agendanya beda jauh
  • poligami ini solusi serius atas problem serius umat … harus dikejakan oleh org yg serius
Advertisements

Mengapa Suami Lebih Suka Selingkuh Dibanding Poligami?

  • kalo anda bergaul di dua komunitas yg satu mrk yg suka berzina dan yg menolak berzina akan tau beda selingkuh dan poligami
  • ada perempuan yg curhat krn suaminya selingkuh , tp ketika suaminya disuruh si istri menikahi selingkuhannya , gak mau. poligami repot ktnya
  • krn si suami menolak utk menikahi si selingkuhan, si istri memilih bercerai … skrg si perempuan sdh menikah lg sbg istri kedua
  • kenapa si suami menolak menikahi si selingkuhannya dan berpoligami? krn repot .. krn orientasi dia cuma seks. abis pake, selesai urusan
  • ada seorang istri tg memaksa suaminya utk poligami . ketika ditanya kenapa? is istri mjawab : “kalo suami sy poligami, …
  • ” … suami hy berhubungan dg wanita yg hanya berhubungan dg suami saya”
  • krn jk tdk , si istri akan berhubungan dg sang suami yg berhubungan dg perempuan manapun yg berhubungan dg lelaki manapun .
  • ini sebab ibu rumah tangga yg kena aids atau penyakit kelamin. dia sex dg suami yg sex dg wanita manapun yg sex dg laki2 manapun
  • prinsip mereka yg lebih memilih berzina drpd menikahi itu gini : “sy mau makan sate , bukan mau memelihara kambing”
  • penyakit masyarakat yg luar biasa , bertemu dg banyaknya suami2 pezina membuat sy berpikir , apa suami yg taat pd Allah itu sulit dicari ya
  • suami pezina ini ada 2 macam : 1. yg zinanya dg selingkuhan 2. yg zinanya ke tempat prostitusi
  • herannya , semua istri mereka gak tau
  • ada satu kesamaan mereka para suami pezina ini, shalat 5 waktunya bablas .
  • jd benar kata nabi muhammad saw … biar tenang … pilih suami atau istri krn agamanya
  • ada kawan yg menikahi selingkuhannya , shg poligami . si istri kedua ini waspada tingkat tinggi, krn tau persis kelakuan suaminya. Selingkuh
  • di sisi lain, sy juga punya kawan2 yg poligami sembunyi2 … rumit bener hidup mereka .
  • kalo kunjungan ke pos 1 , maka pos 2 tdk boleh tau. dan sebaliknya . rumit bener hidupnya .
  • kalo pake baju yg terbiasa dipake saat di pos 1 , harus pake baju itu . gak boleh ketuker baju pos1 dan pos 2 . rumit bener
  • knp mereka sembunyi2? krn masyarakat memandang negatif poligami , tp mrk tdk mau melanggar syariah
  • utk melakukan yg haram mudah, utk melakukan yg halal rumit bener .
  • poligami yg sembunyi2 ini , biasanya ujungnya cerai kalo akhirnya terbongkar . dan memperparah citra poligami di masy
  • ada temen yg keluarin duit utk selingkuhannya sampe 20 jt sebulan, belum biaya dia ke prostitusi . di rumah istrinya msh pusing urusan uang
  • dunia jungkir balik. na’udzubillah min dzalik
  • shg terkait poligami , pendapat sy adalah kalo belum clear semua , mending kagak usah dah . memperburuk citra poligami
  • tp kalo semua sdh dipastikan clear, jangan ragu2 . sedikit demi sedikit memperbaiki citra poligami
  • selektif cari istri atau suami, jangan liat fisiknya saja , jadikan agama jd filter utama . paling minim sholat 5 waktunya
  • btw , poligaminya anis matta itu keren … istri pertama beserta keluarga besar nya clear , semua setuju. so, relatif baik2 saja
  • perlu banyak contoh mrk yg nikah muda dan sukses , perlu banyak contoh mrk yg poligami dan sukses … menghadang provokasi perzinaan
  • sekian ceritanya

Poligami Vs Problem Persepsi

  • poligami merendahkan perempuan? punya banyak istri merendahkan perempuan? gmn dg seorang ibu yg py banyak anak? merendahkan anak?
  • temen2 sy yg hobi selingkuh atau prostitusi , mana mau disuruh poligami . mrk cuma memandang perempuan sbg objek seksual
  • statement temen2 sy yg hobi menzinai perempuan : “sy cuma mau menikmati sate , gak mau miara kambing”
  • yang hobi merendahkan perempuan dg menzinai atau selingkuh, gak mau disuruh poligami
  • mereka yg hobi selingkuh hanya memandang perempuan sebagai objek seksual . kenapa poligami? mrk hormati perempuan
  • temen sy yg hobi berzina , sampe 300 perempuan bilang : “lu ngapain poligami , kayak gw aja : pake, bayar, selesai”
  • mereka yg poligami adalah orang2 aneh. krn kalo cuma urusan sex , yg gratisan aja banyak , gak pake repot. paling repot di akhirat ūüėÄ
  • org yg hobi melecehkan perempuan, pake bayar selesai , gak akan mau disuruh poligami .
  • waktu itikaf hari terakhir di makkah, basecamp kami kedatangan muslim dari nigeria . sebelumnya dpt kabar, semua laki2 di sana itu poligami
  • jk seorang istri mendapati suaminya belum berpoligami , maka dia akan memaksa suaminya poligami, krn monogami itu aib buat mrk
  • sehingga , problem penolakan thdp poligami adalah problem persepsi . kebanyakan bagian dr ghazwul fikri
  • dan kaum perempuan sendiri tdk satu suara menyikapi poligami, krn jk mrk satu suara menolak poligami , maka poligami tdk akan terjadi
  • dimana unsur memuliakan perempuan dr poligami? 1. poligami itu menikahi perempuan seutuhnya 2. menafkahinya 3 . komitmen ketaatan
  • poligami memandang perempuan seutuhnya , fisik dan jiwanya , hidup dan kehidupannya . selingkuh hanya melihat perempuan sbg objek seksual
  • istri yg satu cemburu dg istri yg lain? cemburu itu biasa. anak kita yg satu juga biasa cemburu dg anak kita yg lain
  • anak2 berbagi ibu , berbagi ayah , sedangkan ibu2 nya berbagi suami . apa bedanya? ūüėÄ
  • jd jk banyak perempuan lain bs menerima poligami , maka penolakan bukanlah problem generik. ini sekedar problem persepsi
  • poligami adalah solusi Islam yg tdk membiarkan perempuan hidup dlm sendiri tanpa laki2 yg bertanggung jawab atas hidupnya
  • sy punya banyak teman sdh beristri tp hobi berzina. ada salah satunya sy paksa untuk poligami dan mengakhiri kebiasaannya berzina, dia nolak
  • apa yg dia pikirin ; “kalo si dia gw nikahin, orgnya posesif , nanti gw gak bs make perempuan2 lain dong”
  • btw, temenku yg lain yg sdh berzina dg 300 org skrg sdh tobat . dia mimpi masuk neraka
  • menzinai banyak perempuan yg bukan istri nya adalah bentuk pengkhianatan . sedang poligami adalah pernikahan, tanggung jawab, komitmen
  • apakah nikah harus dg janda tua? ndak juga , Rasulullah menikahi hafsah usianya 18 thn
  • membuat cemburu istri dg menikah itu bukan pelecehan thdp perempuan, seperti cemburunya anak dg anak yg lain . semuanya sah kok
  • dan keinginan poligami dalam Islam diatur oleh batas dan syarat , berbeda dg bibel tanpa batas dan tanpa syarat
  • jk persepsi kolektif kita menerima poligami , maka banyak permasalahan akan selesai .
  • jk setiap laki2 di Indonesia ini punya istri 4 dan bertanggung jawab , problem perempuan lama tdk menikah bisa ditekan
  • problem lain yg akan bs ditekan jk persepsi kolektif kita menerima laki2 beristri 4 adalah problem pelacuran .
  • problemnya cuma problem persepsi , tp dampak kerusakannya luar biasa
  • krn ghazwul fikri , problem persepsi terkait poligami menjadi problem kolektif
  • jk problem persepsi kolektif ini beres , dan para laki2 beristri 4 , maka tak perlu ada perempuan yg melacurkan diri
  • poligami lebih mulia dr monogami atau sebaliknya? bukan disini poinnya, tp pada tanggung jawabnya
  • monogami yg tanggung jawab lebih baik dari pada poligami yg tdk bertanggung jawab
  • sedang poligami yg bertanggung jawab lebih baik dari pada monogami yg tdk bertanggungjawab
  • memiliki jiwa merdeka itu enak , gak perlu jd jongos , gak perlu terpenjara oleh persepsi orang

Debat Tentang “Poligami dalam Bibel”

  • RT @iyutVB:¬†…Tantangan bagi¬†@hafidz_ary¬†dan seluruh fansnya: “Tunjukkan pd saya 1 saja ayat Alkitab dimana Tuhan/Yesus memperbolehkan POLIGAMI! (“,)
  • duh asik nih , mbak¬†@iyutVB¬†makin error , logikanya makin berantakan. untuk dibolehkan gak perlu ada perintah, cukup skedar tdk ada larangan
  • mbak¬†@iyutVB¬†, untuk boleh itu gak perlu ada ayat membolehkan, tp skedar tdk adanya larangan atau indikasi larangan sdh cukup untuk boleh
  • meskipun begitu , secara tegas apapun yg dibawa musa di taurat, yesus memerintahkan untuk menaatinya.¬†@iyutVB
  • siap2 masuk islam ya mbak¬†@iyutVB¬†. kita maen2 logika mau gak?
  • semua makhluk hidup butuh makan |¬†@iyutVB¬†makhluk hidup | konklusi:¬†@iyutVB¬†butuh makan . setuju?
  • semua anonim itu pengecut |¬†@THlNKWL¬†itu anonim | maka@THlNKWL¬†pengecut | setuju mbak¬†@iyutVB?
  • semua kristen itu dogmatis |¬†@iyutVB¬†itu kristen | maka¬†@iyutVBdogmatis . | faham dg pola premis dan konklusi sperti ini?
  • gimana mbak¬†@iyutVB¬†, setuju gak kita main2 silogisme gitu?
  • semua pengecut itu anonim |¬†@ThlnkWl¬†itu pengecut | maka¬†@thlnkwlitu anonim | setuju mbak¬†@iyutVB¬†?
  • berani gak tantanganmu itu kita selesaikan dg silogisme sedehana?@iyutVB
  • mau gak mbak¬†@iyutVB¬†, dg silogisme sederhana , sy bs menunjukkan yesus membolehkan poligami. anda siap masuk islam?
  • semua bebek JIL itu asbun |¬†@thlnkwl¬†itu bebek JiL | maka¬†@thlnkwlfanatik. | mbak¬†@iyutVB¬†faham logika sperti ini?
  • insya allah , dg silogisme sederhana , sy bs tunjukkan ayat bahwa yesus membolehkan poligami. anda siap masuk islam?¬†@iyutVB
  • berani gak mbak¬†@iyutVB? kita pake silogisme dan sy tunjukkan ayat yg menunjukkan yesus membolehkan poligami. siap?
  • setelah¬†@JTworld¬†gak berani menerima tantangan sy , apakah sekarang mbak¬†@iyutVB¬†berani? ūüėÄ
  • halooo mbak¬†@iyutVB¬†? berani gak nih , tantangan anda sy jawab dg silogisme sederhana thdp ayat bibel yesus bolehkan poligami
  • contoh silogisme sederhana itu sperti tadi. setuju gak pake logika sperti itu u jawab tantanganmu?¬†@iyutVB
  • gimana mbak¬†@iyutVB¬†? tantanganmu kita bedah dg silogisme, dan anda murtad jk sy bs tunjukkan yesus bolehkan poligami
  • RT¬†@iyutVB:¬†(1) …HAHAHAHAHA…baru kali nampaknya¬†@hafidz_ary¬†harus mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya meladeni tantangan saya… (“)
  • gak kok mbak¬†@iyutVB¬†, sy skedar mengingat2 pelajaran waktu sekolah ttg silogisme. di ITB sy gak belajar ginian kok
  • RT¬†@iyutVB:¬†(2) …om¬†@hafidz_ary¬†dari hanya minta “mana AYAT LUGAS dalam Alkitab melarang poligami?” skrng malah main logika yg itupun amburadul (“,)
  • gak kok mbak¬†@iyutVB¬†, dengan pake silogisme , sy bs tunjukkan ayat dimana yesus membolehkan poligami. berani?
  • mau gak mbak¬†@iyutVB¬†? pernah belajar silogisme gak. waktu sy sekolah di SMA 8 jakarta , sy belajar ini | *sedikitnarsis ūüėÄ
  • RT¬†@iyutVB:¬†(3) …om¬†@Hafidz_ary¬†dengan modal nekat, menawarkan silogisme konyol yg mudah dipatahkan oleh Hermeneutika…tapi sebelum itu, (“,)
  • hermeneutika = ngeles = memperkosa ayat ūüėĬ†@iyutVB
  • sy lanjut aja ya, meski mbak¬†@iyutVB¬†gak berani?
  • semua yang UU harus diikuti | UU lantas adalah bagian dari UU | UU lantas harus diikuti. | cc¬†@iyutVb
  • gimana mbak¬†@iyutVB¬†, berani gak? kuat kan logikanya? | maap tweeps, sama kafir harbi sy memang cenderung meremehkan
  • sambil menunggu mbak¬†@iyutVB¬†mengumpulkan keberaniannyai, kita bahas ayat2 bibel yg menindas perempuan gmn?
  • ada yang bantai konklusi ini? ūüėÄ ‚Äú@iyutVB: semua suicide bomber adalah muslim |hafidz adalah muslim |apakah Hafidz seorang suicide bomber?
  • semua bomber adalah muslim | hafidz adalah muslim | hafidz adalah bomber | wkkkk .. logika ente berantakan¬†@iyutVB
  • sy bs kasih contoh logika yang mirip dengan logika yg diajukan@iyutvB
  • smua manusia itu makan (semua bomber itu muslim) | kucing itu makan (hafidz itu muslim) | kucing itu manusia (hafidz itu bomber) ūüėĬ†@iyutVB
  • semua pemerkosa itu manusia |¬†@iyutvB¬†itu manusia | maka¬†@iyutVbpemerkosa? | berantakan logikamu yut. berat sy nerusin
  • mbak¬†@iyutVB¬†, dengan silogisme yg anda ajukan, sy kira terlalu berat materi2 sy untuk anda. sila dirapikan lagi struktur¬†#berpikir¬†nya
  • maaf¬†@iyutVB¬†, dari struktur¬†#berpikir¬†anda yg berantakan, nampaknya anda harus sy abaikan.
  • selain pengecut, logika anda berantakan . pendapat2 sy selanjutnya akan sulit anda cerna.¬†@iyutVB
  • semua isi taurat harus diikuti | bolehnya poligami ada di taurat | maka bolehnya poligami harus diikuti | setuju?
  • btw, twit2 selanjutnya untuk dibaca semua, krn mbak¬†@iyutVB¬†gak faham silogisme
  • lanjut ya .. iyut gak faham silogisme . jd ini untuk semua , kecuali iyut dan siapapun yg struktur¬†#berpikir¬†nya berantakan ūüėÄ
  • semua isi taurat harus ditaati sampe kiamat | bolehnya poligami ada di taurat | maka bolehnya poligami harus ditaati sampe kiamat| setuju?
  • sepakat ya , logika dalam premis dan konklusi di twit sebelumnya sdh benar?
  • sehingga tugas sy adalah mencari ayat bibel yang mendukung 2 premis tadi: 1. semua isi taurat hrs ditaati 2.bolehnya poligami ada di taurat
  • premis 1 | ini lanjutannya mat 5:19¬†pic.twitter.com/VqwHwfQV
  • di mat 5:17-19 , yesus menyatakan bahwa tdk satu titik pun dari kitab taurat boleh ditiadakan. ayat 19 nya disertai ancaman
  • jadi premis 1: semua isi taurat harus ditaati adalah inti dari mat 5:17-19 . setuju?
  • sekarang kita lanjut ke premis 2: bolehnya poligami ada di taurat | tugas kita menemukan ayat bibel yg sesuai dg premis 2
  • apa itu taurat? paling gampang cek¬†http://id.m.wikipedia.org/wiki/Taurat¬†¬†| Kitab Kejadian, Kitab Keluaran, Kitab Imamat, Kitab Bilangan, Kitab Ulangan
  • tugas kita tinggal mencari apakah ada ayat di 5 kitab tersebut yg membolehkan poligami maka premis 2 terpenuhi
  • premis 2: ulangan 21:15-16 | bolehnya poligami ada di tauratpic.twitter.com/19lJdRfq
  • premis 1 terpenuhi dg mat 5:17-19 | premis 2 terpenuhi dg 2 ayat: keluaran 21:10 dan ulangan 21:15-16 | sehingga konklusi bs terpenuhi
  • 1. semua isi taurat masih berlaku dan hrs ditaati (mat 5:17-19) | 2. bolehnya poligami ada di taurat (kel 21:10 dan ula21:15-16). konklusi?
  • taurat mana yang harus ditaati ? semua isi taurat baik perintah maupun larangan. tdk satu titik pun boleh dilanggar. begitu kata mat 5:17-19
  • 1: semua isi taurat masih berlaku dan hrs di taati | 2: bolehnya poligami ada di taurat | so: bolehnya poligami msh berlaku dan hrs ditaati
  • jadi premis 1 terpenuhi , premis 2 terpenuhi . maka konklusi terpenuhi. ada yg mau murtad? ūüėÄ | gak akan, krn struktur logikanya berantakan
  • clear ya .. kalo ada kresten yg nyinyir ttg poligami dalam islam, bs dipastikan dia sama sekali gak ngerti dg bibelnya
  • karena tdk satupun ayat dalam bibel yg melarang poligami , bahkan ada ayat2 bibel yg justru membolehkan poligami dan tdk dibatasi jumlahnya
  • jk seorang lk2 kresten menikahi 1000 perempuan, smua kewajiban trpenuhi dan tak satu pun yg dicerai maka tak 1 pun ayat bibel yg dilanggar
  • btw, kalo yg struktur logikanya berantakan, kagak usah mention2 ngajak debat ya .muter2 . kayak kalo mourinho melatih klub tarkam.
  • maap , bahasa sy memang disetel angkuh bicara sama kafir harbi
  • tweeps , terutama ibu2 , jangan sensi ya dgn twit terkait poligami. memang bicara poligami dalam bibel , kebolehan tanpa batas jumlah
  • berbeda dg bicara poligami dalam islam , berbatas jumlahnya dan bersyaratkan keadilan dalam hal2 yg zahir.
  • terkait syarat harus mampu berlaku adil inilah, kemudian pilihan tergantung masing2 org
  • jadi pembahasan poligami dalam bibel dan alquran , tdk terkait pilihan pribadi siapapun termasuk saya. kita bicara komparasi konsepsi
  • kemarin nyimak debat ttg “poligami dalam bibel” kan? skedar memperlihatkan bagaimana pondasi keyakinan kristen amat rapuh
  • hanya berputar2 berkelit mencari justifikasi , semakin menunjukkan amburadulnya struktur berpikir
  • keyakinan yg berasal dr dugaan2
  • kerapuhannya di seluruh tema , gak cuma soal poligami, soal natal yg barusan lewat, soal tuhan, aqidah, ibadah dll
  • “… Mereka tidak mengikuti kecuali prasangka belaka, dan mereka hanyalah menduga-duga” Yunus:66
  • (Rasul itu) berkata: “Apakah (kamu akan mengikutinya juga) sekalipun aku mbawa untukmu (agama) yg lebih (nyata) memberi petunjuk daripada ..
  • … apa yang kamu dapati bapak2mu menganutnya?” Mrk menjawab: “Sesungguhnya kami mengingkari agama yg kamu diutus utk menyampaikannya”43:24

Memandang Poligami Lebih Dalam

  • apa laki2 punya kecenderungan poligami? | kpk sy cenderung setuju ya dengan statement ini . *memancingkegaduhan ūüėÄ
  • coba aja tanyain ke laki2 : “seandainya masuk surga, ingin punya berapa istri surga?”
  • “apakah laki2 punya kecenderungan poligami?” beda prtanyaan “apa semua laki2 harus melaksanakan poligami? “
  • tp … kecenderungan poligami ini , bisa dilakukan bisa tidak, sesuai kondisinya masing2
  • apa semua laki2 cenderung poligami? menurutku iya. | apa semua laki2 harus poligami? tidak
  • jadi imam masjid istiqlal itu bicara trg kecenderungan . sy setuju dg pernyataannya. tp apa harus dilakukan atau tdk, ini sangat kondisional
  • kejahatan atau kezaliman bukan dilihat dari poligami atau monogami . ada monogami yg penuh kezaliman
  • persetujuan istri bukan syarat poligami, namun ketidakrelaan istri sdh awal dari kericuhan
  • ini jorok banget sih otaknya, kalo ngomong poligami pasti mikirnya selangkangan
  • apakah sy dukung laki2 berpoligami? siapa dulu laki2nya? yang gak canggih, ya jelas sy menolaknya
  • poligami = tidak setia , rasulullah tdk setia? sahabat2 beliau tdk setia?
  • poligami = tidak setia , yesus tdk setia?
  • nikah siri untuk poligami adalah ciri2 gak canggih
  • nikah sirri itu sah secara agama , namun apa alasan sirri jk niat bertanggung jawab?
  • yg dimaksud nikah sirri adalah nikah dg syarat dan rukun sesuai syariah islam namun tdk tercatat di KUA
  • yang kresten gak usah komen nyinyir lag tentang poligami, toh bibel membolehkan dan tidak membatasi.
  • kalo yang biasa ke pelacuran , gak akan mau poligami . krn urusannya mereka memang cuma selangkangan. kasih uang , selesai urusan
  • ini kisah nyata, kenalan sy yg mengaku sdh 300 pelacur yg dia sdh zinai , gak mau melakukan poligami
  • aisyah cemburu ? cemburu itu hal biasa. monogami pun dicemburui
  • hmm … smalem belum selesai menanggapi kenyinyiran akun kristen atas statement imam masjid istiqlal thdp poligami
  • ada 2 isunya : 1. kenormalan laki2 u poligami 2. nikah sirri
  • terkait pembahasan poligami , kebolehan islam akan ini, meskipun terbatas dan bersyarat, jd celah mrk menyerang islam
  • padahal jk bicara tt poligami , maka jelas bibel membolehkannya, bahkan tdk membatasi jumlahnya dan syarat adilnya. Ulangan 21:15-17
  • ulangan 21:(15) “Apabila seorang mempunyai dua orang isteri, yang seorang dicintai dan yang lain tidak dicintainya … “
  • bandingkan dengan alquran surat annisa:3 … “maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. … (ini batas)
  • … “Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja” (ini syarat)
  • di alquran ada batas: 4 dan syarat: adil
  • ayat ulangan 21:15-17 , ttg harusnya suami yg punya 2 org istri adil dlm membagi harta warisan. dan sama sekali gak disuruh cerai
  • jadi gak relevan sekali jk kristen nyinyir atas tema poligami. krn selain dibilehkan, bibel tdk memberi batas jumlah dan syarat
  • tp jk kita renungi lebih dalam … ayat ulangan 21:15-17 td memerintahkan suami untuk adil dalam memberikan warisan . ADIL
  • semakin tdk relevan , krn ternyata yesus pun terduga melakukan poligami
  • jd kebolehan poligami dalam islam diberi batas dan dikasih warning syarat untuk mengukur diri. sanggup adil atau tidak Continue reading

Poligami dan Problem Persepsi

  • Ada yang ngetwit gini: “tanyakan saja sama semua wanita, apa tidak sakit hati di poligami” ?
  • Ini dijadikan argumen, menggugat boleh bersyarat dan berbatasnya poligami dalam alquran
  • Poligami itu cuma pertarungan persespi, sedang persepsi perempuan dibentuk oleh sekitarnya.
  • Sehingga persepsi apapun seorang perempuan, termasuk soal poligami, sangat dibentuk dg sekitar
  • di barat, yang disebut cantik adalah kurus, langsing, seksi, kulit bersih. Ini persepsi yg dibentuk
  • Sy pernah baca, di sebuah negara, yang disebut cantik, justru yg gemuk. Dan wanita2nya sepakat, bahwa itulah cantik
  • Sy melihat turki, ibu2nya sebagian besar gemuk, sy pernah bertanya, katanya ini lambang suksesnya ekonomi keluarga.
  • Waktu sma, waktu jaman jahiliyah, sy pernah memanggil kawan perempuan yg duduk di depan sy dg kata2: “cantik” , setiap hari.
  • Setelah lama berlangsung, perempuan ini merasa dirinya cantik dan merasa sy suka sama dia.
  • Padahal, kata cantik itu sy ungkapkan datar2 saja dan tanpa perasaaan apapun. Ini persepsi
  • Kisahnya sy dan teman sebangku sy, mau menguji hipotesa: 1. Perempuan lemah pd pendengarannya 2. Pendengaran ini membentuk persepsi dia
  • sy menguji perempuan yg duduk persis di depan sy, kawan sebangku sy menguji perempuan yg persis di depannya.
  • Btw, sy ksh tau hasil dr pengujian sy waktu sma: “di akhir tahun perempuan itu menyatakan rasa sukanya pada sy” …
  • .. Dan karena sy memang gak ada rasa apa2 dan sy juga anti pacaran, ya jd gak berlanjut apa2″ . Ini jaman jahiliyah
  • Sy merasa bersalah dg uji coba tsb. Mempermainkan persepsi. Perempuan ini marah sama saya, hingga bertahun2 setelahnya.
  • Tanyakan poligami di akhwat tarbiyah, sebagian besar masih merupakan problem. Tp tanyakan di akhwat salafi, atau arqam, ini ga masalah
  • Di komunitas salafi, kemungkinan besar bahasan poligami sudah selesai, berbeda di akhwat tarbiyah. Ini persepsi komunitas
  • Saat sy umroh kemarin, banyak laki2 berjalan dg 3 atau 4 istrinya, masyarakat biasa saja. Ini persepsi
  • Bahkan poligami bukan hal yang “wah” di Indonesia beberapa tahun silam. Kakek sy poligami, kakeknya istri sy juga poligami.
  • Tidak dipungkiri persepsi buruk ttg poligami di Indonesia, juga disebabkan karena kegagalan manajemen poligami.
  • kegagaln poligami ini diblow up, dan membentuk persepsi lagi
  • Ada perempuan yg suaminya baru poligami. Trus waktu nganter anaknya ibu2 lain komentar: “kasihan ya kamu, suami kamu poligami”
  • “Kenapa suami ibu poligami? Ibu sakit ya? Gak mampu melayani suami lagi” , coba bayangin, pertanyaan ini diterima setiap hari
  • Yg istri kedua pertanyaan dari masy beda lagi , “kamu istri kedua ya? Istri simpanan ya? Merebut suami org? Merusak RT org ya?”
  • Bayangin beratnya teh ninih, “Aa gym nikah dg janda muda” , aa gym begini dan begitu. Tiap hari di media sperti itu.
  • Lihat pemberitaan poligaminya dik doank, diadu domba, dikesankan istri pertama korban. Apa gak berat ini persepsinya?
  • Saat ada seorang ikhwan poligami di bandung, wah serangannya bertubi2 istri pertamnya di panas2in sama grup ngajinya
  • Istri keduanya dikucilkan, bak seorang penjahat. Merebut suami orang. Akhirnya kedua istri ini gak kuat, istri pertama nuntut cerai. Prsepsi
  • Twit ini tidak ada hubungannya dg sy akan poligami atau tidak, istri sy setuju atau tidak. ini klarifikasi konsepsi
  • “Kamu gak mampu ya ngelayani suami” , setiap hr denger ini, ini jadi persepsi istri pertama
  • “Kamu ini merebut suami orang” , tiap hari istri kedua denger ini. Waktu beli sayur, waktu arisan, dll. Ini jd persepsi
  • Jd poligami … Lebih karena problem persepsi. Di Indonesia ini jd persepsi kolektif
  • Poligami = tidak setia ? Ini problem persepsi Continue reading

Nikah, Cerai dan Poligami

  • Nikah , cerai dan poligami adalah salah satu bagian dari kefitrahan konsepsi islam
  • ayat di bibel yg sy kutip kemarin melarang perceraian , ini sangat tdk fitrah
  • tidak memberikan exit rumah tangga yang memang tdak ba lagi dpaksakan terus berjalan
  • suami dan istri yg terlibat konflik yg berkepanjangan dan tdk bs diselesaikan, tdk manusiawi jk dipaksa trus hidup bersama
  • cerai adalah sistem exit yg fitrah dalam islam, didahului prosesnya yg panjang untuk mendamaikan
  • bayangkan konflik dari usia 25, mati usia 60 tahun. hidup satu ranjang 35 tahun dg org yg dia gak mau lg hidup dg nya. gila
  • tidak boleh cerai dan menikah lg menjalani hidup baru? sangat tdk logis
  • dampak dari cerai adalah janda, ada yg usianya tdk muda lg. jk perempuan cerai ini hendak menikah peluangnya ada 3:
  • 1. nikah dengan duda 2. dg lajang tpbusia lanjut 3. dengan lelaki sdh beristri
  • atau yang ke 4 , lajang2 usia muda yang bersedia menikah dg janda usia lanjut
  • poligami jd salah satu solusi untuk poblem ini
  • peluang yg paling besar bagi janda ini adalah lelaki duda dan lelaki yg poligami
  • ini yang terjadi pada rasulullah, seluruh istri rasulullah kecuali aisyah adalah janda
  • janda2 yg ditinggal syahid suaminya diselamatkan oleh rasulullah dan para sahabatnya. dilindungi dan dinafkahi
  • islam itu logis
  • islam memerintahkan akhlaq mulia, dan memerintahkan da’wah hingga akhlaq ini jd akhlaq kolektif. logis?
  • islam memerintahkan da’wah, mengurusi orang lain. agar kebaikan tersebar dan keburukan tertekan. logis?
  • islam memerintahkan jihad. dijajah ya melawan. masak ditampar kiri kasih kanan. emas dirampok, laut disumbangkan
  • logis?
  • komparasikan saja dengan jernih, islam dan selainnya. mengkomparasikan agama dan bukan pemeluk agama. setelah komparasi, pilih dg sadar
  • sekali lagi… islam itu logis. ini cara sy beragama Continue reading